Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Macam macam Jurusan Kedokteran Spesialis

Dokter spesialis merupakan dokter yang memiliki keahlian khusus dalam menangani permasalahan penyakit tertentu pasien. Sebagai contoh dokter spesialis anak yang memiliki kamampuan lebih dalam mengatasi penyakit khususnya pada Anak. Begitu pula dokter spesialis lainnya.

Indonesia memiliki beberapa jurusan kedokteran spesialis yang dapat Anda pilih jika Anda ingin melanjutkan pendidikan kedokteran. Masuk kedokteran spesialis tentu saja tidak lah mudah, semasa menempuh pendidikan dokter dari preklins ke klinis dibutuhkan nilai IPK minimal 3,00 agar dapat melanjutkan spesialisasi.

Setelah Anda dinyatakan diterima di kedokteran spesialis, Anda akan memperoleh gelar sesuai spesialisasi yang diambil seperti Sp.M berarti spesialis mata, dan sebagainya. Tentu Saja banyak orang yang ingin masuk spesialisasi yang mereka inginkan  karena alasan yang berbeda beda seperti peluang spesialis yang masih kurang di daerah ataupun gaji spesialis yang relatif lebih tinggi dari dokter umum. Bagi Anda yang ingin masuk kedokteran spesialis  tentu saja harus melewati pendidikan dokter S1 terlebih dahulu. Oleh karena itu, kami merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia yang dapat menjadi acuan Anda untuk kuliah kedokteran.


8 Macam-Macam Jurusan Kedokteran Spesialis
8 Macam macam Jurusan Kedokteran Spesialis

1. Dokter Spesialis Anak

Dokter spesialis anak adalah dokter yang memiliki kemampuan spesialisasi mendiagnosis dan mengobati pasien yang berumur 0-18 tahun. Dokter spesialis anak memiliki gelar (Sp.A) atau disebut sebagai pediatris. Penyakit pada anak umumnya memiliki pengobatan yang sedikit berbeda dengan orang dewasa, maka dari itu jika anak memiliki gejala seperti masalah fisik, mental, maupun perilaku dapat konsultasi ke dokter spesialis anak. Hal ini diharapkan pengobatan yang didapat lebih maksimal dan ada beberapa kondisi dokter anak akan bekerjasama dengan dengan dokter spesialis lainnya seperti psikiatri.

2. Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Dokter spesialis penyakit dalam merupakan dokter yang memiliki spesialisasi mengobati penyakit pada pasien dewasa seperti penyakit jantung, diabetes, hipertensi, dan sebagainnya. Dokter spesialis penyakit dalam memiliki gelar (Sp.PD) atau biasa dikenal sebagai Internis. Dokter spesialis penyakit dalam dibagi menjadi 4 yaitu :
  1. Dokter Kardiovaskular
  2. Dokter Bedah Jantung
  3. Dokter Paru-Paru
  4. Dokter Ahli Endokrinologi

3. Dokter Spesialis Saraf

Dokter spesialis saraf merupakan dokter yang memiliki keahlian dalam mengobati penyakit yang berhubungan dengan saraf seperti saraf pada otak, tulang belakang, dan sebagainya. Di Indonesia jumlah pasien dengan gangguan saraf terus mengalami peningkatan terutama penyakit storke. Maka dari itu perlu nya penanganan khusus serta konsultasi di dokter saraf. Dokter Spesialis saraf memili gelar (Sp.N) atau lebih dikenal dengan istilah neurologis

4. Dokter Spesialis Bedah dan Ginekologi

Dokter spesialis bedah dan ginekologi merupakan spesialisasi dokter dalam hal menangani permasalahan seputar kandungan, baik itu ginekologi maupun reproduksi. Dokter spesialis bedah dan ginekologi memiliki gelar (Sp.OG) atau lebih akrab disebut dokter obgyn. Pasien biasanya rutin kontrol perkembangan janin ke dokter spesialis obgyn mulai dari kehamilan hingga melahirkan.

5. Dokter Spesialis Bedah

Dokter spesialis bedah merupakan dokter yang memiliki spesialisasi menangani semua hal tentang pembedahan. Dokter spesialis bedah memiliki gelar (Sp.B) dan memiliki pembagian seperti spesialis bedah onkologi dan spesialis orthopedi. Bagi Anda yang memiliki keluhan seputar benjolan  ataupun mempunyai luka yang sukar sembuh dapat konsultasi ke dokter spesialis bedah.
 

6. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin

Dokter spesialis kulit dan kelamin  merupakan dokter yang memiliki keahlian khusus dalam menangani permasalahan seputar kulit dan kelamin. Dokter spesialis kulit dan kelamin memiliki gelar (Sp.KK). Bagi Anda yang memiliki permasalahan kulit seperti kulit terbakar, terkena zat kimia, dan sebagainya dapat konsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

7. Dokter Spesialis THT

Dokter spesialis THT merupakan dokter yang memiliki keahlian khusus dalam menangani penyakit seputar telinga, hidung, dan tenggorokan. Dokter THT memiliki gelar (Sp.THT) atau biasa dikenal sebagai otolaringologis. Bagi Anda yang memiliki keluhan seperti telinga kemasukkan air ataupun radang amandel dan sebagainya dapat berkonsultasi di dokter THT

8. Dokter Spesialis Mata

Dokter spesialis mata adalah dokter yang memiliki keahlian khusus dalam menangani permasalahan pada mata. Dokter mata memiliki gelar (Sp.M) atau dikenal dengan sebutan optalmologis. Bagi Anda yang memiliki gejala pada mata seperti mata merah, iritasi mata, ataupun masalah penglihatan dapat berobat ke dokter spesialis mata.

Penutup

Itulah pembahasan mengenai 8 Macam macam Jurusan Kedokteran Spesialis, Dokter spesialis merupakan dokter yang memiliki spesialisasi tertentu di beberapa penyakit sehingga penanganan penyakit akan lebih maksimal. Semangat belajar dan jangan lupa untuk berdoa sehingga Anda kelak menjadi dokter spesialis yang sukses.

Posting Komentar untuk "8 Macam macam Jurusan Kedokteran Spesialis"