Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fakultas Kedokteran Universiats Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia

Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri atau disingkat UIN merupakan universitas terbaik di Indonesia yang bergerak berlandasan ilmu pengetahuan dan agama Islam. UIN sendiri tersebar hampir di seluruh Indonesia sehingga pemerataan universitasnya menjadi merata. Oleh karena itu, Anda tidak perlu takut lagi jika kuliah UIN terlalu jauh dari kediaman Anda.

Universitas Islam Negeri (UIN) memiliki program studi kedokteran bagi Anda yang bercita-cita ingin menjadi dokter. Setiap tahun UIN terus mencetak calon generasi dokter yang berkompeten. Hal ini sesuai dengan jumlah pendaftar dan lulusan yang terus meningkat.

Bagi Anda yang ingin kuliah di Kedokteran UIN, diharapkan untuk mempersiapkan diri jauh sebelum tes ujian masuk. Hal ini diharapkan hasil yang didapat akan lebih maksimal. Disarankan untuk berlatih menjawab soal-soal SBMPTN ataupun bila perlu mengikuti bimbel kedokteran di daerah Anda.


Berikut Daftar Fakultas Kedokteran UIN Terbaik di Indonesia


1. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

Fakultas Kedokteran UIN Jakarta adalah salah satu fakultas kedokteran UIN yang paling terkenal. Hal ini dikarenakan lokasi FK UIN Jakarta berada di Ibukota. Hal ini membuat banyak calon mahasiswa baru berdatangan dari penjuru Indonesia.

fk uin jakarta

Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dibuat pada 12 Maret 2004 dan disahkan atas dasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Pengajaran Tinggi Departemen Pengajaran Nasional RI (Dirjen Dikti) No 1356/D/T/2005 tertanggal 10 Mei 2005 dan Diren Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI No DJII/123/2005 tertanggal 17 Mei 2005 dengan program Study Pengajaran Dokter, Kesehatan Warga, Farmasi, dan Pengetahuan Keperawatan. 

Biaya Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

UKT kedokteran UIN Jakarta sekitar dari Kelompok II sebesar RP. 21.610.000, Gol. III RP. 26.290.000, Gol. IV RP. 29.590.000, Gol. V 34.620.000, Gol. VI RP. 39.810.000 dan Gol. VII RP. 45.790.000


2. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang

Fakultas Kedokteran UIN Malang adalah salah satu fakultas kedokteran UIN yang terletak di Malang. FK UIN Malang dapat disebut sebagai salah satu FK baru di Indonesia. Akan tetapi, antusias calon mahasiswa baru sangat tinggi sehingga dalam data SBMPTN jumlah peminat FK UIN Malang terus menagalami kenaikkan.

fk uin malang

Program Study Pengajaran Dokter Fakultas Kedokteran dan Beberapa ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dibuka semenjak tahun 2016 berdasar keputusan Menteri Penelitian, Tehnologi dan Pengajaran Tinggi Republik Indonesia No.126/KPT/I/2016. Program Study ini sebagai satu dari tiga Program Study Pengajaran Dokter di bawah lindungan Kementrian Agama Republik Indonesia. Pada masa yang serupa, tahun 2012, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tanda-tangani MOU dengan Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) di bagian Tridharma Pengajaran Tinggi yang dilakukan tindakan oleh persetujuan jika FK UNS jadi Fakultas Kedokteran yang mengampu (menuntun) berdirinya Program Study Pengajaran Dokter UIN Maliki Malang.

Biaya Fakultas Kedokteran UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Kedokteran UIN Malang mempunyai UKT sebesar dari jenjang gol. II RP. 8.288.000, Gol. III RP. 16.575.000, Gol. IV RP. 22.101.000 dan Gol V RP. 24.863.000


3. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Negeri Aluddin Makasar

Fakultas Kedokteran UIN Makasar merupakan salah satu fakultas kedokteran UIN yang terletak di Makasar. Tidak kalah dari Fakultas Kedokteran UIN lainnya. FK UIN Makasar memiliki sistem pendidikan dan lulusan dokter yang berkompeten. Tidak heran banyak orang mempertimbangkan untuk kuliah kedokteran disini.

fk uin makasar

UIN atau Universitas Islam Negeri Alauddin Makasar ini baru disahkan di tahun 2015 dan memulai terima mahasiswa baru di tahun 2016 lewat lajur SNMPTN, lajur berdikari, dan lajur afirmasi. Lajur afirmasi sebagai lajur pemihakan untuk golongan dhuafa dan beberapa hafidz Qur'an agar bisa mengenyam pengajaran kedokteran dengan gratis. Di saat ini tenaga dosen sejumlah 30 orang dokter. Salah satunya sebagai alumnus dari Universitas Hiroshima Jepang, Universitas Taiwan, dan Universitas Adelaide Australia. 

Biaya Fakultas Kedokteran UIN Aluddin Makasar

Kedokteran UIN Alauddin mempunyai UKT sebesar dari jenjang UKT II RP. 2.000.000-RP. 16.500.000, UKT III RP. 2.600.000-RP.22.000.000, UKT IV RP. 3.250.00-27.500.00, dan UKT V RP. 3.900.000-RP. 33.000.000.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Kedokteran Universiats Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia. UIN merupakan salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia yang berlandaskan Islam. UIN memiliki program studi kedokteran bagi Anda yang memiliki impian menjadi dokter. Teruslah berlajar secara rajin dan jangan lupa untuk berdoa, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Fakultas Kedokteran Universiats Islam Negeri (UIN) Terbaik di Indonesia"