BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

2 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Jakarta

Fakultas Kedokteran Hewan merupakan salah satu fakultas yang mungkin masih kurang familiar bila kita bandingkan dengan Fakultas Kedokteran (Farmasi, Pendidikan Dokter, dll). Namun, Fakultas Kedokteran Hewan masih banyak peminatnya, sehingga tingkat persaingan terbilang tinggi. Bagi Anda yang memiliki cita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke fakultas tersebut, berikut ini adalah informasi seputar Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Jakarta yang bisa dipilih.

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan

Durasi kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan biasanya berkisar antara 5-7 tahun, tergantung pada program studi yang diambil dan syarat-syarat kelulusan yang berlaku.

Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Hewan

Untuk masuk ke Fakultas Kedokteran Hewan, biasanya diperlukan syarat-syarat sebagai berikut:
  1. Lulusan SMA/SMK atau sederajat
  2. Nilai UN (Ujian Nasional) atau tes masuk yang ditentukan oleh universitas
  3. Surat rekomendasi dari sekolah atau instansi terkait
  4. Surat keterangan dari dokter mengenai kondisi kesehatan
  5. Berkas-berkas administrasi lain yang diperlukan oleh universitas
Syarat ini mungkin berbeda-beda di setiap universitas, sehingga disarankan untuk mengecek dengan universitas tempat Anda ingin mendaftar untuk informasi yang lebih detail dan akurat.

Apa Saja Pelajaran di Fakultas Kedokteran Hewan

Berikut ini adalah beberapa pelajaran umum yang dijadikan mata kuliah di Fakultas Kedokteran Hewan:
  1. Anatomi dan fisiologi hewan
  2. Mikrobiologi dan patologi
  3. Farmakologi dan terapi hewan
  4. Kedokteran reproduksi dan kesehatan hewan
  5. Kedokteran klinik dan bedah hewan
  6. Ilmu nutrisi hewan
  7. Epidemiologi dan kesehatan populasi hewan
  8. Ilmu lingkungan dan kesehatan hewan
  9. Etika profesi dan hukum kedokteran hewan
  10. Ilmu manajemen dan bisnis hewan
Ini hanya beberapa contoh mata kuliah yang dapat ditemukan di program studi Fakultas Kedokteran Hewan. Pelajaran yang sebenarnya yang diambil bisa berbeda-beda tergantung pada program studi yang diambil.

Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Jakarta, Temukan Disini!

2 Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Jakarta


Bila Anda bandingkan dengan fakultas lainnya, Fakultas Kedokteran Hewan memiliki banyak keunikan. Salah satunya, Fakultas Kedokteran Hewan hanya memiliki satu bidang ilmu.

Selain itu, dalam fakultas tersebut Anda akan belajar tentang berbagai hal. Misalnya saja seperti anatomi hewan, mikrobiologi, ilmu bedah, histologi, fisiologi, ilmu perilaku hewan, dan masih banyak ilmu lainnya.

Mahasiswa ataupun lulusan Fakultas Kedokteran Hewan tidak hanya bersentuhan dengan hewan-hewan lucu seperti kucing, anjing, burung, kelinci atau hewan peliharaan di rumah lainnya. Tak hanya hewan-hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, atau yang lainnya.

Akan tetapi, juga berurusan dengan ikan hingga hewan liar. Memilih Fakultas Kedokteran Hewan tidak membuat Anda selalu bekerja di tempat yang bersih atau dalam ruangan.

Namun, lebih akrab dengan tempat atau kandang hewan yang seringkali bau dan kotor. Umumnya, kegiatan perkuliahan di Fakultas Kedokteran Hewan terbilang padat.

Selain belajar di kelas, ada pula tugas, laporan, hingga berbagai macam praktikum yang seringkali menyita waktu hingga akhir pekan. Kegiatan perkuliahan selama ini bisa Anda lakukan selama empat tahun jika berjalan lancar.

Belum lagi skripsi, KKN, magang, dan program lainnya. Setelah berhasil lulus dari Fakultas Kedokteran Hewan, Anda akan mendapatkan gelar S.K.H (Sarjana Kedokteran Hewan).

Kemudian, untuk mendapatkan gelar dokter hewan (drh.) Anda perlu mengikuti dan menyelesaikan program Pendidikan Profesi Kedokteran Hewan. Program ini bisa berlangsung kurang lebih selama dua tahun.

Melihat suka dan duka menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan, apakah Anda masih berminat? Bila sudah mantap dengan pilihan dan Jakarta sebagai tempat tujuan, berikut ini adalah Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Jakarta.
 

1. Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Indonesia (UI)

Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Indonesia (UI)

  • Website
  • Penerimaan
Universitas Indonesia bisa dijadikan pilihan untuk mewujudkan cita-cita Anda sebagai dokter hewan. Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia selalu saja menjadi incaran.

Hal ini dikarenakan Fakultas Kedokteran Hewan yang dimiliki terus saja diminati. Dulunya, tepat pada tahun 1960, Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Indonesia berubah nama menjadi Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan atau FKHP UI.

Namun, pada 1962 sebutan Fakultas Kedokteran Hewan atau FKH UI kembali digunakan. Sedangkan pendidikan peternakan diubah dan bergabung dengan perikanan, sehingga menjadi Fakultas Peternakan & Perikanan UI.

Universitas Indonesia tidak pernah berhenti berinovasi, sehingga mampu menciptakan lulusan yang bermanfaat dan siap mengabdi untuk bangsa dan negara. Apalagi, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia atau FK UI merupakan fakultas kedokteran pertama kali dan paling tua.
 

2. Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB)

Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB)

Berbicara tentang Fakultas Kedokteran Hewan Terbaik di Jakarta tidak pernah lepas dari keberadaan IPB. Meskipun masuk ke dalam wilayah Jawa Barat, IPB cukup dekat dengan Jakarta.

Fakultas Kedokteran Hewan IPB menjadi satu di antara delapan fakultas yang ada di institute tersebut. Para mahasiswa yang menempuh pendidikan di FKH IPB akan mempelajari berbagai macam bidang ilmu maupun kompetensi.

Hal ini mencakup kesanggupan menjalankan tugas yang berkaitan dengan kewenangan veteriner di dalam bidang manajemen kesehatan hewan, biomedis, hingga pengawasan keamanan maupun mutu produk hewan.

Di IPB sendiri, tidak menggunakan nama Fakultas Kedokteran Hewan, akan tetapi lebih terkenal disebut Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis. Secara umum, SKHB IPB ini menyelenggarakan tiga program studi, yakni sarjana, profesi hewan hingga pascasarjana.

Pendidikan Program Sarjana ini berlangsung selama empat tahun masa studi dengan delapan semester dan 158 sks. Mahasiswa yang berhasil menyelesaikan Pendidikan Program Sarjana akan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Hewan atau SKH.

Sementara itu, Program Pendidikan Profesi Dokter Hewan atau PPDH adalah program pendidikan lanjutan untuk mahasiswa yang berhasil menyelesaikan gelar sarjananya. Setelah berhasil lulus PPDH, mahasiswa akan mendapatkan gelar dokter hewan atau Drh.

Program studi pascasarjana ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya ke tingkat master (S2) maupun doctor (S3). Selain itu, Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedis IPB juga memiliki berbagai fasilitas yang dapat mendukung pembelajaran.

Beberapa diantaranya seperti akomodasi, Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP), Unit Pengelola Hewan Laboratorium (UPHL), Unit Kajian Pengendalian Hama Pemukiman, Layanan Uji dan Penelitian, Perpustakaan, Komisi Etik Hewan Coba, dan fasilitas penunjang lainnya.

Itulah tadi informasi seputar Fakultas Kedokteran Hewan terbaik di Jakarta yang bisa menjadi pilihan. Apakah Anda siap untuk menjadi dokter hewan selanjutnya? Mari persiapkan rencana pendidikan Anda mulai dari sekarang.