BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Macam-Macam Spesialis Dokter Gigi

Dokter Gigi merupakan dokter yang memiliki keahlian dalam menangani dan mengobati kelainan pada gigi seseorang. Berbeda dengan dokter umum, dokter gigi lebih berfokus terhadap kesehatan mulut dan gigi. Agar menjadi dokter gigi pun berbeda dengan kuliah dokter pada umumnya, hal ini lebih difokuskan dalam mempelajari bagian pada gigi saja.

Kedokteran Gigi setiap tahun terus mengalami penigkatan jumlah peminat. Maka dari itu untuk diterima di kedokteran gigi akan mengalami persaingan yang cukup ketat. Tetapi, jika Anda memiliki usaha dan doa yang tinggi niscaya Anda dapat di terima di kedokteran gigi pilihan Anda.

Setelah lulus kedokteran gigi, Anda dapat memilih spesialisasi dokter gigi yang Anda minati. Banyak otang yang ingin melanjutkan pendidikan menjadi dokter gigi spesialis. Akan tetapi mereka bingung untuk memilih spesialis dokter gigi mana yang cocok. Berikut kami memberikan beberapa rekomendasi dokter gigi spesialis untuk Anda.


Berikut Adalah Macam-Macam Spesialis Dokter Gigi

Macam-Macam Spesialis Dokter Gigi


Dokter Gigi Spesialis Orthodonti (SpOrt)

Ortodontis memiliki ketrampilan untuk mengdiagnosis, mencegah, dan menyembuhkan maloklusi. Maloklusi atau dikatakan sebagai gigi tidak sejajar dapat terjadi karena gig tumbuh berdesakan, jumlah gigi semakin banyak dari jumlahnya lumrah, atau ada gigi yang tanggal. Sebagai seorang dokter gigi spesialis orthodonti, karena itu Anda bertanggungjawab untuk melempengkan atau membereskan gigi memakai kawat gigi atau memakai perlengkapan retainer korektif. Bukan hanya mendukung performa arah dari pemerataan gigi, yang ditujukan untuk membenahi peranan gigi hingga dapat kunyah dan bicara lebih bagus.


Dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut (SpBM)

Sektor spesialis bedah mulut ini akan tangani perawatan implant gigi, abnormalitas di rongga mulut, seperti kehadiran gigi bungsu yang tumbuh terkubur atau miring, lalu abnormalitas sela bibir (bibir sumbing, misalnya), permasalahan sela langit-langit, kista dan tumor di rongga mulut atau rahang, pembaruan tulang rahang, sampai proses seni. Beberapa permasalahan gigi dan mulut membutuhkan perlakuan, seperti pembandinghan, baik secara minor memakai anestesi lokal atau mayor memakai anestesi umum.


Dokter Gigi Spesialis Periodonesia (SpPerio)

Spesialis ini memiliki ketrampilan menganalisis, menyembuhkan, dan memberinya penangkalan pada penyakit di jaringan gusi dan susunan simpatisan gigi, baik gigi alami atau gigi bikinan. Jika Anda pilih spesialis ini maka bertanggungjawab menangani gingivitis atau radang gusi dan periodontitis atau penyakit gusi dan tulang rahang dengan analisis kompleksitas berat.


Dokter Gigi Spesialis Konservasi Gigi (SpKG)

Ketrampilan yang hendak Anda dapatkan dari spesialis ini ialah konservasi gigi (endodontik) atau menjaga gigi hingga peranan dan seni gigi dapat normal kembali seperti sedia kalah. Perlakuan yang Anda kerjakan ialah memberinya penangkalan pada gigi berlubang, menambal gigi berdasar kepentingan, seperti membikinkan veneer, pasak, mahkota, onlay, atau inlay, lalu menjaga gigi berlubang, menjaga dan membedah akar gigi, karang gigi, memutihkan gigi (bleaching), atau bedah endodontik.


Dokter Gigi Spesialis Prostodonsia (SpPros)

Bila Anda pilih spesialis ini maka berkutan di permasalahan pembaruan gigi dan penggantian gigi yang lenyap lalu memakai gigi palsu (denture) keramik, atau mahkota (crown). Spesialis prostodontis dapat menukar gigi memakai implant gigi.


Dokter Spesialis Gigi Anak (SpKGA)

Spesialis dokter anak atau pedodontis mewajibkan Anda menjaga dan menangani penyakit gigi, gusi, dan mulut pada anak-anak dimulai dari umur setahun sampai mendekati remaja. Anda akan memiliki ketrampilan khusus tangani kasus dan penyakit sekitar gigi dan mulut pada anak.


Dokter Spesialis Penyakit Mulut (SpPM)

Untuk Anda yang pilih spesialis ini maka bergelut di penyakit mulut, seperti kandidiasis, infeksi gigi (bakteri) dan mulut, masalah kelenjar ludah, oral lichen planus, kanker mulut, dan kanker lidah. Sebagai dokter spesialis mulut karena itu Anda memberinya beberapa obat tanpa proses bedah.


Dokter Spesialis Radiologi Kedokteran Gigi (SpRKG)

Spesialis ini memiliki ketrampilan dalam interpretasi semua tipe pencitraan gigi dan mulut laiknya CT-Scan dan rontgen gigi, MRI, atau pengecekan pendukung radiologis lain sebagai pendukung analisis disekitaran mulut atau di rahang atas.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai Macam-Macam Spesialis Dokter Gigi. Dokter gigi merupakan dokter yang menjaga kesehatan gigi pasien. Agar dapat menjadi dokter gigi dibutuhkan kerja keras yang ekstra dalam kuliah maupun praktik. Dokter Gigi memiliki beberapa spesialiasi yang dapat Anda pilih sesuai daftar diatas, semoga bermanfaat.