Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Syarat Masuk Kuliah Keperawatan

Terdapat beberapa syarat masuk kuliah keperawatan yang perlu Anda ketahui. Masuk di Fakultas Keperawatan merupakan cita-cita bagi Anda yang ingin menjadi seorang perawatn dan mendapatkan gelar S.Kep. Tapi perlu Anda tau bahwa masuk di fakultas keperawatan tidak semudah yang dipikirin. Jadi perlu pertimbangan yang matang sebelum memutuskan kuliah keperawatan. Disini Kami menulis 7 syarat masuk kuliah keperawatan bagi Anda yang ingin kuliah keperawatan.

7 Syarat Masuk Kuliah di Fakultas Keperawatan

7 Syarat Masuk fakultas Keperawatan

1. Melengkapi Dokumen Persyaratan

Persyaratan pertama yang harus di penuhi yaitu melengkapi dokumen untuk mendaftar kuliah. Setiap kampus memiliki syarat yang berbeda-beda tetapi secara umum sama yaitu melengkapi data diri. Jangan sampai ada syarat yang terlewat. Bagi Anda yang mendaftar melalui jalur rapot atau beasiswa dapat menambahkan sertifikat kejuaraan yang dimiliki. Hal ini dapat menjadi pertimbangan dan kesempatan besar untuk diterima.

2. Belajar untuk Menghadapi Tes

Syarat masuk kuliah keperawatan selanjutnya adalah belajar untuk menghadapi tes ujian masuk. Ada beberapa tips yang dapat dilakukan yaitu membuat jadwal belajar dan mencicil materi setiap harinya. Bila Anda ingin suasana yang berbeda ikutlah bimbingan belajar seperti GO dan sejenisnya. Disana Anda akan diajarkan materi seperti SBMPTN, SIMAK, dan lainnya. Belajar di bimbel akan mengasyikan karena Anda akan bertemu dengan teman baru dari berbagai macam daerah. Buatlah kelompok belajar bersama teman-teman dan mengerjakan soal-soal yang telah diberikan di bimbel. Diharapakan setelah ini Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal saat tes ujian masuk.

3. Carilah Universitas yang Memiliki Peluang Masuk Besar

Tidak dipungkiri lagi bahwa semua mahasiswa baru ingin masuk di Fakultas Keperawatan favorit. Akan tetapi, jumlah penerimaan mahasiswa tiap tahunnya tidak terlalu banyak bergantung dengan kuota masing-masing kampus. Hal ini membuat kita harus pintar dalam memilih kampus yang memiliki kesempatan lolos yang besar. Disarankan untuk semua calon mahasiswa baru yang ingin kuliah keperawatan terlebih dahulu mendaftar di kampus negeri. Banyak kelebihan yang didapatkan jika kuliah di negeri seperti biaya yang lebih murah. Jika tidak lolos di negeri, Anda dapat mempertimbangkan kuliah di swasta. Kampus swasta tidak kalah dengan negeri dalam hal pendidikan tetapi tidak dipungkiri lebih mahal. Jadi, buatlah daftar kampus yang ingin Anda tuju berdasarkan prioritas dan buatlah pilihan cadangan.

4. Mental Harus Siap

Mental merupakan hal penting yang harus dipersiapkan selanjutnya untuk menghadapi proses kuliah keperawatan. Ada beberapa perbedaan yang akan Anda hadapi nanti ketika sudah mulai belajar dan pratik. Di SMA biasanya pelajaran akan diberikan oleh guru kepada siswanya secara terus menerus sampai paham. Bedanya dengan kuliah nantinya Anda akan lebih banyak belajar secara mandiri dan membentuk kelompok belajar. Jadi mental perlu di siapkan sedini mungkin agar nantinya saat sudah masuk kuliah Anda tidak akan kaget menghadapi proses perkuliahan.

5. Mengatur Waktu

Kuliah di Fakultas Keperawatan membutuhkan waktu sekitar 4-6 tahun sampai lulus sampai mendapatkan gelar S.Kep. Selama masa kuliah penting untuk mengatur waktu dalam hal belajar sehingga nantinya Anda akan lulus tepat waktu. Banyak mahasiswa keperawatan yang membuang-buang waktu saat masa kuliah seperti tidak memprioritaskan belajar dan hanya bermain. Refreshing memang dibutuhkan untuk menyegarkan pikiran dari padatnya jadwal kuliah. Tetapi harus diingat bahwa ada tugas yang lebih penting untuk dikerjakan. Perlu ditanamkan didalam hati alasan kenapa Anda kuliah, ingatlah perjuangan orang tua yang mengharapakan anaknya untuk sukses dan menempuh pendidikan setinggi-tingginya. Jadi Management waktu dibutuhkan sehingga tidak ada tugas yang akan keteteran.

6. Memiliki Tubuh yang Sehat

Mahasiswa harus memiliki tubuh yang sehat untuk menghadapi proses perkuliahan di keperawatan. Hal ini mencakup kesehatan jasmani dan mental. Kebanyakan mahasiswa keperawatan tinggal sendiri di kos-kosan sehingga jarang makan makanan bergizi dan olahraga. Kurangi lah makanan instan dan perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi, sayur, dan buah-buahan. Olahraga minimal 1-3x seminggu agar tubuh tetap bugar. Ada beberapa pilihan olahraga untuk anak kos seperti jogging, futsal, bersepeda, basket, gym, dan sebagainya.

7.Berdoa dan Restu Orang Tua

Setelah semua hal diatas sudah dijalani maka terakhir adalah ikhlas dan berdoa kepada Tuhan. Semoga apa yang kita semua harapkan akan tercapai dan bisa lulus di fakultas keperawatan tepat waktu. Mintalah restu kepada orang tua agar semua jalan yang akan diambil dapat dilancarkan, Amin.

Itulah pembahasan mengenai 7 Syarat Masuk Kuliah Keperawatan, Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "7 Syarat Masuk Kuliah Keperawatan"