BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Apa Saja Tahapan Menjadi Dokter Gigi?

Dokter Gigi merupakan dokter yang dapat merawat, mencegah, serta kelainan yang terjadi pada gigi. Cara menjadi dokter gigi adalah menjalani proses pendidikan akademk, profesi, dan ujian UKDGI. Indonesia memiliki beberapa fakultas kedokteran gigi terbaik yang dapat menjadi refernsi Anda untuk berkuliah. Seperti Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran, dan sebagainya.

Banyak orang memiliki impian menjadi dokter gigi. Hal ini dikarenakan dokter gigi merupakan profesi mulia dan dapat bermanfaat bagi orang sekitar. Setelah Anda menjadi dokter gigi kelak diharapkan Anda memiliki prospek kerja yang nyata sehingga tidak takut lagi mencari pekerjaan.

Menjadi dokter gigi tentu saja tidaklah mudah. Dibutuhkan persiapan fisik dan mental. Selama menempuh pendidikan hingga menjadi dokter gigi. Mulailah belajar secara rajin dengan cara mengikuti semua kuliah, mengerjakan tugas, membangun koneksi, serta jangan lupa untuk berdoa.

Agar Anda dapat diterima di fakultas kedokteran gigi dibutuhkan beberapa syarat masuk fakultas kedokteran ggi sesuai dengan standar penerimaan di beberapa kampus. Anda dapat memilih kampus yang memiliki akreditasi baik terutama akreditasi A.

Berikut Tahapan Menjadi Dokter Gigi

Apa Saja Tahapan Menjadi Dokter Gigi?

1. Pendidikan Akademik

Pertama Anda akan diahadapkan dengan sibuknya perkuliahan. Untuk mencapai gelar S1 paling tidak membutuhkan waktu sekitar 3,5 hingga 4 tahun dengan jumlah 8 semester. Selama belajar preklink tentu saja tidaklah mudah. Mulai lah untuk mengubah cara belajar Anda sewaktu SMA dengan cara memperbanyak belajar mandiri serta berlatih menjawab soal-soal yang ada.

2. Pendidikan Profesi

Kedua adalah menjalani program profesi yang di jalani selama 1,5 - 2 tahun. Setelah Anda dinayatakan lulus pendidikan akademik dan mendapatkan gelar S1 maka ilmu yang Anda peroleh harus di aplikasikan pada tahap klinis atau biasa di sebut KOAS. Selama masa Koas disarakankan untuk lebih meningkatkan intensitas belajar dan bila perlu sambil mempersiapkan UKDGI agar materi yang di ingat akan lebih mudah.

3. Ujian Kompetensi Dokter Gigi Indonesia (UKDGI)

Ketiga adalah saatnya untuk ujian kompetensi atau dikenal dengan istilah UKDGI agar Anda memperoleh gelar dokter gigi (drg). Selama Anda menjalani koas sambil mencicil materi UKDGI maka untuk lulus tidaklah terlalu sulit. Jangan khawatir jika Anda belum lulus ujian UKDGI dikarenakan ujian dilaksanakan 4 tahun sekali sehingga masih ada kesempatan untuk tes ulang. Jika Anda sudah dinyatakan lulus maka Anda berhak untuk membuka praktik kedokteran secara mandiri.


Itulah pembahasan mengenai Apa Saja Tahapan Menjadi Dokter Gigi?, Dokter gigi adalah dokter yang merawat dan mengobati kelainan pada gigi seseorang. Menjadi dokter gigi tidaklah mudah. Tetapi, jika Anda menjalani proses diatas secara serius dan bekerja keras niscaya kelak Anda akan menjadi dokter gigi yang sukses. Selamat berlajar dan jangan lupa selalu berdoa.