BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

2 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Yogyakarta

Di Indonesia sendiri saat ini sudah terdapat banyak kampus yang menawarkan pilihan jurusan Kedokteran Hewan. Tak terkecuali yang bisa Anda temukan di kota yang berjuluk Kota Gudeg alias Yogyakarta. Sebagaimana merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Yogyakarta.

Ya, jika Anda bandingkan dengan jurusan kedokteran yang lainnya, untuk jurusan Kedokteran ini sendiri masih terdengar belum begitu familiar. Nantinya, apabila Anda masuk di Jurusan Kedokteran hewan ini, Anda akan terbantu di dalam mempelajari berbagai macam ilmu tentang kesehatan hewan. Mulai dari hewan piaraan, hewan ternak, bahkan hewn liar.

Bukan hanya berhenti sampai disitu saja, Anda juga bisa mempelajari lebih banyak lagi seputar berbagai ilmu Zoonosis atau jenis penyakit yang terdapat pada hewan yang dapat menular terhadap manusia.

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan

Durasi kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan biasanya berkisar antara 5-7 tahun, tergantung pada program studi yang diambil dan syarat-syarat kelulusan yang berlaku.

Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Hewan

Untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Hewan, biasanya diperlukan syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Lulusan SMA/SMK atau sederajat
  2. Nilai UN (Ujian Nasional) atau tes masuk yang ditentukan oleh universitas
  3. Surat rekomendasi dari sekolah atau instansi terkait
  4. Surat keterangan dari dokter mengenai kondisi kesehatan
  5. Berkas-berkas administrasi lain yang diperlukan oleh universitas
Syarat ini mungkin berbeda-beda di setiap universitas, sehingga disarankan untuk mengecek dengan universitas tempat Anda ingin mendaftar untuk informasi yang lebih detail dan akurat.

Apa Saja Pelajaran di Fakultas Kedokteran Hewan

Berikut ini adalah beberapa pelajaran umum yang dijadikan mata kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan:
  1. Anatomi dan fisiologi hewan
  2. Mikrobiologi dan patologi
  3. Farmakologi dan terapi hewan
  4. Kedokteran reproduksi dan kesehatan hewan
  5. Kedokteran klinik dan bedah hewan
  6. Ilmu nutrisi hewan
  7. Epidemiologi dan kesehatan populasi hewan
  8. Ilmu lingkungan dan kesehatan hewan
  9. Etika profesi dan hukum kedokteran hewan
  10. Ilmu manajemen dan bisnis hewan
Ini hanya beberapa contoh mata kuliah yang dapat ditemukan di program studi Fakultas Kedokteran Hewan. Pelajaran yang sebenarnya yang diambil bisa berbeda-beda tergantung pada program studi yang diambil.
 

Rekomendasi Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Yogyakarta, Cek Disini!

2 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Yogyakarta


Tahukah Anda bahwa ilmu kesehatan bukan hanya berlaku untuk manusia saja? Pasalnya, lewat beranega macam pengembengan, di era seperti sekarang ini munculah ilmu kedokteran hewan. Ilmu kedokteran hewan ini berperan sebagai ilmu penyembuhan penyakit yang ada pada binatang.

Mahasiswa yang hendak melanjutkan kuliah di jurusan kedokteran hewan ini bakal mempelajari struktur tubuh hewan. Mulai dari Anatomi Veteriner atau tulang-tulang, Fisiologi Veteriner atau ilmu fungsi dan sistem tubuh hewan. Ada juga ilmu penyakit dalam, patologi, sampai ilmu mengenai obat-obatan yang cocok untuk mengobati binatang yang sakit.

Lantas, seperti apakah prospek kerjanya? Seperti mengutip dari laman resmi Fakultas Kedokteran Hewan IPB, mengungkapkan terdapat banyak peluang kerja bagi para lulusan Kedokteran Hewan ini, seperti:
  • Membuka praktik dokter hewan
  • Peneliti, konsultan, serta pengajar di berbagai instansi pemerintah maupun swasta
  • PNS (Pegawai Negeri Sipil), seperti di Direktorat Jenderal Peternakan atau Kementerian Pertanian
  • Perusahaan swasta, terutama yang bergerak pada bidang produksi peternakan atau yang berhubungan dengan pengolahan hasil peternakan, dan juga perusahaan minuman maupun makanan
  • Wirausaha sektor agribisnis peternakan

Di Indonesia sendiri, perkuliahan Jurusan Kedokteran Hewan memang bukanlah suatu hal yang baru. Sebab, di Tanah Air ada sejumlah universitas yang telah membuka jurusan satu ini.

Nah, bagi Anda yang suka dengan dunia hewan dan juga menginginkan untuk belajar mengenai kesehatan maupun penyembuhan binatang, maka Anda bisa mendaftar pada jurusan satu ini. Akan tetapi sebelum itu, sudah tau belum jurusan kedokteran hewan itu apa saja?
 

Sekilas Tentang Jurusan Kedokteran Hewan

Seperti yang telah ada pada ulasan sebelumnya, di Indonesia punya beberapa universitas yang menyediakan jurusan Kedokteran Hewan terbaik. Nah, untuk para calon maba alias mahasiswa baru yang menyukai bekerja dan juga menolong satwa serta menginginkan untuk melestarikan keberagaman dari satwa, maka jurusan satu ini dapat menjadi opsu ketika hendak melanjutkan kuliah.

Jurusan kedokteran hewan merupakan cabang atau bidang ilmu yang sebenarnya hampir sama tuanya dengan kedokteran manusia. Sebagaimana mengutip dari situs Fakultas Kedokteran Unhas atau Universitas Hasanuddin, pada mulanya kedokteran hewan ini adalah pengembangan dari ilmu kedokteran yang membutuhkan parameter atau perbandingan dan juga perlu hewan untuk dilakukan uji coba di dalam menemukan penyakit manusia.

Di dalam menjadi orang yang punya kompetensi khusus untuk mengurus hewan atau yang kerap disebut sebagai seorang veteriner ini, maka seseorang wajib mendapatkan gelar berupa SKH alias Sarjana Kedokteran Hewan. Lalu mereka mesti melanjutkan studi pada PPDH atau Pendidikan Profesi Dokter Hewan sebelum pada akhirnya ia menjadi seorang dokter hewan atau drh.

Nah, sudah lulus, nantinya lulusan kedokteran hewan dapat membuka praktek dokter hewan, konsultan hewan, maupun melakukan wirausaha peternakan.

Apakah Anda merasa semakin tertarik untuk mengambil jurusan kedokteran hewan ini? Bagi Anda yang tinggal di Kota Jogja maupun yang berasal dari luar daerah dan berminat atau berencana untuk melanjutkan perkuliahan dengan memilih jurusan ini, berikut rekomendasi Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Yogyakarta.
 

1. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM)

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gadjah Mada (UGM)

Rekomendasi Fakultas Kedokteran hewan Terbaik di Yogyakarta yang pertama datang dari UGM (Universitas Gajah Mada). Ya, di Kota Pelajar, Anda dapat menemukan kampus terbaik yang punya Fakultas Kedokteran yaitu UGM.
Untuk setiap tahunnya, peminat terhadap jurusan satu ini pun senantiasa mengalami peningkatan. Di Universitas Gajah Mada sendiri, Anda dapat menemukan empat program studi yang masuk ke dalam fakultas Kedokteran Hewan, yaitu:
  • Program Studi Sarjana Kedokteran Hewan (SKH)
  • Program Studi Pendidikan Profesi Dokter Hewan (PPDH)
  • Program Studi S2 Sain Veteriner
  • Program Studi S3 Ilmu Sain Veteriner

Harapannya, mahasiswa fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada tersebut memiliki keahlian di dalam melakukan pemeriksaan secara fisik maupun laboratorik, diagnosis, pencegahan dan juga penanganan hewan dan/atau penyakit yang bisa ditularkan dari binatang ke manusia, atau manusia ke hewan.

Anda melewatkan kesempatan belajar di universitas sekelas ini.
 

2. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Yogyakarta yang selanjutnya ini kan memberikan pendidikan dengan menggunakan metode dan strategi terkini. Sehingga jangan sampai Anda melewatkan kesempatan pendidikan sekelas ini.

Ingat bahwa untuk bisa masuk ke kampus ini memiliki persentase lulus ujian kompetensi dokter nasional dengan kualitas. Karena pembelajaran yang digunakan memiliki kompetensi A Good Muslim Doctor.

Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Yogyakarta yang satu ini akan jadi opsi tepat. Pasalnya sejak tahun 2017 sampai sekarang tercipta deretan mahasiswa yang memiliki prestasi gemilang baik secara nasional maupun internasional.

Menilik dari bukti yang ada, beberapa kampus ini memiliki jejaring dengan alumni yang sudah berkiprah di bidang kesehatan Indonesia secara langsung. Sehingga otomatis bisa dipastikan bahwa kualitas dari kampus tersebut memang nyata. Ini terlihat dari lulusan yang sudah beranjak menjadi seorang dokter berkualitas dan sukses.

Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Yogyakarta yang kita bahas tersebut bisa menjadi opsi untuk Anda. Jadi mana yang menjadi keinginan untuk Anda melanjutkan pendidikan tingkat tinggi?