BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

7 Jurusan Farmasi Terbaik di Jakarta 2024

Jakarta memiliki beberapa Universitas Terbaik di Indonesia yang memiliki jurusan farmasi. Kuliah Farmasi di Jakarta memiliki peminat yang lumayan tinggi dikarenakan lokasi berada di Ibukota. Disini Kami merekomendasikan beberapa pilihan yang dapat dicoba bagi Anda yang ingin kuliah farmasi.


Berapa Lama Kuliah Jurusan Farmasi?

Kuliah Jurusan Farmasi membutuhkan waktu sekitar 3,5 - 4 tahun sampai mendapatkan gelar Sarjana Farmasi. Selanjutnya, lulusan S1 dapat mengikuti Pendidikan Profesi Apoteker selama satu tahun untuk mendapatkan gelar Apt dan siap menjadi Apoteker. Kami telah membuat Artikel tentang Berapa Lama Kuliah Jurusan Farmasi disini.

Apa Syarat Masuk Jurusan Farmasi?

Masuk jurusan farmasi membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat kuliah. Syarat-syarat tersebut meliputi lulusan IPA, Lolos seleksi ujian masuk, melengkapi dokumen dan beberapa Syarat lainnya. Agar lebih jelasnya. Kami telah membuat Artikel tentang 7 Syarat Masuk Jurusan Farmasi disini.

Apa Prospek Kerja Jurusan Farmasi?

Lulusan Farmasi nantinya akan bekerja sebagai Apoteker setelah mengambil jurusan farmasi. Juruasan Farmasi juga dapat bekerja di laboratorium, rumah sakit, dan perusahaan seperti BPOM, perusahaan makanan, dan obat-obatan.

5 Jurusan Farmasi Terbaik di Jakarta

farmasi di jakarta

1. Universitas Indonesia (UI)

farmasi ui

Jurusan Farmasi Universitas Indonesia merupakan salah satu kampus terbaik di Indonesia ini yang memiliki Program Studi Farmasi. Farmasi UI berlokasi Gedung Pascasarjana FEB UI, Jl. Prof. DR. Mahar Mardjono, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16424, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0195/LAM-PTKes/Akr/Sar/X/2020 bahwa Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Indonesia mendapatkan Akreditasi Unggul. Farmasi UI memiliki visi Menjadi Program Studi Sarjana Farmasi yang unggul dan terkemuka di tingkat nasional dan regional pada tahun 2019.

Biaya yang diberikan kepada mahasiswa Farmasi UI yaitu berkisar Rp100.000 - Rp7.500.000 untuk BOP-B (Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan).

2. Universitas Pancasila (UP)

farmasi ffup
Jurusan Farmasi Universitas Pancasila merupakan salah satu kampus farmasi tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak 1961. Farmasi FFUP berlokasi di Jl. Srengseng Sawah, RT.5/RW.5, Srengseng Sawah, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12640, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional no.015/BAN-PT/Ak-VII/2003 bahwa Jurusan Farmasi Universitas Pancasila Terakreditasi A dan memiliki visi Menjadi Program Studi Farmasi Strata 1 unggulan bertaraf  internasional berdasarkan nilai nilai luhur Pancasila.

Biaya S1 Farmasi berbeda-beda persemesternya mulai dari Rp11.050.000 - Rp26.750.000. Sedangkan D3 Farmasi mulai dari Rp0 - Rp13.325.000.

3. Farmasi dan SAINS UHAMKA

Jurusan Farmasi dan SAINS UHAMKA
Jurusan Farmasi dan SAINS UHAMKA tiap tahunnya mengalami peningkatan jumlah pendaftar calon mahasiswa baru karena termasuk salah satu kampus favorit di Jakarta. Farmasi UHAMKA berlokasi di Jl. Delima II Gg. 4, RT.9/RW.3, Malaka Sari, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13460, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputuasan BAN-PT no.795/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2015 bahwa Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka sudah mendapatkan Akreditasi B. Farmasi UHAMKAa memiliki visi Menghasilkan sarjana farmasi yang memiliki kecerdasan spiritual, intelektual, emosional, dan sosial berkemajuan berlandaskan nilai-nilai prophetic teaching.

Biaya yang diberikan untuk menemuh S1 Famasi yaitu sekitar Rp11.333.000 per semester.

4. Politeknik Hang Tuah Jakarta

Politeknik Hang Tuah Jakarta
Politeknik Hang Tuah Jakarta adalah salah satu kampus yang cukup populer di Jakarta bagi calon mahasiswa baru yang ingin kuliah Farmasi. Politeknik Hang Tuah Jakarta berlokasi di Jl. Bendungan Hilir, RT.12/RW.6, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10210, Indonesia.

Visi Misi dari Politeknik Hang Tuah Jakarta yaitu  Menjadi Program studi Farmasi yang kompeten di bidangnya berbasis intelektualitas, inovasi dan kewirausahaan yang unggul serta mampu bersaing secara global, di bawah Politeknik Hangtuah Jakarta.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan IKIFA
STIKES IKIFA adalah pilihan selanjutnya untuk kampus yang memiliki program studi farmasi di Jakarta. STIKES IKIFA berlokasi di Jl. Buaran 2 No.30 A, RT.10/RW.13, Klender, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13470, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.02411/LAM-PTKes/Akr/Dip/IV/2017 bahwa Program Studi Diploma Tiga Farmasi, Akademi Farmasi Institut Kejuruan Ilmu Farmasi sudah mendapatkan Akreditasi B. Farmasi IKIFA memiliki visi Menghasilkan Sarjana Farmasi yang unggul ditingkat nasional dalam bidang pekerjaan kefarmasian berlandaskan akhlak mulia dan IPTEKS.

Uang kuliah di Farmasi IKIFA untuk Uang Kuliah sekitar Rp600.000 dan biaya lainnya.

6. Akademi Farmasi Mahadhika

Akademi Farmasi Mahadhika

Jurusan Farmasi selanjutnya adalah Akademi Farmasi Mahadhika yang menjadi banyak calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di juruasan Farmasi. Farmasi Mahadhika berlokasi di Jl. Suci No.9A, RT.1/RW.4, Susukan, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13540, Indonesia.

Berdasarkan Surat keputusan LAM-PTKes no.0731/LAM-PTKes/Akr/Dip/VII/2016 bahwa bahwa Program Studi Diploma Tiga Farmasi, Akademi Farmasi Mahadhika mendapatkan Akreditasi C dan memiliki visi Menjadi Akademi Farmasi yang menghasilkan tenaga farmasi yang berkompeten. Biaya Semester Akademi Farmasi Mahadhika sebesar Rp6.000.000 dan rincian biaya lainnya.

7. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamina Bina Medika

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamina Bina Medika

Jurusan Farmasi terakhir yang direkomendasikan adalah STIKES Pertamina Bina Medika yang berlokasi di Jl. Bintaro Raya Jl. Tanah Kusir No.10, RT.4/RW.10, Kby. Lama Utara, Kec. Kby. Lama, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12240, Indonesia.

Farmasi Pertamedika memiliki visi Menjadi Program Studi  D3 Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi terkemuka dalam bidang Radiodiagnostik utamanya pelayanan Radiografi konvensional yang unggul dan mandiri untuk dapat bersaing di tingkat Nasional melalui proses Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dalam Layanan Profesional Ramah Ikhlas Mutu dan Antusias (La-Prima).

Itulah pembahasan mengenai 7 Jurusan Farmasi Terbaik di Jakarta, Semoga Bermanfaat!