BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

6 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Bandung dan Fasilitas Lengkap

Daftar rumah sakit terbaik di Bandung bisa menjadi pilihan. Tak hanya pelayanan publik, namun pusat kesehatan salah satu fasilitas yang harus tersedia di masing-masing daerah Indonesia. Tidak terkecuali dengan rumah sakit yang ada di wilayah Bandung.

Tentu saja fasilitas lengkap dengan pelayanan memadai sebagai acuan saat memilih rumah sakit. Selain itu, juga perlu mempertimbangkan dokter maupun perawat memiliki kualitas tinggi. Jika Anda berdomisili di wilayah Bandung, terdapat beberapa rumah sakit yang bisa dikunjungi untuk memeriksakan kesehatan diri.

6 Daftar Rumah Sakit Terbaik di Bandung


Dunia kesehatan adalah hal yang mendasar dan sangat penting, sehingga keberadaannya di suatu wilayah sangat penting. Untuk itu, banyak rumah sakit Bandung yang berdiri mengingat jumlah masyarakat yang besar. Rumah sakit Bandung bukan hanya melayani saja, namun juga menjadi yang terbaik di tingkat nasional.

Kota Bandung memiliki beberapa rumah sakit terbaik dan seringkali menjadi rumah sakit rujukan nasional. Dengan demikian, sebagai warga Bandung perlu merasa bangga atas pencapaian tersebut. Adapun rekomendasi rumah sakit Bandung yang menyediakan pelayanan lengkap, sebagai berikut.

1. RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung

RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung ini ada sejak tahun 1920 sebagai rumah sakit umum dengan tipe A dari Kementerian Kesehatan. Awalnya rumah sakit ini hanya memiliki 300 tempat tidur. Seiring perkembangan zaman saat ini sudah memiliki lebih dari 1.000 tempat tidur dan fasilitas lengkap.

Masuk dalam daftar rumah sakit terbaik di Bandung terdapat enam layanan unggulan dari RSHS. Mulai dari pelayanan onkologi, pelayanan infeksi, pelayanan jantung terpadu, bedah minimal invasif, kedokteran nuklir, hingga transplantasi ginjal. Alamatnya yang ada di Jl. Pasteur No.38, Bandung, Jawa Barat.

2. Santosa Hospital Bandung Central

Rumah sakit swasta ini bertaraf internasional dengan lokasi tepat di pusat Kota Bandung. Santosa Hospital Bandung Central memiliki kapasitas 500 tempat tidur. Selain itu, memiliki 28 tempat tidur untuk kelas VVIP serta 20 tempat tidur untuk kelas VIP sehingga bisa memberikan pelayanan prima.

Tak hanya memiliki layanan unggulan dalam bidang jantung, saraf, serta mata. Rumah sakit ini memiliki fasilitas penunjang lain seperti apartemen, taman penyembuhan, hingga helipad. Alamatnya yang berada di Jl. Kebon Jati No.38, Bandung, Jawa Barat.

3. RSUD Kota Bandung

RSUD Kota Bandung masuk daftar rumah sakit terbaik di Bandung. Pemerintah Kota Bandung yang mengelola rumah sakit ini dengan pelayanan BPJS Kesehatan terbaik. RSUD Kota Bandung ini memiliki 27 poliklinik spesialis. Mulai dari penyakit dalam, ortopedi, saraf, gigi, hingga jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan sistem administrasi yang menyulitkan. Pasalnya, RSUD Kota Bandung ini menggunakan sistem pendaftaran daring atau online yang mudah masyarakat akses. Untuk alamatnya yang berada di Jl. Rumah Sakit No.22, Pakemitan, Cinambo, Bandung.

4. Mayapada Hospital Bandung

Mayapada Hospital Bandung yang diresmikan pada Maret 2023 lalu. Rumah sakit ini menyediakan layanan kesehatan paling lengkap dengan dukungan tenaga medis terbaik. Rumah sakit swasta ini menyediakan beberapa layanan unggulan. Mulai dari Oncology Center, Cardiovascular Center, Tahir Neuroscience Center, serta Tahir Uro-nephrology Center.

Rumah sakit ini termasuk dalam rumah sakit bertipe B. Sementara kapasitasnya mencapai 195 tempat tidur yang akan memenuhi kebutuhan pasien sesuai kebutuhan. Alamatnya yang berada di Jl. Terusan Buah Batu No.5, Batununggal, Bandung Kidul, Bandung.

5. RSAU dr. M. Salamun

Daftar rumah sakit terbaik di Bandung berikutnya RSAU dr. M. Salamun. Bukan hanya melayani anggota TNI AU, namun RSAU dr. M. Salamun juga bisa memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat umum. Rumah sakit militer tingkat II ini memiliki 259 tempat tidur dan sarana kesehatan lainnya. Baik itu sarana laboratorium, bank darah, maupun CT-scan.

Salah satu layanan fasilitas kesehatan unggulan dari rumah sakit ini yakni klinik hemodialisis atau cuci darah dalam menangani pasien kerusakan ginjal. Alamatnya yang ada di Jl. Ciumbuleuit No.203, Cidadap, Bandung.

6. Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung

Rumah Sakit Santo Borromeus Bandung ini menjadi salah pilihan rumah sakit umum jika akan berobat. Pasalnya rumah sakit ini menjadi salah satu rumah sakit swasta paling tua yang ada sejak tahun 1921. Rumah Sakit ini memiliki fasilitas pelayanan kesehatan yang terbaru sesuai perkembangan zaman.

Salah satu fasilitas unggulan rumah sakit ini yakni terdapat medical gym. Fasilitas tersebut akan membantu pasien dalam pemulihan pasca cedera atau operasi dan juga didampingi oleh fisioterapis profesional. Alamatnya yang ada di Jl. Ir. H. Juanda No.100, Bandung.

RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung dan RSUD Kota Bandung menjadi pilihan dua rumah sakit umum besar yang menawarkan berbagai keunggulan. Pilihan rumah sakit yang tepat tentunya tergantung pada kebutuhan dan anggaran masing-masing individu.

Jika Anda menginginkan pelayanan kesehatan yang lengkap dan modern, serta memiliki reputasi yang baik. RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung hadir sejak tahun 1920 pilihan yang tepat. Namun, jika Anda menginginkan pelayanan BPJS Kesehatan terbaik dengan biaya lebih terjangkau, RSUD Kota Bandung adalah pilihan yang tepat.

Daftar rumah sakit terbaik di Bandung memang menjadi pertimbangan saat akan berobat atau memeriksakan kesehatan diri. Sehingga akan mendapatkan perawatan terbaik dan sesuai kebutuhan.