Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Surabaya

Fakultas Kedokteran Hewan saat ini sudah tersebar luas di berbagai universitas yang ada di Indonesia. Diantaranya, Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Surabaya.

Hal ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi Anda yang memiliki cita-cita sebagai dokter hewan. Dengan adanya Fakultas Kedokteran Hewan di Surabaya, membuka peluang dan kesempatan Anda untuk diterima, mengingat persaingannya yang cukup ketat.

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan

Durasi kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan biasanya berkisar antara 5-7 tahun, tergantung pada program studi yang diambil dan syarat-syarat kelulusan yang berlaku.

Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Hewan

Untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Hewan, biasanya diperlukan syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Lulusan SMA/SMK atau sederajat
  2. Nilai UN (Ujian Nasional) atau tes masuk yang ditentukan oleh universitas
  3. Surat rekomendasi dari sekolah atau instansi terkait
  4. Surat keterangan dari dokter mengenai kondisi kesehatan
  5. Berkas-berkas administrasi lain yang diperlukan oleh universitas
Syarat ini mungkin berbeda-beda di setiap universitas, sehingga disarankan untuk mengecek dengan universitas tempat Anda ingin mendaftar untuk informasi yang lebih detail dan akurat.

Apa Saja Pelajaran di Fakultas Kedokteran Hewan

Berikut ini adalah beberapa pelajaran umum yang dijadikan mata kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan:
  1. Anatomi dan fisiologi hewan
  2. Mikrobiologi dan patologi
  3. Farmakologi dan terapi hewan
  4. Kedokteran reproduksi dan kesehatan hewan
  5. Kedokteran klinik dan bedah hewan
  6. Ilmu nutrisi hewan
  7. Epidemiologi dan kesehatan populasi hewan
  8. Ilmu lingkungan dan kesehatan hewan
  9. Etika profesi dan hukum kedokteran hewan
  10. Ilmu manajemen dan bisnis hewan
Ini hanya beberapa contoh mata kuliah yang dapat ditemukan di program studi Fakultas Kedokteran Hewan. Pelajaran yang sebenarnya yang diambil bisa berbeda-beda tergantung pada program studi yang diambil. 

Inilah 2 Pilihan Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Surabaya

2 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Surabaya


Sebelum memutuskan untuk memilih fakultas dan universitas, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu tentang Fakultas Kedokteran Hewan. Jadi, Fakultas Kedokteran Hewan merupakan bidang atau cabang ilmu yang hampir serupa dengan kedokteran hewan.

Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari, seperti fisiologi hewan, anatomi hewan, penyakit, manajemen kesehatan hewan, dan ilmu lainnya. Selain itu, Anda tidak hanya mempelajari hewan peliharaan saja seperti kucing, anjing, dan hewan peliharaan lainnya.

Anda juga tidak hanya mempelajari hewan-hewan ternak seperti kambing, sapi, kerbau, dan hewan ternak lainnya. Namun, dalam beberapa mata kuliah tertentu, Anda juga bisa mempelajari hewan-hewan liar.

Sebagai mahasiswa kedokteran hewan, akan ada banyak kegiatan yang mesti Anda lalui. Mulai dari perkuliahan di kelas, praktikum, mengerjakan tugas, membuat laporan, response, dan lain sebagainya.

Ada kalanya, kegiatan-kegiatan tersebut sangat menyita waktu. Untuk itulah, Anda harus pintar-pintar membagi dan memanajemen waktu.

Setelah berhasil lulus, gelar pertama yang akan Anda dapatkan yakni Sarjana Kedokteran Hewan atau SKH. Kemudian, untuk mendapatkan gelar dokter hewan perlu melanjutkan studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan.

Kini, Anda sudah memiliki gambaran menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan bukan? Bila sudah bertekad dan siap, saatnya memilih fakultas dan universitas yang akan dituju. Berikut ini adalah dua Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Surabaya.

1. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga

Fakultas Kedokteran Hewan atau FKH Airlangga sudah berdiri sejak tahun 1962. FKH Airlangga merupakan fakultas tertua keempat.

Sistem pendidikan yang diterapkan sudah tak perlu Anda ragukan, karena mengacu pada standar ISO 9001:2015, MBNQA 2015-2016, IWA2:2007. Selain itu, salah satu jaminan pendidikannya yang bermutu, karena beberapa laboratoriumnya telah berhasil memperoleh sertifikasi.

Baik itu dari KAN, ASIIN, AUN, hingga FAO. Saat ini, Fakultas Kedokteran Hewan Airlangga mempunyai 1 departemen serta 7 program studi yang terdiri dari satu program studi S1, empat program studi S2, satu program studi S3, dan satu program profesi.

Seperti, Sarjana Kedokteran Hewan, Profesi Dokter Hewan, S2 Ilmu Biologi Reproduksi, S2 Ilmu Penyakit, dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, S2 Agribisnis dan Immunoteraupetika, S3 Sains Veteriner, hingga PSDKU di Banyuwangi.

Sebagai salah satu Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Surabaya, FKH Airlangga menyediakan berbagai macam fasilitas yang lengkap dan memadai. Salah satunya, memiliki rumah sakit hewan terbesar di Indonesia.

Selain itu, ada beberapa fasilitas penting lainnya, Taman Ternak Pendidikan, Unit Pengembangan & Penelitian Hewan Lab, Pelayanan Diagnostik, Unit Penyakit Unggas, Lab. Biologi Molekuler, Lab. Pakan Ternak, Lab. In Vitro, Unit Produksi Semen Beku, hingga BSL 3.

Sementara itu, FKH Airlangga juga memiliki fasilitas penelitian seperti inverted microscope, PCR equipment, SDS Page apparatus, Doppler apparatus, Anaesthesia apparatus, hingga USG.

2. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Salah satu Fakultas Kedokteran Hewan terbaik yang bisa Anda pilih yakni FKH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya. FKH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya memiliki sistem pendidikan yang tak kalah bagusnya dengan Fakultas Kedokteran Hewan di universitas lainnya.

Para mahasiswa akan diajarkan mengenai berbagai bidang ilmu. Mulai dari biokimia veteriner, anatomi veteriner, hingga ilmu tentang penyakit herpetofauna.

Selain itu, FKH Universitas Wijaya Kusuma Surabaya juga memiliki tiga program kuliah. Pertama, Program Diploma atau D3 dengan program studi Kesehatan Hewan dan Masyarakat Veteriner.

Program Profesi dengan program studi Dokter Hewan, dan terakhir Program Sarjana atau S1 dengan program studi Pendidikan Dokter Hewan. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya, sangat cocok untuk para pecinta hewan.

Pasalnya, Anda akan mendapatkan pengetahuan terkait pengobatan maupun pencegahan penyakit pada hewan ternak, peliharaan maupun hewan lainnya. Selain itu, Anda juga akan mempelajari terkait hubungan hewan dan masyarakat.

Dengan menempuh pendidikan di fakultas ini, Anda akan mendapatkan beragam pengetahuan maupun keahlian. Antara lain, kemampuan melakukan observasi, kemampuan melakukan analisis, kemampuan meneliti, kemampuan problem solving, kemampuan membuat keputusan, kemampuan berpikir kritis, kemampuan komunikasi, hingga memiliki sikap detil, teliti, dan tekun.

Para lulusan Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Wijaya Kusuma Surabaya memiliki jenjang karir yang baik. Mulai dari menjadi praktisi hewan peliharaan, praktisi perunggasan, dokter hewan, peneliti, hingga pendidik.

Demikianlah informasi seputar Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Surabaya. Kini, saatnya untuk mempersiapkan rencana perkuliahan dan wujudkan cita-cita Anda untuk menjadi seorang dokter hewan.

Posting Komentar untuk "2 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Surabaya"