Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakultas Kedokteran yang Sepi Peminat di Indonesia

Tidak semua Fakultas Kedokteran di Indonesia memiliki jumlah peminat yang tinggi, akan tetapi ada beberapa fakultas kedokteran yang sepi peminat sehingga jarang diketahui orang. Padahal jumlah peminat yang tinggi akan memperkecil peluang Anda untuk bisa lulus dikarenakan persaingan yang ketat. Akan tetapi, jika Anda benar - benar bekerja keras tidak menutup kemungkinan Anda lulus di fakultas kedokteran yang tinggi peminat.

Menjelang akan lulus dari jenjang SMA, siswa biasanya dihadapkan dengan seleksi pemilihan jurusan melalui jalur undangan atau biasa dikenal dengan nama SNMPTN. Tentu saja kebanyakan orang akan mengambil universitas terkenal seperti UI, Unpad, Undip, dan sebagainya. Tetapi asal Anda tahu bahwa persaingannya pun tidaklah mudah. Apalagi bagi kalian yang memiliki impian untuk menjadi seorang dokter. Cobalah untuk berpikir memilih jurusan kedokteran yang sepi peminat di SNMPTN entah itu di pilihan pertama ataupun kedua. Tentu saja persentase pilihan kedua tidak sebesar pilihan pertama sehingga diperlukan keputusan terbaik dari Anda. Kami merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi Anda yang ingin kuliah kedokteran.


Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran?

Sebelum Anda mendaftarkan diri di Fakultas Kedokteran, ada beberapa syarat yang harus wajib Anda miliki, hal ini akan membantu Anda dalam proses belajar mengajar selama kuliah kedokteran. Adapun syarat seperti pintar dalam pelajaran Biologi, Memiliki keahlian dalam Bahasa Inggirs, dan beberapa syarat lainnya. Kami telah membuat Artikel tentang Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran disini.


Berapa Nilai Minimal Masuk Fakultas Kedokteran?

Agar dapat masuk di Fakultas Kedokteran harus menentukan kampus mana yang sesuai dengan nilai UTBK yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan setiap Fakultas Kedokteran memiliki nilai minimal yang berbeda-beda. Kami telah membuat Artikel tentang Daftar Universiats Dengan Nilai Minimal Fakultas Kedokteran disini.


Berapa Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran?

Menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran terbilang cukup lama, diperkirakan waktu yang dibutuhkan selama 6 Tahun. Hal tersebut sudah termasuk masa pre-klinis 4 tahun dan klinis 2 tahun. Selanjutnya Anda akan dihadapkan dengan Ujian UKMPPD dan Pengabdian (Internship).


Postingan Terkait


Berikut 5 Fakultas Kedokteran Yang Sepi Peminat

5 Fakultas Kedokteran yang Sepi Peminat di Indonesia


1. Fakultas Kedokteran Universitas Khairun

fk Universitas Khairun


Fakultas Kedokteran Universitas Khairun atau disingkat FK Unkhair ini terletak di kota Ternate, Maluku Utara. Kedokteran Unkhair  merupakan salah satu kampus kedokteran terbaik di Indonesia Timur. Berdasarkan data SNMPTN 2018  jumlah peminat calon mahasiwa di fakultas ini hanya mencapai 105 peserta dengan penerimaan sebanyak 12 peserta.

Selain jurusan kedokteran, FK Unkhair juga memiliki beberapa program sarjana seperti Fakultas Hukum, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, dan Fakultas Teknik. Bagi Anda yang berminat kuliah di Kedokteran Unkhair silahkan melihat syarat dan cara pendaftaran di situs halaman resmi FK Unkhair.


2. Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih

fk Universitas Cenderawasih


Fakultas Kedokteran Universitas Cenderawasih atau biasa disingkat  FK UNCEN ini merupakan universitas kedokteran yang terletak di Indonesia Timur yaitu di Papua. Berdasarkan data SNMPTN tahun 2018 tercatat peminat FK UNCEN sebesar 338 peminat dengan kuota penerimaan 13. Hal ini membuat FK UNCEN tiap tahun nya terus meningkatkan kualitas sistem pendidikan nya.

Fakultas Kedokteran Cenderawasih terbagi menjadi 1 jurusan dan 2 program studi yaitu Jurusan Kedokteran Umum dan Program Pendidikan Ners Ilmu Keperawatan. 


3. Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura

fk Universitas Pattimura

Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura atau disingkat FK Unpatti ini adalah salah satu kedokteran terbaik yang terletak di Ambon, Maluku. Tercatat pada SNMPTN 2018 jumlah peminat dari FK Unpatti sebesar 351 dengan daya tampung 30. Kedokteran Unpatti terus meningkatkan kualitas pendidikan dengan caption di website nya "Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Dokter yang Berorientasi Lingkungan Laut Pulau".


4, Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya

fk Universitas Palangkaraya

Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya atau biasa disebut FK UPR ini terletak di  Kota Palangkaraya Raya, Kalimantan Tengah. Berdasarkan data SNMPTN 2018  jumlah peminat FK UPR sebesar 372 dengan daya tampung 15. Bagi Anda yang ingin kuliah kedokteran terutama yang berada di Kalimantan bisa mempertimbangkan FK UPR sebagai pilihan.


5. Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu

fk Universitas Bengkulu


Fakultas Kedokteran Universitas Bengkulu atau akrab disapa FK UNIB merupakan fakultas kedokteran yang terletak di Kota Bengkulu. Berdasarkan data SNMPTN 2018 tercatat peminat FK UNIB sebesar 431 dengan daya tampung 15. Jika Anda berlokasi di Bengkulu tidak perlu jauh-jauh untuk bisa kuliah kedokteran, FK UNIB dapat menjadi salah satu pilihan Anda yang ingin menjadi dokter.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai 5 Fakultas Kedokteran yang Sepi Peminat di Indonesia. Dokter merupakan salah satu profesi yang paling mulia. Dokter bertugas untuk mengobati dan menyelamatkan nyawa manusia. Setiap orang pasti pernah bercita- - cita uingin menjadi dokter dan sekarang lah waktunya Anda untuk mendaftarkan diri untuk kuliah kedokteran sehingga kelak Anda diharapkan akan menjadi dokter yang sukses.

Posting Komentar untuk "5 Fakultas Kedokteran yang Sepi Peminat di Indonesia"