BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

2 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Bandung

Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Bandung cocok untuk Anda yang merupakan pecinta hewan. Di dalam jurusan ini, Anda akan mempelajari berbagai sudut pandang kesejahteraan timbal balik bersama antara hewan, lingkungan, serta manusia.

Jurusan Kedokteran Hewan ini akan membawa Anda mempelajari berbagai macam hal mengenai kesehatan hewan. Anda akan belajar bagaimana cara melakukan pemeriksaan fisik dan laboratorik, membuat diagnosis, pengobatan hasil identifikasi, bagaimana melakukan penanganan, hingga berbagai penyakit hewan yang dapat menular ke manusia (zoonosis).

Bagi Anda yang berencana ingin melanjutkan kuliah di Bandung, ada beberapa Universitas di sana yang memiliki fakultas Kedokteran Hewan terbaik. Simak di sini informasinya!

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan

Durasi kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan biasanya berkisar antara 5-7 tahun, tergantung pada program studi yang diambil dan syarat-syarat kelulusan yang berlaku.

Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Hewan

Untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Hewan, biasanya diperlukan syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Lulusan SMA/SMK atau sederajat
  2. Nilai UN (Ujian Nasional) atau tes masuk yang ditentukan oleh universitas
  3. Surat rekomendasi dari sekolah atau instansi terkait
  4. Surat keterangan dari dokter mengenai kondisi kesehatan
  5. Berkas-berkas administrasi lain yang diperlukan oleh universitas
Syarat ini mungkin berbeda-beda di setiap universitas, sehingga disarankan untuk mengecek dengan universitas tempat Anda ingin mendaftar untuk informasi yang lebih detail dan akurat.

Apa Saja Pelajaran di Fakultas Kedokteran Hewan

Berikut ini adalah beberapa pelajaran umum yang dijadikan mata kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan:
  1. Anatomi dan fisiologi hewan
  2. Mikrobiologi dan patologi
  3. Farmakologi dan terapi hewan
  4. Kedokteran reproduksi dan kesehatan hewan
  5. Kedokteran klinik dan bedah hewan
  6. Ilmu nutrisi hewan
  7. Epidemiologi dan kesehatan populasi hewan
  8. Ilmu lingkungan dan kesehatan hewan
  9. Etika profesi dan hukum kedokteran hewan
  10. Ilmu manajemen dan bisnis hewan
Ini hanya beberapa contoh mata kuliah yang dapat ditemukan di program studi Fakultas Kedokteran Hewan. Pelajaran yang sebenarnya yang diambil bisa berbeda-beda tergantung pada program studi yang diambil.

Pilihan Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Bandung

2 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Bandung


Bandung merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Barat. Kota ini juga menjadi pusat pemerintahan dan juga perekonomian dari Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Kota Bandung menjadi kota terbesar ketiga di Indonesia, berada di bawah Jakarta dan Surabaya. Tentu saja di Bandung terdapat berbagai instansi pendidikan, bahkan hingga ke tingkat Perguruan Tinggi.

Ada juga Universitas di Bandung yang memiliki fakultas Kedokteran Hewan terbaik. Fakultas ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai hewan. Sebab, di sini Anda akan mempelajari berbagai ilmu dasar mengenai sains dan juga hewan.

Anda akan berhadapan dengan beberapa mata kuliah seperti kimia, biologi, biokimia, anatomi veteriner, dan juga fisiologi veteriner. Mata kuliah tersebut akan Anda jumpai di awal masa perkuliahan.

Ketika telah memahami pengetahuan dasar tersebut, barulah di semester selanjutnya Anda akan bergelut dengan mata kuliah yang lebih menantang seperti farmakologi, ektoparasit, toksikologi veteriner, patologi, dan juga endoparasit.

Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Bandung selalu ramai peminat karena peluang karirnya yang cukup menjanjikan. Beberapa peluang karir lulusan Kedokteran Hewan adalah:
  • Dokter hewan
  • Peneliti hewan
  • Ahli ilmu hewan dan juga satwa liar
  • Sebagai ahli epidemiologi
  • Ahli peternakan dan perkembangbiakan hewan
  • Penyuluh kesehatan
  • Pengajar bidang kesehatan
  • Dosen spesialis kesehatan
  • Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Itu hanyalah beberapa prospek kerja yang ada. Untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan ke jurusan ini, ada dua Universitas yang sudah terkenal akan fakultas Kedokteran Hewan mereka di Bandung.


1. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Padjadjaran (Unpad)

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Padjadjaran (Unpad)

Pertama ada fakultas Kedokteran Hewan Unpad. Visi dari program studi sarjana Kedokteran Hewan Unpad ini adalah menjadi program studi yang bisa menghasilkan lulusan dengan kemampuan kompetensi kesehatan masyarakat veteriner yang berbasis IPTEK dan Biomedis, melalui sinergitas kesehatan serta kesejahteraan hewan dan lingkungan hidup untuk menciptakan kemaslahatan masyarakat.

Keberadaan fakultas Kedokteran Hewan Unpad ini harapannya mampu berkontribusi, khususnya pada pembangunan Pertanian Program Ketahanan Pangan Nasional serta Keamanan Pangan seperti yang tertuang di dalam UU No. 18 Th. 2012 mengenai Pangan.

Sebagai salah satu fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Bandung, Unpad juga akan berkontribusi dalam pencegahan menyebarnya penyakit hewan menular, termasuk penyakit zoonosis seperti yang sudah diatur di dalam Office International des Epizooties (OIE).

Dalam ilmu Kedokteran Hewan, selain fungsinya untuk menangani urusan mengenai hewan dan berbagai penyakitnya (fungsi veteriner), tetapi juga berhubungan dengan jaminan keamanan dan ketersediaan pangan asal hewan (food safety and security).
 

2. Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB)

Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB)

Mungkin fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Bandung selanjutnya ini tidak terletak tepat di Kota Bandung. Akan tetapi, IPB terletak di Bogor yang masih sangat berdekatan dengan Bandung. Itulah kenapa, IPB mungkin bisa menjadi pilihan Universitas untuk Anda yang ingin lanjut berkuliah di Bandung dan sekitarnya.

Masa studi bagi mahasiswa Kedokteran Hewan yang kuliah di IPB University adalah 4 tahun. Jurusan tersebut menerapkan kurikulum berupa mayor-minor yang menawarkan lebih dari 500 kombinasi kompetensi.

Dengan kurikulum tersebut, sarjana lulusan IPB pasti akan memiliki kompetensi ganda, bahkan juga gelar ganda yang membuat mereka memiliki banyak lapangan pekerjaan yang dapat digeluti.

Kurikulum untuk pendidikan Kedokteran Hewan ini terdiri dari Kurikulum pendidikan akademik serta profesi. Untuk kurikulum pendidikan akademik (sarjana) akan dilaksanakan dalam waktu 8 semester dengan total 158 SKS. Fakulta IPB terbentang seluas 18.000 meter persegi dan dilengkapi dengan rumah sakit hewan terluas di Asia Tenggara.

Setelah menyelesaikan pendidikan akademik, maka lulusan fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Bandung akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Hewan (SKH). Untuk bisa memperoleh gelar Dokter Hewan (Drh), lulusan pendidikan akademik masih perlu meneruskan pendidikan profesi selama 8 bulan dengan jumlah 37 SKS. Kurikulumnya akan berbasis kompetensi dengan memakai beragam metode termasuk juga Student Centered Learning.

Meski tidak berada tepat di Kota Bandung, tetapi IPB masih bisa menjadi pilihan Anda. Lokasinya yang berada di Bogor masih tidak terlalu jauh dari Kota Bandung itu sendiri dan masih berada di dalam Provinsi Jawa Barat.

Jadi, itulah dua fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Bandung yang dapat Anda pilih. Keduanya memiliki banyak peminat sehingga Anda perlu berusaha dengan keras untuk bersaing.