BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Belanda

Belanda merupakan salah satu negara yang miliki fakultas kedokteran terbaik di dunia. Dikenal dengan sebutan "Netherland" ini membuat Belanda jadi pusat lokasi liburan serta pendidikan yang paling populer. Beberapa orang yang pengin berangkat ke Belanda untuk berlibur akan tetapi ada yang ingin tempuh pendidikan di sini. Kedokteran Belanda gak boleh disangsikan kembali, tiap tahun kedokteran Belanda punya tingkat animo yang begitu tinggi dan membuat calon dokter dengan kualitas yang bagus.

Buat Anda yang suka kuliah kedokteran di Belanda kami berikan sejumlah daftar kedokteran yang jadi fokus utama atau dapat di sebut amat populer di Belanda. Anda bisa cari kabar terkait kuliah kedokteran di luar negeri mulai saat ini, soal ini karena banyak sekali prasyarat yang wajib Anda kerjakan saat sebelum bisa mendaftarkan diri di Kedokteran Belanda. Seusai Anda lulus SMA awalilah buat persiapkan diri hadapi beragam jenis ujian masuk, Anda bisa latihan menjawab sejumlah soal SBMPTN ataupu ikuti bimbel spesial kedokteran, maka hasil yang didapatkan lebih optimal.

Daftar 5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Belanda

5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Belanda

1. Fakultas Kedokteran Universitas Amsterdam

University of Amsterdam (UvA) adalah salah satu dari 2 lembaga pendidikan yang didanai publik di Belanda. Berbasis di ibu kota, ia telah berdiri sebagai Athenaeum Illustre sejak 1632.

Bertempat di bawah universitas top di negeri ini, Fakultas Kedokteran UVA dianggap sebagai salah satu sekolah kedokteran terbaik di Belanda. Menjadi sangat selektif, hanya menerima 350 pelamar di Academic Medical Center setiap tahun. Kedua gelar (Sarjana dan Magister) diajarkan dalam bahasa Belanda.

Gelar Sarjana Kedokteran mengasah siswa di bidang kedokteran keluarga, komunitas, dan geriatri. Kurikulum distratifikasi ke dalam 4 tema, dengan pelajaran yang diajarkan melalui berbagai metode seperti pendidikan digital dan pembelajaran berbasis tim.

Gelar Master, di sisi lain, adalah tentang pendidikan langsung. Itu datang dengan magang 2 tahun di Academic Medical Center dan rumah sakit lainnya. Siswa diminta untuk menyelesaikan elektif penelitian 16 minggu juga.

Jika Anda ingin memperluas studi Anda, UVA menawarkan program MD/Ph.D. program juga.

2. Fakultas Kedokteran Vrije Universiteit Amsterdam

Sekolah kedokteran berikutnya di Belanda adalah Vrije Universiteit Amsterdam, sebuah universitas swasta yang didanai oleh pemerintah Belanda. Berbasis di ibukota, sering dimasukkan dalam daftar 150 teratas dari banyak badan peringkat. Program medisnya diakui sebagai salah satu disiplin ilmu yang lebih kuat, menempatkan ke-48 di Peringkat Shanghai dan ke-61 di peringkat Times Higher Education.

Sebagai kursus persiapan, Bachelor of Medicine-nya berfokus pada teori. Kurikulum 14 jam seminggu melibatkan kuliah, ujian praktek, dan pertemuan kelompok belajar. Meskipun hanya diajarkan dalam bahasa Belanda, siswa memiliki pilihan untuk mengambil pelajaran bahasa Inggris di bawah umur internasional selama tahun terakhir sekolah. Meskipun fokus kursus ini adalah penelitian, ini juga membuka kemungkinan untuk spesialisasi lain.

Gelar Master, yang juga diajarkan dalam bahasa Belanda, berpusat pada magang dan beasiswa. Setelah ini, siswa dapat melayani negara sebagai dokter utama. Kursus pelatihan juga tersedia bagi mereka yang ingin menjadi dokter spesialis, dokter panti jompo, atau dokter untuk orang cacat.

3. Fakultas Kedokteran Universitas Groningen

Didirikan pada tahun 1614, University of Groningen adalah salah satu dari 100 institusi terbaik di dunia. Berbasis di bagian utara Belanda, itu terkenal sebagai pusat pendidikan tertua kedua di negara ini.

Tidak seperti sekolah kedokteran lain di Belanda, program Sarjana Kedokteran Universitas Groningen diajarkan dalam bahasa Inggris dan Belanda. Karena dualitas ini, universitas selalu memiliki masuknya pelamar. Karena kuota penerimaan hanya 406 siswa per tahun, universitas menerapkan prosedur seleksi yang ketat.

Pelamar yang berhasil dapat menikmati program unik yang berpusat pada pasien di Groningen. Selama tahun pertama, siswa sudah diperkenalkan dengan kasus kehidupan nyata yang dibahas dalam kelompok kecil. Ini mengikuti magang 2 minggu, yang dilakukan di rumah sakit atau panti jompo. Pilihan studi di luar negeri 5 minggu juga tersedia.

Dibandingkan dengan gelar Sarjana, program Magister Kedokteran hanya diajarkan dalam bahasa Belanda. Di sini, mahasiswa magang di berbagai pusat kesehatan. Selain rotasi komprehensif, siswa juga perlu menyelesaikan proyek penelitian dalam waktu 20 minggu.

4. Fakultas Kedokteran Universitas Leiden

Leiden University adalah institusi publik yang berlokasi di South Holland. Didirikan pada tahun 1575, universitas ini dianggap sebagai salah satu dari 100 universitas top dunia.

Sebagai universitas tertua di Belanda, program kedokteran Leiden diakui sebagai salah satu yang terbaik di negeri ini. Persaingan sangat ketat sehingga hanya 332 pelamar yang diterima setiap tahun ke dalam program elit yang diajarkan di Belanda.

Untuk menghubungkan pendidikan dengan praktik klinis dan penelitian, gelar Bachelor of Medicine diajarkan di Leiden University Medical Center. Kuliah dan kelompok fokus kecil biasanya dilakukan, dengan evaluasi pembelajaran dilakukan melalui tes sementara.

Setelah menyelesaikan gelar 3 tahun, siswa dapat melanjutkan program Magister Kedokteran Leiden. Program berorientasi ilmiah ini memiliki kebijakan penerimaan yang lebih ketat, hanya menerima 300 siswa per tahun.

Dokter berpendidikan Leiden biasanya ditugaskan ke dokter-mentor selama 3 tahun. Setelah studi intensif, para mentee dapat menyelesaikan rotasi magang mereka di Belanda. Mereka juga memiliki pilihan untuk melayani negara-negara yang kurang beruntung.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Maastricht

Didirikan pada tahun 1976, Universitas Maastricht adalah salah satu sekolah kedokteran termuda di Belanda. Surga bagi siswa internasional, hampir 50% dari 18.000 penduduknya yang kuat berasal dari ratusan negara di seluruh dunia.

Sebagai salah satu universitas muda terbaik di dunia, Maastricht menawarkan banyak program studi, termasuk sarjana dan magister Kedokteran. Yang pertama diajarkan dalam bahasa Belanda, serta bahasa Inggris (Jalur Internasional dalam Kedokteran).

Gelar Sarjana langsung ini memungkinkan siswa untuk berinteraksi dengan pasien sejak dini di sekolah mereka. Dengan bantuan laboratorium keterampilan berteknologi tinggi, mereka mengembangkan keterampilan praktis yang penting bagi dokter mana pun.

Setelah menyelesaikan program Sarjana, mahasiswa dapat melanjutkan ke program Magister Kedokteran. Namun, ini hanya diajarkan dalam bahasa Belanda. Sementara rotasi klinis sering dilakukan di dalam negeri, magang asing juga dianjurkan. Setelah mendapatkan gelar ini, siswa dapat melanjutkan dengan residensi rumah sakit atau pelatihan spesialis.


Tersebut pengkajian berkaitan 5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Belanda, Belanda mempunyai fakultas kedokteran terbaik di dunia. Tidaklah heran, banyak calon mahasiswa baru berebutan mau kuliah di kedokteran Belanda. Kuliah di luar negeri saat ini tidak cuma impian saja, sudahlah banyak yang bisa memberi bukti, saat ini bergantian Anda untuk coba. Mudah-mudahan Anda kedepannya jadi calon dokter yang sukses serta bermanfaat untuk masyarakat ramai, Amin.