BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

10 Fakultas Kedokteran Terbaik di Prancis

Prancis merupakan salah satu negara yang punyai fakultas kedokteran terbaik di dunia. Dikenal dengan sebutan "Kota Mode" ini membuat Prancis jadi pusat tempat rekreasi serta pendidikan yang paling tenar. Banyak orang-orang yang pengin datang ke Prancis buat berlibur akan tetapi juga ada yang pengin tempuh pendidikan di sini. Kedokteran Prancis tak boleh disangsikan kembali, tiap tahun kedokteran Prancis miliki tingkat animo yang begitu tinggi serta cetak calon dokter dengan kwalitas yang bagus.

Buat Anda yang ketarik kuliah kedokteran di Prancis kami berikan sejumlah daftar kedokteran yang jadi yang diutamakan atau dapat dikatakan benar-benar termasyhur di Prancis. Anda bisa cari kabar berkenaan kuliah kedokteran di luar negeri mulai saat ini, masalah ini karena banyak sekali kriteria yang penting Anda tuntaskan sebelumnya bisa mendaftarkan diri di Kedokteran Prancis. Sesudah Anda lulus SMA mulai untuk menyediakan diri hadapi bermacam jenis ujian masuk, Anda bisa latihan menjawab sejumlah soal SBMPTN ataupu ikuti bimbel khusus kedokteran, maka hasil yang diterima lebih maksimum.

Daftar 10 Fakultas Kedokteran Terbaik di Prancis

10 Fakultas Kedokteran Terbaik di Prancis

1. Sorbonne Universite Faculty of Medicine

Sesuai US News Rankings, Sorbonne memegang perbedaan memiliki sekolah kedokteran peringkat teratas di Prancis. Didirikan pada tahun 1257 sebagai College de Sorbonne, ini adalah hasil penggabungan 2018 antara Universitas Paris-Sorbonne, Universitas Pierre et Marie Curie, dan sekolah-sekolah kecil lainnya.

Salah satu dari 3 departemennya adalah Fakultas Kedokteran yang terkenal di dunia, yang merupakan rumah bagi banyak peraih Nobel dan banyak lagi dokter yang terhormat. Sebuah pembangkit tenaga dalam Kedokteran, terus peringkat tinggi di bidang Biologi, Biokimia, Kedokteran Jantung, Imunologi, Biologi Molekuler dan Genetika, Neuroscience, Onkologi, Farmakologi dan Toksikologi, Psikiatri, dan Bedah.

Sorbonne juga dikenal dengan penelitian Kedokteran Klinisnya, dengan makalahnya termasuk dalam 1% jurnal teratas yang paling banyak dikutip di dunia.

Siswa Sorbonne dapat dirotasi di salah satu dari dua rumah sakit pendidikannya, yaitu Rumah Sakit Pitié-Salpêtrière dan Hôpital Saint-Antoine.

2. Université de Paris – Paris Diderot University Faculty of Medicine

Université de Paris adalah universitas negeri, hasil penggabungan 2019 antara universitas Paris Descartes dan Paris Diderot. Itu berada di bawah Universite Sorbonne Paris Cite-USPC (ComUE), sebuah organisasi dari 14 lembaga pendidikan Prancis.

Salah satu departemen yang paling menonjol adalah Fakultas Kedokteran, yang berada di bawah Fakultas Kesehatan. Ini berfungsi sebagai sisa dari salah satu universitas gabungan - Paris Diderot.

Seperti kebanyakan sekolah, calon dokter harus menyelesaikan 3 siklus studi di Paris Diderot untuk mendapatkan diploma Kedokteran.

Sekolah kedokteran di Prancis ini memiliki beberapa rumah sakit pendidikan, termasuk Lariboisière, yang dibangun pada abad ke-19 sebagai tanggapan atas pandemi kolera kedua.

3. Université Paris-Sud – University of Paris-Saclay MMOP Health Studies

Paris-Sud adalah universitas riset yang memiliki 5 kampus di Paris Selatan. Didirikan pada tahun 1971, institusi tersebut telah diubah namanya menjadi Universitas Paris-Saclay pada tahun 2020 ini.

Paris-Sud adalah institusi yang terkenal dengan program sainsnya, termasuk kedokteran. Itu termasuk dalam jalur MMOP (Kedokteran, Bidan, Odontologi, Farmasi).

Seperti sekolah kedokteran Prancis lainnya, kurikulum dibagi menjadi tiga siklus. Siklus pertama diakhiri dengan General Training Diploma dalam Ilmu Kedokteran. Keberhasilan penyelesaian jalur kedua dilengkapi dengan Diploma Pelatihan Mendalam di Ilmu Kedokteran.

Pada siklus ketiga, siswa dapat memilih spesialisasi medis mereka. Setelah lulus magang dan pertahanan tesis, ia akan diberikan oleh Universitas dengan Diploma Studi Khusus dan Diploma untuk Doctor of Medicine.

4. Aix-Marseille University – Faculty of Medical and Paramedical Sciences

Terletak di Provence, Aix-Marseille University adalah universitas negeri yang disegani di Prancis. Ini menelusuri akarnya kembali pada 1409 ketika Louis II dari Anjou mendirikannya sebagai Universitas Provence.

Saat ini, Universitas Aix-Marseille merupakan penggabungan dari tiga institusi – Universitas Provence, Universitas Mediterania, dan Universitas Paul Cézanne. Ini telah menjadikan Aix-Marseille sebagai sekolah terbesar di dunia berbahasa Prancis dengan 80.000+ pendaftarnya.

Mantan Fakultas Kedokterannya sekarang menjadi bagian dari Fakultas Kedokteran dan Ilmu Paramedis. Peringkat sebagai salah satu sekolah kedokteran terbaik di Prancis, fakultas ini didirikan pada tahun 1930 dan dipindahkan ke Sektor Pusat Timone pada tahun 1958.

Banyak yang telah berubah sejak saat itu, dengan Universitas Aix-Marseille mendirikan pusat kesehatan canggih di dalam dan di sekitar kampus. Mereka termasuk Institut Ilmu Saraf Timone, Pusat Pencitraan Medis Eropa, dan infeksi Institut hospitalo-universitaire Méditerranée, untuk beberapa nama.

5. Universite de Lyon – Claude Bernard University Lyon 1 Faculty of Medicine

Universite de Lyon adalah kumpulan dari 12 anggota dan 25 institusi terkait. Kampusnya tersebar di seluruh wilayah Lyon dan Saint-Étienne.

Fakultas Kedokterannya bertempat di kampus Claude Bernard University Lyon 1, yang menampung sebanyak 45.000 mahasiswa. Dinamakan setelah ahli fisiologi Prancis terkenal Claude Bernard, kampus ini dibuat pada tahun 1971 setelah penggabungan dua fakultas.

Siswa yang lulus siklus ketiga mendapatkan giliran di Hospices Civils de Lyon atau Université Hospital of Lyon. Didirikan pada tahun 1802, yang terakhir adalah rumah sakit pendidikan tertua kedua di negara ini. Ini memiliki sistem medis yang sangat besar, dengan 13 pusat di Lyon dan satu lagi di Prancis Selatan.

6. Universite de Lorraine (Nancy) Faculty of Medicine

Universite de Lorraine, juga dikenal sebagai UL, adalah sistem universitas negeri yang berbasis di Timur Laut Prancis. Ini adalah hasil penggabungan antara Universitas Paul Verlaine – Metz dan Nancy-Université, yang terakhir merupakan kumpulan dari 3 institusi.

Awal mula UL dapat ditelusuri kembali ke tahun 1572, dengan pelopornya adalah Universitas Nancy. Fakultas Kedokterannya terletak di kampus Nancy, bersama dengan sekolah Ilmu Biologi, Ilmu Komputer, Administrasi, dan Manajemen.

Setelah siklus ketiga sekolah, mahasiswa kedokteran dapat memilih dari beberapa spesialisasi, yang dapat memakan waktu antara 3 hingga 5 tahun.

Seperti kebanyakan sekolah kedokteran di Prancis, Universite de Lorraine berfokus pada penelitian klinis. Ini telah membantu membuka jalan bagi peneliti-dokter lulusan yang sangat dikutip dalam banyak penelitian.

7. Languedoc-Roussillon Universites – University of Montpellier Faculty of Medicine

Languedoc-Roussillon Universites adalah ComUE lain, atau asosiasi universitas dan lembaga pendidikan tinggi. Dibuat pada tahun 2014, sekolah-sekolah anggotanya termasuk University of Montpellier, yang menaungi Fakultas Kedokteran sekolah yang termasyhur.

Universitas adalah salah satu yang tertua di Prancis, karena didirikan jauh sebelum RUU Kepausan 1289. Dikatakan bahwa pada awal 1137, sekolah kedokterannya sudah dikelola oleh dokter terlatih Spanyol yang sangat baik.

Nostradamus bahkan mendaftar di sekolah kedokteran Montpellier yang bergengsi tetapi keluar setelahnya.

Sesuai dengan tradisi, Montpellier terus menjadi salah satu sekolah kedokteran peringkat teratas di Prancis. Ini mendominasi di bidang Biologi dan Biokimia, Kedokteran Jantung, Imunologi, Biologi Molekuler, Ilmu Saraf, Onkologi, Farmakologi, Kesehatan Masyarakat, dan Bedah.

8. Communaute d’Universites et Etablissements d’Aquitaine – University of Bordeaux Medical School

Communaute d'Universites et Etablissements d'Aquitaine, atau Komunitas universitas dan institusi pendidikan tinggi Aquitaine, berbasis di Prancis Barat Daya. Ini memiliki tujuh anggota, salah satunya adalah Universitas Bordeaux yang memiliki reputasi baik. Didirikan pada tahun 1441, itu adalah rumah bagi salah satu sekolah kedokteran paling bergengsi di Prancis.

University of Bordeaux menawarkan Diploma Pelatihan Medis Spesialis tidak hanya untuk siswa lokal tetapi juga untuk siswa asing. Para calon dokter ini dapat berspesialisasi dalam Sistem Rumah Sakit Medis Universitas Bordeaux, yang merupakan salah satu dari tiga rumah sakit teratas di Prancis. Ini memiliki kapasitas 3.000+ tempat tidur, yang merupakan kombinasi dari Pellegrin, Rumah Sakit Selatan, dan cabang St. Andre.

9. Universite Lille-Nord-de-France ComUE – University of Lille 2 Henri Warembourg Faculty of Medicine

ComUE ini, dengan 70.000 mahasiswanya, adalah salah satu organisasi universitas terbesar di Prancis. Berbasis di Prancis Utara, universitas ini memiliki University of Lille sebagai kampus unggulan.

University of Lille adalah turunan dari University of Douai, yang didirikan pada tahun 1559. Fakultas Kedokteran dan Hukum ditempatkan di Lille 2, sebuah kampus yang terletak di komune Ronchin.

Fakultas Kedokteran Henri Warembourg adalah rumah bagi 12.000 mahasiswa, yang menjadikannya salah satu pusat pelatihan medis terbesar di negara ini. Ini membanggakan fasilitas yang sangat baik, termasuk laboratorium anatomi canggih, pusat simulasi medis, kelas simulasi bedah, dan laboratorium bahasa, untuk beberapa nama.

10. Universite Paris-Est (ComUE) – Fakultas Kedokteran Université Paris-Est Créteil

Kami mengakhiri daftar sekolah kedokteran terbaik kami di Prancis dengan University of Paris-Est. Didirikan pada tahun 2015 melalui penggabungan 7 institusi, yang meliputi Université Paris-Est Créteil. Sebelumnya dikenal sebagai Universitas Val de Marne, ini adalah rumah dari salah satu sekolah kedokteran terbaik di Prancis.


Itu ulasan terkait 10 Fakultas Kedokteran Terbaik di Prancis, Prancis miliki fakultas kedokteran terbaik di dunia. Tidak aneh, banyak calon mahasiswa anyar berebutan ingin kuliah di kedokteran Prancis. Kuliah di luar negeri saat ini bukan cuma angan-angan saja, sudahlah banyak yang bisa memberi bukti, saat ini gantian Anda untuk coba. Mudah-mudahan Anda kedepannya dapat jadi calon dokter yang sukses serta berfungsi untuk khalayak luas, Amin.