BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

7 Fakultas Keperawatan Terbaik di Yogyakarta 2024

Yogyakarta memiliki beberapa Universitas terbaik bagi Anda yang ingin kuliah Keperawatan. Fakultas Keperawatan di Yogyakarta ada yang Negeri dan Swasta tergantung Anda berminat dimana. Menjadi seorang perawat merupakan impian yang mulia karena dapat bermanfaat dalam merawat pasien. Oleh karena itu selama menempuh pendidikan di kampus harus serius dalam belajar dan praktik di pelayanan kesehatan. Kami juga merekomendasikan beberapa Fakultas Keperawatan Terbaik di Indonesia disini.

Berapa Lama Kuliah Keperawatan

Menempuh pendidikan keperawatan membutuhkan waktu yang lumayan lama dan tergantung jenis jenjang yang diambil seperti Sertifikasi 9 bulan - 1,5 tahun, Diploma 2,5 tahun, Sarjana (S1) 3 - 4 tahun, dan Magister (S2) 1 - 2 tahun. Kami telah membuat Artikel tentang Berapa Lama Kuliah S1 Keperawatan disini.

Syarat Masuk Kuliah Keperawatan

Syarat untuk dapat kuliah Keperawatan di Indonesia berbeda-beda sesuai dengan kebijakan Universitas masing-masing. Oleh karena itu, periksalah daftar persyaratan yang dibutuhkan agar dapat masuk di Universitas yang diingkan. Beberapa syarat pada umumnya meliputi Warga Negara Indonesia, Dasar Pendidikan, Umur maksimal saat ini 24 tahun, Foto copy ijazah/STTB yang telah dilegalisir atau surat keterangan lulus dari sekolah, Foto copy NEM yang telah dilegalisir, Pas foto berwarna terbaru (6 buah terakhir) ukuran 4 X 6 (5 lbr), Foto copy KTP, Tinggi badan minimal. Kami telah membuat Syarat Masuk Kuliah Keperawatan disini.

Berapa Biaya Kuliah Keperawatan

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan keperawatan bervariasi disetiap Universitas. Faktor - faktor yang membedakan seperti lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan, dan spesialisasi jurusan. Biaya yang butuhkan sekitar Rp85.000.000 - Rp300.000.000 untuk kuliah di Keperawatan Indonesia.

Apa Saja Jurusan Keperawatan

Keperawatan di Indonesia memiliki beberapa jurusan tergantung dari peminat seperti Ilmu Keperawatan, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas, dan sebagainya.

Apa Gelar S1 Keperawatan

Setelah lulus Program Studi S1 Keperawatan nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep). Bagi Anda yang baru lulus D3 Keperawatan dapat mengambil program S1 Keperawatan agar mendapatkan gelar tersebut.

Apakah S1 Keperawatan Bisa Langsung Kerja

Lulus S1 Keperawatan dapat langsung mendaftar diri untuk kerja misalnya di rumah sakit atau layanan kesehatan. Akan tetapi, S1 Keperawatan harus mengambil program profesi Ners terlebih dahulu.

Apa Saja Pelajaran D3 Keperawatan 

Jurusan D3 Keperawatan lebih fokus kepada praktik keperawatan dibandingkan S1 Keperawatan yang lebih kearah pendalaman teori dan praktik. Adapaun beberapa materi yang dipelajari D3 Keperawatan meiputi pemenuhan kebutuhan dasar manusia, meliputi biologi, psikologi, sosiologi, spiritual, dan kultural.

Lulusan D3 Keperawatan jadi Apa

D3 Keperawatan setelah lulus dapat bekerja di insitusi keperawatan seperti puskesmas, rumah sakit, poliklinik umum, dan sebagainya. Untuk memperoleh gelar D3 Keperawatan dapat kuliah di Akademi Keperawatan (Akper).

Apa Perbedaan D3 dan S1 Keperawatan

Perbedaan S1 dan D3 Keperawatan terletak di sistem pembelajaran. D3 Keperawatan lebih fokus ke praktik sedangkan S1 Keperawatan mempelajari banyak hal meliputi teori dan praktik. Gelar yang didapat juga berbeda, S1 Keperawatan mendapatkan gelar S.Kep (Sarjana Keperawatan) sedangkan D3 Keperawatan mendapatkan gelar Amd (Ahli Madya).

Apakah Lulusan SMK Dapat Masuk Keperawatan

Sejak terciptanya Undang-Undang no.36 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kesehatan SMK Keperawatan dapat dilakukan di pelayanan kesehatan atau disebut Asisten Tenaga Kesehatan. SMK Kesehatan memiliki minat yang cukup tinggi, beberapa program studi yang tersedia meliputi jurusan keperawatan, analis kesehatan, dan farmasi.

Apakah Jurusan IPS Dapat Masuk Keperawatan

Tidak semua Universitas di Indonesia dapat menerima lulusan IPS. Akan tetapi, terdapat beberapa kampus yang menerima jurusan IPS seperti Universitas Indonesia. Jadi jangan khawatir bagi Anda yang sedang mengambil jurusan IPS tapi ingin kuliah di Keperawatan.


Daftar 7 Fakultas Keperawatan Terbaik di Yogyakarta

Keperawatan di Yogyakarta

1. Fakultas Keperawatan Universitas Gadjah Mada

Fakultas Keperawatan Universitas Gadjah Mada
Fakultas Keperawatan Universitas Gadjah Mada merupakan kampus terbaik di Yogyakarta bagi Anda yang ingin kuliah keperawatan. Keperawatan UGM berlokasi di Bulaksumur, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia.

Keperawatan UGM menjadi kampus unggulan dikarenakan sudah mendapatkan Akreditasi A dan memiliki visi Menjadi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan berkelas dunia yang inovatif dan unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan berdasarkan golongan mulai dari Rp500.000 - Rp18.500.000.

2. Fakultas Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Fakultas Keperawatan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Keperawatan UMY adalah Universitas Muhammadiyah yang ada S1 keperawatan di Yogyakarta. Keperawatan UMY berlokasi di Jl. Brawijaya, Geblagan, Tamantirto, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55183, Indonesia.

Berdasarkan LAM-PTKes bahwa S1 Keperawatan UMY sudah mendapatkan Akreditasi A. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan S1 Keperawatan UMY berdasarkan SPP yaitu sekitar Rp3.800.000 per semester.

3. STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta

STIKES Bethesda Yakkum Yogyakarta
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bathesda Yakkum adalah Universitas yang memiliki program studi D3 Keperawatan di S1 Keperawatan. Stikes Bathesda berlokasi di Jl. Johar Nurhadi No.6, Kotabaru, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55224, Indonesia.

Stikes Bethesda berdasarkan LAM-PTKes no.0621/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2021 sudah Terakreditasi Baik Sekali dan memiliki visi Menjadi sekolah tinggi sebagai pusat pengembangan tenaga kesehatan yang berdaya saing global dan berlandaskan kasih. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan di STIKES Bethesda Yakkum sampai lulus yaitu sekitar Rp24.677.500.

4. STIKES Wira Husada

STIKES Wira Husada
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wira Husada adalah Universitas di Yogyakarta yang memiliki program studi yang bervariasi salah satunya yaitu S1 Keperawatan. Stikes Wira Husada berlokasi di JL Babarsari, Glendongan, Tambak Bayan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia.

Stikes Wira Husada berdasarkan LAM-PTKes sudah memiliki Akreditasi Baik Sekali. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan di STIKES Wira Husada yaitu sekitar Rp800.000 per semester.

5. Akper YKY Yogyakarta

Akper YKY Yogyakarta
Akademi Keperawatan YKY Yogyakarta hadir untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di bidang keperawatan. Akper YKY berlokasi di Jl. Patangpuluhan, Sonosewu, 58VV+HPH, Ngestiharjo, Kasihan, Sonosewu, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0390/LAM-PTKes/Akr/Dip/XI/2020 bahwa Akper YKY Yogyakarta D3 Keperawatan mendapatkan Akreditasi B dan memiliki visi Menjadi program studi D3 keperawatan yang menghasilkan perawat vocasi berkarakter dan unggul yang berbasis keperawatan. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh D3 Keperawatan di Akper YKY Yogyakarta yaitu SPP Rp4.500.000.

6. STIKES AL ISLAM Yogyakarta

STIKES AL ISLAM Yogyakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Al Islam Yogyakarta ikut berperan dalam membangun masyarakat dalam bidang kesehatan. STIKES Al Islam berlokasi di Jl. Bantul No.1221, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55142, Indonesia.

STIKES Al Islam Yogyakarta sudah mendapatkan Akreditasi B dan memiliki visi Menjadikan Stikes Al-Islam yang unggul dan terpercaya dalam pendidikan dan riset dalam memadukan nilai-nilai Islami dengan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan untuk kepentingan masyarakat Indonesia maupun masyarakat dunia.

7. Akper Karya Bakti Husada Yogyakarta

Akper Karya Bakti Husada Yogyakarta

Akper Karya Bakti Husada Yogyakarta memiliki Profil lulusan dari Akper Karya Bakti Husada Yogyakarta adalah sebagai perawat pelaksana yang memegang teguh kode etik perawat. Akper Karya Bakti Husada berlokasi di Jl. Parangtritis No.11,4, Manding, Sabdodadi, Kec. Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55185, Indonesia.

Akper Karya Bakti Husada D3 Keperawatan sudah mendapatkan Akreditasi B berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0069/LAM-PTKes/Akr/Dip/II/2019 dan memiliki visi Menjadi Program Studi Diploma III Keperawatan yang Unggul, Mampu Bersaing Secara Global dan Menghasilkan Perawat yang Mandiri.

Biaya yang ditawarkan untuk menempuh D3 Keperawatan di Akper Karya Bakti Husada sekitar Rp8.000.000 per semester.


Itulah pembahasan mengenai 7 Fakultas Keperawatan Terbaik di Yogyakarta, Semoga BErmanfaat!