BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

6 Fakultas Keperawatan Terbaik di Indonesia 2024

Fakultas Keperawatan Terbaik di Indonesia tersebar hampir diseluruh negeri. Bagi Anda yang memiliki impian ingin kuliah keperawatan dapat terlebih dahulu memilih kampus yang sesuai dengan mempertimbangkan lokasi dan biaya. Kami merekomendasikan beberapa Universitas Terbaik di Indonesia yang memiliki Program Studi Keperawatan disini.

Berapa Lama Kuliah Keperawatan

Menempuh pendidikan keperawatan membutuhkan waktu yang lumayan lama dan tergantung jenis jenjang yang diambil seperti Sertifikasi 9 bulan - 1,5 tahun, Diploma 2,5 tahun, Sarjana (S1) 3 - 4 tahun, dan Magister (S2) 1 - 2 tahun. Kami telah membuat Artikel tentang Berapa Lama Kuliah S1 Keperawatan disini.

Syarat Masuk Kuliah Keperawatan

Syarat untuk dapat kuliah Keperawatan di Indonesia berbeda-beda sesuai dengan kebijakan Universitas masing-masing. Oleh karena itu, periksalah daftar persyaratan yang dibutuhkan agar dapat masuk di Universitas yang diingkan. Beberapa syarat pada umumnya meliputi Warga Negara Indonesia, Dasar Pendidikan, Umur maksimal saat ini 24 tahun, Foto copy ijazah/STTB yang telah dilegalisir atau surat keterangan lulus dari sekolah, Foto copy NEM yang telah dilegalisir, Pas foto berwarna terbaru (6 buah terakhir) ukuran 4 X 6 (5 lbr), Foto copy KTP, Tinggi badan minimal. Kami telah membuat Syarat Masuk Kuliah Keperawatan disini.

Berapa Biaya Kuliah Keperawatan

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan keperawatan bervariasi disetiap Universitas. Faktor - faktor yang membedakan seperti lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan, dan spesialisasi jurusan.

Apa Saja Jurusan Keperawatan

Keperawatan di Indonesia memiliki beberapa jurusan tergantung dari peminat seperti Ilmu Keperawatan, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas, dan sebagainya.

Apa Gelar S1 Keperawatan

Setelah lulus Program Studi S1 Keperawatan nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep). Bagi Anda yang baru lulus D3 Keperawatan dapat mengambil program S1 Keperawatan agar mendapatkan gelar tersebut.

Apakah S1 Keperawatan Bisa Langsung Kerja

Lulus S1 Keperawatan dapat langsung mendaftar diri untuk kerja misalnya di rumah sakit atau layanan kesehatan. Akan tetapi, S1 Keperawatan harus mengambil program profesi Ners terlebih dahulu.

Apa Saja Pelajaran D3 Keperawatan 

Jurusan D3 Keperawatan lebih fokus kepada praktik keperawatan dibandingkan S1 Keperawatan yang lebih kearah pendalaman teori dan praktik. Adapaun beberapa materi yang dipelajari D3 Keperawatan meiputi pemenuhan kebutuhan dasar manusia, meliputi biologi, psikologi, sosiologi, spiritual, dan kultural.

Lulusan D3 Keperawatan jadi Apa

D3 Keperawatan setelah lulus dapat bekerja di insitusi keperawatan seperti puskesmas, rumah sakit, poliklinik umum, dan sebagainya. Untuk memperoleh gelar D3 Keperawatan dapat kuliah di Akademi Keperawatan (Akper).

Apa Perbedaan D3 dan S1 Keperawatan

Perbedaan S1 dan D3 Keperawatan terletak di sistem pembelajaran. D3 Keperawatan lebih fokus ke praktik sedangkan S1 Keperawatan mempelajari banyak hal meliputi teori dan praktik. Gelar yang didapat juga berbeda, S1 Keperawatan mendapatkan gelar S.Kep (Sarjana Keperawatan) sedangkan D3 Keperawatan mendapatkan gelar Amd (Ahli Madya).

Apakah Lulusan SMK Dapat Masuk Keperawatan

Sejak terciptanya Undang-Undang no.36 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kesehatan SMK Keperawatan dapat dilakukan di pelayanan kesehatan atau disebut Asisten Tenaga Kesehatan. SMK Kesehatan memiliki minat yang cukup tinggi, beberapa program studi yang tersedia meliputi jurusan keperawatan, analis kesehatan, dan farmasi.

Apakah Jurusan IPS Dapat Masuk Keperawatan

Tidak semua Universitas di Indonesia dapat menerima lulusan IPS. Akan tetapi, terdapat beberapa kampus yang menerima jurusan IPS seperti Universitas Indonesia. Jadi jangan khawatir bagi Anda yang sedang mengambil jurusan IPS tapi ingin kuliah di Keperawatan.


6 Daftar Fakultas Keperawatan Terbaik di Indonesia

Keperawatan Terbaik di Indonesia

1. Fakultas Keperawatan Universitas Indonesia

keperawatan Universitas Indonesia
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia atau dikenal FIK UI merupakan salah satu kampus terbaik yang memiliki program studi keperawatan di Indonesia. FIK UI memiliki peran sebagai pembina beberapa institusi pendidikan tinggi keperawatan di Indonesia. FIK UI berlokasi di Jl. Prof. DR. Sudjono D. Pusponegoro, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425, Indonesia.

Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia memiliki program studi sebagai berikut :
  1. Sarjana Ilmu Keperawatan
  2. Profesi Ners
  3. Magister Ilmu Keperawatan
  4. Spesialis Keperawatan Anak
  5. Spesialis Keperawatan Jiwa
  6. Spesialis Keperawatan Komunitas
  7. SpesialisKeperawatan Maternitas
  8. Spesialis Keperawatan Medikal Bedah
  9. Doktor Ilmu Keperawatan

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes  no.6525/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2019
bahwa S1 Program Studi Keperawatan Universitas Indonesia sudah mendapatkan Akreditasi A. FIK UI memiliki visi Menjadikan Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sebagai pusat pengembangan IPTEK keperawatan yang peka budaya serta dapat bersaing di kancah nasional dan internasional serta berkontribusi bagi pembangunan kesehatan.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan ilmu keperawatan di FIK UI yaitu Rp10.000.000 (BOP) dan Rp14.000.000 (UP).

2. Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga

keperawatan Universitas Airlangga
Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga merupakan salah satu kampus terbaik di Surabaya dan cocok bagi Anda yang ingin kuliah keperawatan di Jawa Timur. Keperawatan Unair berlokasi Mulyorejo, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60115, Indonesia.

Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga memiliki program studi sebagai berikut :
  1. Sarjana Keperawatan
  2. Profesi Ners
  3. Magister Keperawatan
  4. Spesialis Keperawatan Medikal Bedah
  5. Program Dokter Keperawatan

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0241/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2015 A bahwa Program Studi S1 Keperawatan dan Profesi Ners Universitas Airlangga mendapatkan Akreditasi A (Sangat Baik). Keperawatan Unair memiliki visi menjadi fakultas keperawatan yang mandiri, terkemuka, pelopor, pengembangan ilmu keperawatan di tingkat nasional dan internasional berbasis innovation in caring dan morality. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan berdasarkan golongan yaitu :
  • UKT 1A : Rp0-500.000
  • UKT 1B : Rp1.000.000
  • UKT IC : Rp2.400.000
  • UKT II : Rp6.000.000
  • UKT III : Rp8.000.000
  • UKT IV : Rp12.500.000

3. Fakultas Keperawatan Universitas Brawijaya

Keperawatan Universitas Brawijaya
Fakultas Keperawatan Universitas Brawijaya merupakan kampus di Jawa Timur yang sudah berdiri sejak 1999 dan menjadi pelopor berkembangnya pendidikan tinggi keperawatan. Ilmu Keperawatan UB berlokasi di Ketawanggede, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia.

Universitas Brawijaya memiliki beberapa Program Studi yaitu :
  1. S1 Keperawatan
  2. Magister S2 Keperawatan
  3. Spesialis Keperawatan Komunitas
  4. Spesialis Keperawatan Jiwa

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0120/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2019 bahwa Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Brawijaya mendapatkan Akreditasi A (Sangat Baik). Keperawatan Universitas Brawijaya memiliki visi Menjadi Fakultas Keperawatan yang unggul dan berstandar internasional dalam bidang chronic care di tatanan klinik dan komunitas.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh keperawatan di Universitas Brawijaya berdasarkan golongan UKT yaitu Golongan IV : 6.400.000, Golongan V : Rp7.075.000, Golongan VI : Rp8.750.000.

4. Fakultas Keperawatan Universitas Gadjah Mada

keperawatan Universitas Gadjah Mada
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada merupakan kampus terbaik di Jawa Tengah yang sudah berdiri sejak 1998. Keperawatan UGM berlokasi di Jl. Farmako Sekip Utara No.55281, Sendowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan no.0602/LAM-PTKes/Akr/Sar/X/2019 bahwa Program Studi Sarjana Keperawatan Universitas Gadjah Mada sudah mendapatkan Akreditasi A (Sangat Baik). Keperawatan UGM memiliki visi Menjadi Program Studi Ilmu Keperawatan yang berstandar internasional, inovatif, unggul, serta senantiasa mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan dijiwai nilai-nilai budaya bangsa berdasarkan Pancasila.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan keperawatan di UGM berdasarkan golongan UKT yaitu Golongan I : Rp500.000, Golongan II : Rp1.000.000, Golongan III : Rp4.500.000, Golongan IV : Rp6.750.000, Golongan V : Rp9.000.000, Golongan VI : Rp14.500.000, Golongan VII : Rp16.000.000, Golongan VIII : Rp18.500.000.

5. Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin

keperawatan Universitas Hasanuddin
Universitas Hasanuddin merupakan pilihan lainnya jika Anda ingin kuliah keperawatan di pulau Sulawesi. Keperawatan Unhas berdiri sejak 1997 dan memiliki jumlah peminat yang lumayan tinggi. Keperawatan Unhas berlokasi di Tamalanrea Indah, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90245, Indonesia.

Universitas Hasanuddin memiliki beberapa program studi yaitu :
  • Program Studi Ilmu Keperawatan dan Profesi Ners
  • Program Magister Keperawatan
  • International Class Degree Program
  • D3 Keperawatan
  • Sarjana Fisioterapi
  • Pendidikan Profesi Fisioterapi

Berdasarkan Surat Keputusan LAM PTKes no.0239/LAM-PTKes/Akr/Sar/V/2019 bahwa Program Studi Sarjana Ilmu Keperawatan Universitas Hasanuddin sudah mendapatkan Akreditasi A (Sangat Baik)Keperawatan Unhas memiliki visi Menjadi pusat unggulan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang insani berbasis benua maritim Indonesia dan berdaya saing global.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Ilmu Keperawatan di Universitas Hasanuddin berdasarkan golongan UKT yaitu : Golongan I : Rp500.000. Golongan II : Rp750.000, Golongan III : Rp2.000.000, Golongan IV : Rp2.400.000, Golongan V : Ro6.500.000.

6. Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

keperawatan Universitas Padjadjaran
Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran adalah kampus terakhir yang kami rekomendasikan untuk kuliah keperawatan. Keperawatan Unpad sudah berdiri sejak 2005 dan jumlah pendaftar tiap tahun yang selalu meningkat. Keperawatan Unpad berlokasi di Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363, Indonesia.

Universitas Padjadjaran memiliki beberapa program studi yaitu :
  • Sarjana Keperawatan
  • Profesi Ners
  • Magister Ilmu Keperawatan

Keperawatan Unpad sudah mendapatkan Akreditasi A dan memiliki visi Mencapai Universitas Bereputasi Dunia dan Berdampak pada Masyarakat” yang dilandasi oleh Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Hukum dan Lingkungan Hidup”. Reputasi dunia dibutuhkan untuk keberlanjutan eksistensi Unpad di level internasional dalam menjamin kualitas tridarma perguruan tinggi.

Biaya yang ditawarkan untuk menempuh S1 Keperawatan di Universitas Padjadjaran berdasarkan UKT yaitu Golongan I : Rp2.750.000, Golongan II : Rp4.000.000, Golongan III : Rp5.250.000, Golongan IV : Rp6.500.000, Golongan V : Rp7.750.000. Golongan VI : Rp9.000.000.


Itulah pembahasan mengenai 6 Fakultas Keperawatan Terbaik di Indonesia, Semoga Bermanfaat!