BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

7 Fakultas Keperawatan Terbaik di Bandung 2024

Bandung memiliki beberapa Universitas terbaik bagi Anda yang ingin kuliah Keperawatan. Fakultas Keperawatan di Bandung ada yang Negeri dan Swasta tergantung Anda berminat dimana. Menjadi seorang perawat merupakan impian yang mulia karena dapat bermanfaat dalam merawat pasien. Oleh karena itu selama menempuh pendidikan di kampus harus serius dalam belajar dan praktik di pelayanan kesehatan. Kami juga merekomendasikan beberapa Fakultas Keperawatan Terbaik di Indonesia disini.


Berapa Lama Kuliah Keperawatan

Menempuh pendidikan keperawatan membutuhkan waktu yang lumayan lama dan tergantung jenis jenjang yang diambil seperti Sertifikasi 9 bulan - 1,5 tahun, Diploma 2,5 tahun, Sarjana (S1) 3 - 4 tahun, dan Magister (S2) 1 - 2 tahun. Kami telah membuat Artikel tentang Berapa Lama Kuliah S1 Keperawatan disini.

Syarat Masuk Kuliah Keperawatan

Syarat untuk dapat kuliah Keperawatan di Indonesia berbeda-beda sesuai dengan kebijakan Universitas masing-masing. Oleh karena itu, periksalah daftar persyaratan yang dibutuhkan agar dapat masuk di Universitas yang diingkan. Beberapa syarat pada umumnya meliputi Warga Negara Indonesia, Dasar Pendidikan, Umur maksimal saat ini 24 tahun, Foto copy ijazah/STTB yang telah dilegalisir atau surat keterangan lulus dari sekolah, Foto copy NEM yang telah dilegalisir, Pas foto berwarna terbaru (6 buah terakhir) ukuran 4 X 6 (5 lbr), Foto copy KTP, Tinggi badan minimal. Kami telah membuat Syarat Masuk Kuliah Keperawatan disini.

Berapa Biaya Kuliah Keperawatan

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan keperawatan bervariasi disetiap Universitas. Faktor - faktor yang membedakan seperti lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan, dan spesialisasi jurusan. Biaya yang butuhkan sekitar Rp85.000.000 - Rp300.000.000 untuk kuliah di Keperawatan Indonesia.

Apa Saja Jurusan Keperawatan

Keperawatan di Indonesia memiliki beberapa jurusan tergantung dari peminat seperti Ilmu Keperawatan, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas, dan sebagainya.

Apa Gelar S1 Keperawatan

Setelah lulus Program Studi S1 Keperawatan nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep). Bagi Anda yang baru lulus D3 Keperawatan dapat mengambil program S1 Keperawatan agar mendapatkan gelar tersebut.

Apakah S1 Keperawatan Bisa Langsung Kerja

Lulus S1 Keperawatan dapat langsung mendaftar diri untuk kerja misalnya di rumah sakit atau layanan kesehatan. Akan tetapi, S1 Keperawatan harus mengambil program profesi Ners terlebih dahulu.

Apa Saja Pelajaran D3 Keperawatan 

Jurusan D3 Keperawatan lebih fokus kepada praktik keperawatan dibandingkan S1 Keperawatan yang lebih kearah pendalaman teori dan praktik. Adapaun beberapa materi yang dipelajari D3 Keperawatan meiputi pemenuhan kebutuhan dasar manusia, meliputi biologi, psikologi, sosiologi, spiritual, dan kultural.

Lulusan D3 Keperawatan jadi Apa

D3 Keperawatan setelah lulus dapat bekerja di insitusi keperawatan seperti puskesmas, rumah sakit, poliklinik umum, dan sebagainya. Untuk memperoleh gelar D3 Keperawatan dapat kuliah di Akademi Keperawatan (Akper).

Apa Perbedaan D3 dan S1 Keperawatan

Perbedaan S1 dan D3 Keperawatan terletak di sistem pembelajaran. D3 Keperawatan lebih fokus ke praktik sedangkan S1 Keperawatan mempelajari banyak hal meliputi teori dan praktik. Gelar yang didapat juga berbeda, S1 Keperawatan mendapatkan gelar S.Kep (Sarjana Keperawatan) sedangkan D3 Keperawatan mendapatkan gelar Amd (Ahli Madya).

Apakah Lulusan SMK Dapat Masuk Keperawatan

Sejak terciptanya Undang-Undang no.36 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kesehatan SMK Keperawatan dapat dilakukan di pelayanan kesehatan atau disebut Asisten Tenaga Kesehatan. SMK Kesehatan memiliki minat yang cukup tinggi, beberapa program studi yang tersedia meliputi jurusan keperawatan, analis kesehatan, dan farmasi.

Apakah Jurusan IPS Dapat Masuk Keperawatan

Tidak semua Universitas di Indonesia dapat menerima lulusan IPS. Akan tetapi, terdapat beberapa kampus yang menerima jurusan IPS seperti Universitas Indonesia. Jadi jangan khawatir bagi Anda yang sedang mengambil jurusan IPS tapi ingin kuliah di Keperawatan.

Daftar 7 Fakultas Keperawaran Terbaik di Bandung


1. Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran

Keperawatan UNPAD
Universitas Padjadjaran merupakan kampus terbaik di Bandung yang memiliki program Studi S1 Keperawatan. Unpad memilik pendaftar calon mahasiswa baru yang terus meningkat tiap tahun. Keperawatan Unpad berlokasi di Jl. Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363, Indonesia.

Keperawatan Unpad pada saat ini sudah mendapatkan Akreditasi AKeperawatan Unpad memiliki visi menjadi pusat kajian ilmu dan pengembangan profesi keperawatan dengan keunggulan pada bidang keperawatan paliatif secara holistik dan terintegrasi untuk peningkatan kualitas hidup manusia.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan Unpad berdasarkan UKT mulai dari Rp500.00 - Rp8.000.000.

2. Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan Universitas Jenderal A. Yani

FITKes UNJANI
Fakultas Ilmu dan Teknologi Kesehatan Universitas Jenderal A. Yani atau disingkat FITKes Unjani merupakan pilihan lain di Bandung bagi yang ingin kuliah S1 Keperawatan. Keperawatan Unjani berlokasi di Jl. Terusan Jend. Sudirman, Cibeber, Kec. Cimahi Sel., Kota Cimahi, Jawa Barat 40531, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0314/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2020 bahwa S1 Keperawatan Unjani sudah mendapatkan Akreditasi AKeperawatan Unjani memiliki visi Menjadi program studi yang menghasilkan program studi Ilmu Keperawatan tahap akademik dan tahap Ners Profesional, disiplin, memiliki jiwa kebangsaan, kewirausahaan, dan unggul dibidang keperawatan komplementer dalam skala nasional dan global.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan S1 Keperawatan di FITKes Unjani yaitu BPP sekitar RP3.300.000 per semester.

3. Poltekkes Kemenkes Bandung

Poltekkes Bandung
Poltekkes Kemenkes Bandung merupakan Institusi di Bandung yang memiliki program studi D3 Keperawatan dan Program Profesi Ners. Poltekkes Kemenkes Bandung berlokasi di Jl. Pajajaran No.56, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171, Indonesia.

Program Studi D3 Keperawatan Poltekkes Kemenkes Bandung berdasarakn keputusan LAM-PTKes telah mendapatkan Akreditasi A. Keperawatan Poltekkes Kemenkes Bandung memiliki visi Menjadi program studi D III Keperawatan yang mampu bersaing secara nasional berfokus pada pelayanan preventif dan promotif pada seluruh tatanan pelayanan kesehatan dengan dilandasi nilai luhur Pancasila.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan di Poltekkes Kemenkes Bandung berkisar Rp5.000.000 per semester.

4. Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Jawa Barat

STIKes PPNI JABAR
Sekolah Tinggi Ilmu Keperawatan PPNI Jawa Barat atau disebut STIKEP PPNI JABAR merupakan salah satu pilihan bagi Anda yang ingin kuliah D3 Keperawatan atau S1 Keperawatan di Bandung. STIKep PPNI Jawa Barat berlokasi di Jl. Mahmud No.34, Pamoyanan, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40173, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0523/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2019 bahwa Program Studi S1 Keperawatan Stikep PPNI Jawa Barat mendapatkan Akreditasi B. Stkeip PPNI Jawa Barat memiliki visi Menjadi program pendidikan vokasi yang unggul dibidang Keperawatan Medikal Bedah tingkat nasional.

5. Universitas ‘Aisyiyah Bandung

Universitas ‘Aisyiyah Bandung
Universitas 'Aisyiyah Bandung atau disingkat Unisa Bandung adalah kampus yang memiliki program studi S1 Keperawatan. Universitas 'Aisyiyah Bandung berlokasi di Jl. K.H. Ahmad Dahlan Dalam No.6, Turangga, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40264, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0021/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/2016 bahwa Program Studi S1 Keperawatan Universitas 'Aisyiyah Bandung mendapatkan Akrediyasi B. Keperawatan 'Aisyiyah Bandung memiliki visi Menjadi Program Studi Ners yang Unggul dalam Bidang Keperawatan Spiritual Muslim di Tingkat Nasional.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh Pendidikan S1 Keperawatan di Universitas Aisyiyah Bandung dengan total pembayaran Rp14.600.000.

6. Institut Kesehatan Rajawali

STIKes Rajawali
Institut Kesehatan Rajawali merupakan kampus yang memiliki program studi S1 Keperawatan dan memiliki keunggulan dalam perawatan klinis. Keperawatan Rajawali berlokasi di Jl. Rajawali Barat No.73, Maleber, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40184, Indonesia.

S1 Keperawatan STIKes Rajawali sudah mendapatkan Akreditasi B dan memiliki visi Menjadi fakultas yang unggul dalam menyelenggarakan pendidikan bidang keperawatan yang berkualitas dan berdaya saing Nasional. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh Pendidikan S1 Keperawatan di STIKes Rajawali sebesar Rp1.000.000 per bulan (BPP).

7. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel Bandung

STIKes Immanuel
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Immanuel Bandung atau disingkat STIKes Immanuel adalah perguruan tinggi yang memiliki program studi S1 Keperawatan dan dipimpin oleh Yayasan Perguruan Tinggi GKP. Stikes Immanuel berlokasi di Jl. Raya Kopo No.161, Situsaeur, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40232, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.LAM-PTKes No: 0054/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2020 bahwa Program Studi S1 Keperawatan STIKes Immanuel mendapatkan Akreditasi B. STIKes Immanuel memiliki visi Menjadi Program Studi Kepererawatan yang menghasilkan ners profesional berwawasan global berkarakter unggul berfokus pada perawatan penyakit kronis berlandaskan nilai-nilai kristiani.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan S1 Keperawatan STIKes Immanuel berkisar Rp10.000.000.


Itulah informasi mengenai 7 Fakultas Keperawatan Terbaik di Bandung, Semoga Bermanfaat!

1Komentar

sdn cibabat 5 mengatakan…
terima kasih informasinya.. kunjungi website sekolah sdn cibabat5