Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Syarat Masuk Jurusan Farmasi

Farmasi merupakan jurusan yang berhubungan dengan obat-obatan. Saat ini jurusan farmasi menjadi jurusan favorit bagi siswa yang baru saja lulus SMA. Kuliah di jurusan farmasi nantinya akan berhubungan dengan sains dan setelah lulus akan mendapatkan gelar Apoteker.

Masuk jurusan farmasi tentu saja tidaklah mudah, dibutuhkan beberapa syarat yang dibutuhkan apakah Anda cocok kuliah di jurusan farmasi atau tidak. Kami membahas 7 syarat masuk jurusan farmasi disini.

Berikut 7 Syarat Masuk Jurusan Farmasi

Syarat Masuk Jurusan Farmasi

1. Lulus Dari jurusan IPA

Masuk fakultas farmasi tentu saja harus dari lulusan jurusan IPA. Hal ini dikarenakan pelajaran yang ditempuh selama pendidikan farmasi berhubungan dengan sains. Jadi pastikan bahwa Anda memilih jurusan yang tepat selama menempuh SMA agar dapat melanjutkan kuliah di jurusan farmasi.

2. Lulus Dari Program Seleksi

Sebelum masuk kuliah di jurusan farmasi, tentu saja harus mengikuti tes ujian masuk terlebih dahulu dan dinyatakan diterima. Banyak sekali jalur masuk jurusan farmasi yang tersedia. Contohnya SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri sesuai Universitas mana yang ingin Anda tuju. Banyak sekali calon mahasiswa baru gagal masuk jurusan farmasi dikarenakan tidak lulus dalam seleksi tes ujian masuk. Diperlukan persiapan yang matang selama Anda SMA dan belajar dengan rajin sehingga peluang masuk fakultas farmasi menjadi lebih tinggi.

3. Melengkapi Persyaratan Pendaftaran

Penting untuk melengkapi persyaratan yang diperlukan dalam mendaftar di fakultas farmasi. Jangan sampai ada beberapa syarat yang terlewat seperti dokumen-dokumen penting yang digunakan sebagai identitas diri.

4. Membayar Biaya Kuliah

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh jurusan farmasi berbeda-beda di setiap Universitas. Jumlah biaya biasanya lebih mahal di kampus swasta dibandigkan negeri. Oleh karena itu penting untuk menentukan kampus mana yang cocok bagi Anda.

5. Menyukai Sains

Selama kuliah di Farmasi, Anda akan dihadapkan dengan pelajaran-pelajaran yang berhubungan dengan sains. Jika Anda tidak suka dengan sains maka jurusan farmasi kemungkinan menjadi berat untuk Anda. Jadi cobalah untuk memikirkan kembali apakah Anda benar-benar cocok di dunia farmasi atau tidak.

6. Memiliki Memori yang Baik

Anda harus memiliki daya ingat yang baik jika masuk ke jurusan farmasi. Hal ini dikarenakan banyak sekali nama zat dan obat yang harus diingat selama menempuh kuliah ataupun saat praktik di lapangan. Tapi jangan khawatir, kebanyakan orang akan hafal sendiri dengan nama obat dikarenakan harus membuat resep obat itu terus menerus.

7. Aktif Dalam Masyarakat

Saat Anda kuliah di jurusan farmasi nantinya akan diadakan bakti sosial sehingga Anda akan terjun langsung ke masyarakat. Banyak sekali ilmu yang akan Anda dapatkan saat di lapangan. Jadi sesuaikan antara pelajaran selama kuliah dan praktik untuk meningkatkan skill Anda di jurusan farmasi.

Itulah pembahasan mengenai 7 Syarat Masuk Jurusan Farmasi, Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "7 Syarat Masuk Jurusan Farmasi"