Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Syarat Masuk Fakultas Kedokteran

Kuliah di Fakultas Kedokteran adalah impian bagi semua orang. Agar Anda dapat berkuliah kedokteran diharuskan memenuhi beberapa syarat Masuk Fakultas Kedokteran yang wajib dimiliki. Hal ini dikarenakan menjadi dokter harus memiliki beberapa skill yang nantinya membantu selama proses belajar di Universitas Kedokteran ataupun setelah terjun ke masyarakat.

Setelah Anda diterima di fakultas kedokteran yang diminati, nantinya Anda akan dituntut untuk dapat mengembangkan diri seperti pemahaman seputar kedokteran dan skill untuk berkomunikasi dengan orang lain. Hal ini penting karena sebagai dokter Anda akan dihadapkan untuk dapat berkomunikasi dengan pasien sehingga dapat mendiagnosis suatu penyakit.


Apa Saja Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia?

Kuliah Fakultas Kedokteran sama saja di setiap Universitas, mulai dari fakultas kedokteran negeri hingga swasta. Hal yang membedakan hanya pada biaya dan suasana kampus saja. Oleh karena itu, menjadi seorang dokter tidak penting dimananya akan tetapi bagaimana Anda mengembangkan diri menjadi dokter yang cekatan. Kami memberikan rekomendasi beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia bagi Anda yang ingin kuliah kedokteran.


Berapa Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran?

Kuliah kedokteran memerlukan waktu setidaknya 6 tahun termasuk pre-klinis dan klinis (koas) sebelum Anda resmi menjadi seorang dokter. Setelah itu Anda juga dihadapkan dengan tes UKMPPD dan dilanjutkan dengan Internship.


Apa Saja Syarat Kuliah di Fakultas Kedokteran?

Ada beberapa syarat yang harus dimiliki seperti memahami biologi dengan baik, memiliki skill berbahasa inggris, sehat jasmani dan rohani, dan beberapa syarat lainnya yang akan dibahas dibawah ini.


Syarat Masuk FK


Berikut 8 Syarat Masuk Fakultas Kedokteran

1. Memahami Bidang Biologi (Sains)

Selama menempuh pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Anda harus memiliki ketertarikan dengan pelajaran Sains. Jika Anda ingin kuliah kedokteran harus wajib mengambil studi IPA dikarenakan jika studi IPS tidak memiliki hubungan pelajaran sama sekali dengan Sains seperti Biologi, Fisika, Kimia, dan Matematika. Pelajaran Kedokteran tidak hanya sebatas biologi saja, melainkan harus memahami pelajaran sains yang lain dikarenakan untuk menentukan diagnosis penyakit seseorang harus tepat membuat keputusan seperti membuat resep obat, cara pemberian obat, dan perjalanan penyakit pasien.


2. Memiliki Nalar dan Logika Terstruktur

Menjadi seorang dokter harus memiliki kemampuan nalar yang baik, misalnya memahami bagaimana sistem pencernaan bekerja mulai dari makanan masuk hingga dapat diserap oleh tubuh ataupun mekanisme yang lain. Hal ini penting dikarenakan dokter harus tepat mendiagnosis penyakit pasien, apakah pasien tersebut memiliki keluhan di lambung, usus, ataupun di jantung. Dengan memiliki Nalar dan Logika yang terstruktur akan membuat Anda kelak menjadi dokter yang cekatan.


3. Memiliki Kemampuan Berbahasa Inggris yang Baik

Jika Anda berpikiran bahwa masuk fakultas kedokteran hanya pintar dalam bidang Sains aja maka itu adalah pikiran yang salah. Seorang dokter harus menguasai Bahasa Inggris dikarenakan selama proses belajar mengajar selama kuliah, Anda akan dihadapkan dengan banyaknya buku, kamus, ataupun jurnal yang ditulis dalam bahasa inggris. Maka sangat penting untuk berlatih bahasa inggris mulai dari sekarang. Adapun beberapa fakultas kedokteran yang mengharuskan calon mahasiswa baru untuk memiliki nilai TOEFL yang baik, disarankan memiliki nilai diatas 500. Jika Anda bingung tentang TOEFL, kami telah membuat artikel tentang bagaimana gambaran ujian TOEFL disini.


4. Memiliki Nilai Rapor yang Bagus

Memiliki nilai rapor yang bagus sangat berguna untuk membantu Anda dapat diterima di Fakultas Kedokteran yang diminati. Beberapa Fakultas Kedokteran di Indonesia menerima peserta didik melalui jalur SNMPTN. Nilai yang diambil seperti Biologi, Fisika, Matematika, Kimia, dan Bahasa Inggris yang dikumpulan dari semester 1 hingga semester 5 SMA. Sebelum Anda mendaftarkan diri melalui jalur SNMPTN, alangkah baiknya melihat passing grade di Universitas yang memiliki Fakultas kedokteran terlebih dahulu, hal ini diharapkan nilai yang Anda miliki dapat menembus passing grade sehingga dapat dinyatakan diterima di Fakultas Kedokteran yang diinginkan. Jika bingung memilih fakultas kedokteran yang memiliki persaingan yang rendah, kami telah membuat Artikel tentang Fakultas Kedokteran yang Sepi Peminat di Indonesia disini.


5. Aktif Dalam Masyarakat

Menjadi dokter tidak cukup hanya sebatas pintar saja, melainkan harus selalu aktif dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di masyarakat. Hal ini dikarenakan dokter dipandang lebih untuk menjadi seorang leader apalagi di daerah terpencil. Adapun contoh aktif disini seperti mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan, ikut dalam bakti sosial ataupun gotong royong, dan mengikuti acara masyarakat lainnya.


6. Memiliki Raga dan Jiwa yang Sehat

Menjadi seorang dokter tidak hanya pintar saja, melainkan harus memiliki tubuh yang sehat dan kejiwaan yang sehat juga. Selama Anda menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran waktu dan tenaga banyak akan dikuras. Hal ini biasanya membuat Anda merasa capek dan akhirnya akan jatuh sakit. Oleh karena itu, seorang dokter harus selalu menjaga kesehatan agar proses belajar di Fakultas Kedokteran akan berjalan dengan lancar.


7. Alumni SMA Jalur IPA

 Berdasarkan surat keputusan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) Nomor 21 A/KKI/KEP/IX/2006 mengatakan bahwa untuk masuk Fakultas Kedokteran harus menempuh pendidikan SMA Jalur IPA. Jika ada yang bertanya apakah jalur IPS dapat masuk di Fakultas Kedokteran? Jawabannya adalah kemungkinan kecil dapat diterima bahkan tidak bisa. Jadi, jika Anda berniat menjadi dokter mulailah untuk mendaftarkan diri di SMA jalur IPA.


8. Dapat Lolos Ujian Mandiri

Persyaratan terakhir adalah Anda harus lolos dalam seleksi ujian mandiri yang diadakan di Fakultas Kedokteran yang Anda minati. Jika Anda tidak lolos dalam seleksi SNMPTN maka hal selanjutnya yang Anda lakukan adalah mendaftarkan diri di Ujian Mandiri. Agar hasil Ujian Mandiri maksimal Anda bisa berlatih menjawab soal-soal tes tahun sebelumnya atau mengikuti bimbel khusus kedokteran yang tersedia di kota Anda.


Penutup

Itulah 8 Syarat Masuk Fakultas Kedokteran, jadi apakah Anda sudah mempersiapkan diri untuk masuk fakultas kedokteran? hal terpenting adalah jangan lupa untuk terus berusaha dan berdoa. Semoga Bermanfaat!!!

Posting Komentar untuk "8 Syarat Masuk Fakultas Kedokteran"