BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

5 Jurusan Farmasi Terbaik di Bandung 2024

Bandung merupakan salah satu kota yang memiliki jurusan farmasi terbaik di Indonesia. Kuliah Farmasi cukup populer karena memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari kampus yang cocok untuk kuliah, disini kami merekomendasikan beberapa universitas terbaik di Bandung yang memiliki jurusan farmasi.


Berapa Lama Kuliah Jurusan Farmasi?

Kuliah Jurusan Farmasi membutuhkan waktu sekitar 3,5 - 4 tahun sampai mendapatkan gelar Sarjana Farmasi. Selanjutnya, lulusan S1 dapat mengikuti Pendidikan Profesi Apoteker selama satu tahun untuk mendapatkan gelar Apt dan siap menjadi Apoteker. Kami telah membuat Artikel tentang Berapa Lama Kuliah Jurusan Farmasi disini.

Apa Syarat Masuk Jurusan Farmasi?

Masuk jurusan farmasi membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat kuliah. Syarat-syarat tersebut meliputi lulusan IPA, Lolos seleksi ujian masuk, melengkapi dokumen dan beberapa Syarat lainnya. Agar lebih jelasnya. Kami telah membuat Artikel tentang 7 Syarat Masuk Jurusan Farmasi disini.

Apa Prospek Kerja Jurusan Farmasi?

Lulusan Farmasi nantinya akan bekerja sebagai Apoteker setelah mengambil jurusan farmasi. Juruasan Farmasi juga dapat bekerja di laboratorium, rumah sakit, dan perusahaan seperti BPOM, perusahaan makanan, dan obat-obatan.

5 Jurusan Farmasi Terbaik di Bandung

farmasi di bandung

1. Universitas Padjadjaran (Unpad)

farmasi unpad

Jurusan Farmasi Universitas Padjadjaran atau disingkat Unpad merupakan salah satu kampus terbaik yang dimiliki Bandung saat ini. Farmasi Unpad berlokasi di Hegarmanah, Kec. Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat 45363, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan no.0593/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2017 bahwa Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Padjadjaran Bandung mendapatkan Akreditasi A. Farmasi Unpad memiliki visi Menjadi Program Studi Sarjana Farmasi Bereputasi Dunia dan Berperan Dalam Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat.

Biaya yang dibayarkan untuk jalur mandiri di farmasi Unpad yaitu Rp75.000.000 (DP) dan Rp12.000.000 (UKT).

2. Universitas Islam Bandung (Unisba)

farmasi unisba

Jurusan Farmasi Universitas Islam Bandung adalah pilihan lainnya bagi Anda yang ingin kuliah farmasi di Bandung. Farmasi Uniba berlokasi di Jl. Ranggagading No.8, Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputuasan LAM-PTKes no.0227/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2015 bahwa Program Studi Farmasi Universitas Islam Bandung mendapatkan Akreditasi B. Farmasi Unisba memiliki visi Menjadi Program Studi Farmasi yang berorientasi pada bahan alam berdasarkan nilai-nilai Islam dan terkemuka di ASEAN pada tahun 2030.

Biaya kuliah Program Studi Farmasi di Unisba yaitu Rp5.650.000 (IPU 2x cicilan), Rp4.000.000 (IPF), Rp5.175.000 (IKT), Rp200.000 (ISKA).

3. Institut Teknologi Bandung (ITB)

farmasi itb

Sekolah Farmasi ITB memiliki jumlah peminat yang cukup banyak dikarenakan termasuk kedalam salah satu kampus favorit di Bandung. Farmasi ITB berlokasi di Institut Teknologi Bandung Labtek 7, Jl. Ganesa No.10, Lb. Siliwangi, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT no.001/BAN-PT/Ak-II/PSPA/X/2012 bahwa Program Studi Profesi Apoteker (PSPA) SF ITB mendapatkan Akreditasi A. Sekolah Farmasi ITB memiliki visi Menjadi lembaga pendidikan tinggi farmasi yang unggul, bermartabat dan memandu perubahan dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di tingkat nasional dan internasional yang berorientasi pada peningkatan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Biaya yang dikeluarkan untuk menempuh kuliah farmasi ITB yaitu Rp25.000.000 untuk UKT.

4. Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia (STFI)

farmasi STFI

Jurusan Farmasi selanjutnya adalah Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia atau dikenal dengan sebutan STFI. Farmasi STFI berlokasi di Jl. Soekarno Hatta No.354, Batununggal, Kec. Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40266, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0158/LAM-PTKes/Akr/Sar/XI/2015 bahwa Program Studi S1 Farmasi Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia mendapatkan Akreditasi B. Farmasi STFI memiliki visi yaitu Menjadi perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang unggul dan inovatif dalam bidang pengembangan bahan baku dan sediaan farmasi berbasis bahan alam Indonesia pada tahun 2030.

Biaya kuliah di Sekolah Tinggi Farmasi Indonesia tergantung dari kelas yang dipilih seperti kelas pagi dan sore. Untuk di setiap semester berbeda-beda mulai dari Rp12.000.000 - Rp20.000.000.

5. Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung (Poltekkes)

farmasi poltekkes bandung

Terakhir Jurusan Farmasi yang kami rekomendasikan adalah Poltekkes Bandung. Kampus ini cukup populer di Bandung dan mendapatkan pendaftar calon mahasiswa baru yang tinggi. Poltekkes Bandung berlokasi di Jl. Pajajaran No.56, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat 40171, Indonesia.

DIII Farmasi di Poltekkes Bandung sudah mendapatkan Akreditasi B. Poltekkes Bandung memiliki visi Menjadi Program Studi Farmasi jenjang DIII yang unggul dan bermutu dengan komitmen terhadap lulusan yang siap memasuki dunia kerja. Biaya yang dibutuhkan persemesternya yaitu sekitr Rp5.600.000.

Itulah pembahasan mengenai 5 Jurusan Farmasi Terbaik di Bandung, Semoga Bermanfaat!