Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakultas Keperawatan Terbaik di Bali

Bali memiliki beberapa Universitas terbaik bagi Anda yang ingin kuliah Keperawatan. Fakultas Keperawatan di Bali ada yang Negeri dan Swasta tergantung Anda berminat dimana. Menjadi seorang perawat merupakan impian yang mulia karena dapat bermanfaat dalam merawat pasien. Oleh karena itu selama menempuh pendidikan di kampus harus serius dalam belajar dan praktik di pelayanan kesehatan.


Berapa Lama Kuliah Keperawatan

Menempuh pendidikan keperawatan membutuhkan waktu yang lumayan lama dan tergantung jenis jenjang yang diambil seperti Sertifikasi 9 bulan - 1,5 tahun, Diploma 2,5 tahun, Sarjana (S1) 3 - 4 tahun, dan Magister (S2) 1 - 2 tahun.

Syarat Masuk Kuliah Keperawatan

Syarat untuk dapat kuliah Keperawatan di Indonesia berbeda-beda sesuai dengan kebijakan Universitas masing-masing. Oleh karena itu, periksalah daftar persyaratan yang dibutuhkan agar dapat masuk di Universitas yang diingkan. Beberapa syarat pada umumnya meliputi Warga Negara Indonesia, Dasar Pendidikan, Umur maksimal saat ini 24 tahun, Foto copy ijazah/STTB yang telah dilegalisir atau surat keterangan lulus dari sekolah, Foto copy NEM yang telah dilegalisir, Pas foto berwarna terbaru (6 buah terakhir) ukuran 4 X 6 (5 lbr), Foto copy KTP, Tinggi badan minimal

Berapa Biaya Kuliah Keperawatan

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan keperawatan bervariasi disetiap Universitas. Faktor - faktor yang membedakan seperti lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan, dan spesialisasi jurusan. Biaya yang butuhkan sekitar Rp85.000.000 - Rp300.000.000 untuk kuliah di Keperawatan Indonesia.

Apa Saja Jurusan Keperawatan

Keperawatan di Indonesia memiliki beberapa jurusan tergantung dari peminat seperti Ilmu Keperawatan, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas, dan sebagainya.

Apa Gelar S1 Keperawatan

Setelah lulus Program Studi S1 Keperawatan nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep). Bagi Anda yang baru lulus D3 Keperawatan dapat mengambil program S1 Keperawatan agar mendapatkan gelar tersebut.

Apakah S1 Keperawatan Bisa Langsung Kerja

Lulus S1 Keperawatan dapat langsung mendaftar diri untuk kerja misalnya di rumah sakit atau layanan kesehatan. Akan tetapi, S1 Keperawatan harus mengambil program profesi Ners terlebih dahulu.

Apa Saja Pelajaran D3 Keperawatan 

Jurusan D3 Keperawatan lebih fokus kepada praktik keperawatan dibandingkan S1 Keperawatan yang lebih kearah pendalaman teori dan praktik. Adapaun beberapa materi yang dipelajari D3 Keperawatan meiputi pemenuhan kebutuhan dasar manusia, meliputi biologi, psikologi, sosiologi, spiritual, dan kultural.

Lulusan D3 Keperawatan jadi Apa

D3 Keperawatan setelah lulus dapat bekerja di insitusi keperawatan seperti puskesmas, rumah sakit, poliklinik umum, dan sebagainya. Untuk memperoleh gelar D3 Keperawatan dapat kuliah di Akademi Keperawatan (Akper).

Apa Perbedaan D3 dan S1 Keperawatan

Perbedaan S1 dan D3 Keperawatan terletak di sistem pembelajaran. D3 Keperawatan lebih fokus ke praktik sedangkan S1 Keperawatan mempelajari banyak hal meliputi teori dan praktik. Gelar yang didapat juga berbeda, S1 Keperawatan mendapatkan gelar S.Kep (Sarjana Keperawatan) sedangkan D3 Keperawatan mendapatkan gelar Amd (Ahli Madya).

Apakah Lulusan SMK Dapat Masuk Keperawatan

Sejak terciptanya Undang-Undang no.36 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kesehatan SMK Keperawatan dapat dilakukan di pelayanan kesehatan atau disebut Asisten Tenaga Kesehatan. SMK Kesehatan memiliki minat yang cukup tinggi, beberapa program studi yang tersedia meliputi jurusan keperawatan, analis kesehatan, dan farmasi.

Apakah Jurusan IPS Dapat Masuk Keperawatan

Tidak semua Universitas di Indonesia dapat menerima lulusan IPS. Akan tetapi, terdapat beberapa kampus yang menerima jurusan IPS seperti Universitas Indonesia. Jadi jangan khawatir bagi Anda yang sedang mengambil jurusan IPS tapi ingin kuliah di Keperawatan.

Daftar 5 Fakultas Keperawatan Terbaik di Bali

Keperawatan di Bali

1. Ilmu Keperawatan Universitas Udayana

Ilmu Keperawatan Universitas Udayana
Fakultas Kedokteran Program Studi Ilmu Keperawatan merupakan pilihan program kuliah terbaik di Pulau Bali bagi Anda yang ingin menjadi perawat. Ilmu Keperawatan Unud berlokasi di Kampus Bukit, Jl. Raya Kampus Unud Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361, Indonesia. Ilmu Keperawatan Unud sudah mendapatkan Akreditasi Baik Sekali dan memiliki visi Menjadi Pusat Pendidikan Keperawatan yang Menghasilkan Lulusan Unggul, Mandiri, dan Berbudaya serta Mempunyai Daya  Saing di Tingkat Regional, Nasional, dan Global. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh Prodi Ilmu Keperawatan di Universitas Udayana berdasarkan golongan UKT mulai dari Rp500.000 - Rp9.700.000.

2. Poltekkes Denpasar

Poltekkes Denpasar
Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Denpasar merupakan perguruan tinggi negeri  yang berada di kota Denpasar. Jurusan di Poltekkes Denpasar terdiri dari Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Gigi, Gizi, Kesehatan Lingkungan, dan Analis Kesehatan. Poltekkes Denpasar berlokasi di Jl. Sanitasi No.1, Sidakarya, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80224, Indonesia. D3 Keperawatan dan S1 Sarjana Terapan Poltekkes Denpasar sudah mendapatkan Akreditasi B dan memiliki visi Menjadi Perguruan Tinggi Kesehatan yang Bermutu, Profesional, Kompetitif, Berbudaya dan Berwawasan Pariwisata. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh Prodi D3 Keperawatan Poltekkes Denpasar yaitu Rp4.300.000 per semester.


3. ITEKES BALI

ITEKES BALI
Institut Teknologi dan Kesehatan Bali merupakan pilihan selanjutnya bagi Anda yang ingin kuliah S1 Keperawatan di Denpasar. ITEKES Bali berlokasi di Jl. Tukad Pakerisan No.90, Panjer, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali 80225, Indonesia. ITEKES Bali sudah mendapatkan Akreditasi B dari BAN-PT dan memiliki visi Menjadi Program Pendidikan Profesi Ners yang sehat, unggul dalam keperawatan komunitas dan berdaya saing Internasional dengan berlandaskan budaya. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan di ITEKES Bali berdasarkan SPP yaitu Rp5.500.000 per semester.


4. STIKES WIRA MEDIKA BALI

STIKES WIRA MEDIKA BALI
Stikes Wira Medika merupakan universitas di Bali yang memiliki minat calon mahasiswa baru yang lumayan tinggi untuk kuliah S1 Keperawatan. Stikes Wira Medika berlokasi di Jl. Kecak No.9A, Tonja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80239, Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT nop.3256/SK/BAN-PT/Akred/PT/IX/2017 bahwa Stikes Wira Medika sudah mendapatkan Akreditasi B. Visi Stikes Wira Medika Bali menjadi Pusat pendidikan kesehatan yang profesional dan memiliki daya saing ditingkat nasional dan global. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan Stikes Wira Medika berdasarkan semester sekitar Rp9.500.000.

5. STIKES KESDAM IX/UDAYANA

STIKES KESDAM IX/UDAYANA
Stikes Kesdam IX/Udayana adalah rekomendasi terakhir bagi Anda yang ingin kuliah D3 Keperawatan di Bali. Stikes Kesdam IX/Udayana berlokasi di Jl. Taman Kanak-Kanak Kartika, Dauh Puri, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali 80232, Indonesia. D3 Keperawatan Stikes Kesdam IX/Udayana memiliki Akreditasi C dan memiliki visi Menjadi perguruan tinggi unggul dalam menghasilkan tenaga kesehatan bergerak yang profesional, mandiri, berkarakter, dan berdaya saing global. Biaya yang diberikan oleh Stikes Kesdam IX/Udayana sekitar Rp. 5.000.000 per semester.

Itulah pembahasan mengenai 5 Fakultas Keperawatan Terbaik di Bali, Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "5 Fakultas Keperawatan Terbaik di Bali"