BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

4 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Sumatera

Pulau Sumatera pernah memiliki masa kejayaan peradaban ilmu pengetahuan pada masa Kesultanan Aceh dan Kerajaan Sriwijaya. Sumatera memiliki beberapa Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Sumatera.

Pulau Sumatera memiliki daratan yang panjang, sehingga jumlah fakultasnya juga tidak sedikit. Banyak calon mahasiswa ingin kuliah di Kedokteran Gigi Sumatera, sehingga untuk masuk fakultas ini tidak mudah.

Berapa Lama Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi

Program studi Kedokteran Gigi membutuhkan waktu belajar selama 6 tahun. Ini termasuk masa pendidikan formal di universitas dan magang di klinik atau rumah sakit. Setelah menyelesaikan program ini dan lulus ujian nasional, para lulusan akan memperoleh gelar Dokter Gigi (drg). Kedokteran Gigi adalah salah satu bidang profesi yang sangat bergengsi dan membutuhkan dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam belajar dan bekerja, namun juga memberikan kesempatan untuk memberikan layanan kesehatan berkualitas dan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Syarat Masuk Jurusan Kedokteran Gigi

Untuk masuk ke program studi Kedokteran Gigi, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan oleh universitas atau lembaga pendidikan yang bersangkutan. Beberapa syarat umum meliputi: ijazah SMA atau sederajat, nilai ujian masuk atau tes masuk yang ditentukan oleh universitas, dan beberapa dokumen pendukung lainnya seperti transkrip nilai dan surat keterangan dari sekolah. Selain itu, beberapa universitas mungkin juga memerlukan bahasa Inggris dan/atau matematika sebagai syarat masuk. Dalam beberapa kasus, universitas mungkin juga memiliki batasan usia atau jumlah kuota yang terbatas untuk program ini. Penting bagi calon mahasiswa untuk membaca dan memahami syarat masuk dengan baik sebelum mendaftar ke program studi Kedokteran Gigi.

Apa Saja yang dipelajari di Fakultas Kedokteran Gigi

Di program studi Kedokteran Gigi, para mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek dari ilmu kedokteran gigi, termasuk anatomi, fisiologi, patologi, farmakologi, dan ilmu material kedokteran gigi. Mereka juga akan mempelajari teknik diagnostik dan perawatan untuk berbagai masalah pada gigi dan mulut, seperti karies, gingivitis, dan masalah periodontal. Selain itu, para mahasiswa akan belajar tentang prosedur bedah mulut, endodontik, orthodontik, dan prostodontik, serta mempelajari cara membuat dan memasang berbagai jenis restorasi gigi, termasuk kronologi, ponti, dan gigi palsu. Program ini juga akan membekali para mahasiswa dengan pengetahuan tentang etika dan hukum dalam praktik kedokteran gigi, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi situasi yang mungkin terjadi di dunia praktik.
 

4 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Sumatera

4 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Sumatera


Menjadi seorang Dokter Gigi mungkin menjadi impian setiap orang. Karena memiliki pekerjaan menjadi seorang Dokter memiliki masa depan yang jelas. Terlebih lagi pekerjaannya adalah membantu mengobati pasien.

Namun, untuk masuk Fakultas Kedokteran Gigi tentu tidaklah mudah. Tentunya dibutuhkan keterampilan khusus dan biayanya tidak murah.

Untuk kamu yang tertarik ingin melanjutkan pendidikan jurusan di Kedokteran Gigi tidak perlu jauh-jauh untuk menuntut ilmu hingga ke luar negeri. Pada faktanya, ada banyak universitas yang memiliki jurusan Kedokteran Gigi terbaik di Indonesia, terutama di Sumatera. Berikut ini sejumlah Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Sumatera.
 

1. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara atau USU menjadi salah satu perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia. Salah satu prodi terbaik dari USU yang bisa kamu pilih adalah prodi Kedokteran Gigi. Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Sumatera ini mendapatkan predikat akreditasi A, sehingga banyak calon mahasiswa yang mengincar kampus satu ini.

FKG dengan akreditasi A ini terdiri dari 10 departemen, yakni Departemen Ilmu Material dan Teknologi, Ilmu Kedokteran Gigi Pencegahan atau Kesehatan Gigi Masyarakat, Biologi Oral, Ilmu Penyakit Mulut, Kesehatan Gigi Anak, Ilmu Konservasi Gigi, Ilmu Bedah Mulut, Periodonsia dan Prostodonsia, dan Ortodonti.

Selain itu juga terdapat satu Unit Radiologi Dental. Peminat prodi Kedokteran Gigi ini cukup tinggi, maka tidak heran jika FKG USU masuk ke dalam jejeran kedokteran gigi terbaik di Sumatera, bahkan Indonesia.

Lokasi kampus ini berada di Padang Bulan, sebuah area yang rindang serta hijau seluas 120 hektar di tengah kota Medan. Kualitas pendidikan yang berkualitas menjadi salah satu keuntungan, sehingga tidak heran jika banyak calon mahasiswa FKG mengincar universitas yang satu ini.
 

2. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas

Universitas Andalas merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Padang, Sumatera Barat. Fakultas ini merupakan fakultas terbaik karena sistem dan sarana prasarana pendidikan yang baik dan berkualitas. Biaya pendidikan dari Universitas Andalas ini mulai dari Rp 500.000 sampai dengan Rp 11.000.000.

Prospek kerja yang menjanjikan, seperti instansi di kesehatan, PNS, tenaga pendidik, dokter praktek, hingga militer kesehatan. Karena kedokteran gigi, tentunya mempelajari tentang kesehatan gigi dan gusi secara luas dan hal-hal yang berkaitan dengan kedokteran gigi.

Berdiri pada tahun 2012 predikat akreditasi FKG Unand adalah B. Fakultas ini juga sudah memiliki rumah sakit gigi dan mulut sendiri. Fasilitas ini juga sudah digunakan untuk tempat praktik mahasiswa yang melayani karyawan serta pasien umum. Program kuliah FKG Unand ini terdiri dari program sarjana dan profesi dokter gigi.
 

3. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Syiah Kuala

Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Sumatera selanjutnya ada dari Universitas Syiah Kuala atau sering disebut dengan Unsyiah. FKG Unsyiah ini merupakan pemekaran dari Fakultas Kedokteran yang diresmikan sejak tahun 2013. Kedokteran Gigi Unsyiah ini mendapatkan predikat akreditasi A, sehingga untuk kamu yang ingin kuliah kedokteran gigi di Sumatera Unsyiah bisa menjadi pilihan.

Program kuliah dari fakultas ini ada dua, diantaranya program profesi Dokter Gigi dengan akreditasi B. Selain itu, ada program sarjana Pendidikan Dokter Gigi dengan akreditasi A. Dengan visi untuk menjadikan Fakultas Kedokteran Gigi yang inovatif dan terkemuka untuk dapat menghasilkan lulusan mandiri, profesional, serta menjunjung tinggi nilai moral dan etika.

Universitas yang berada di Banda Aceh ini menggunakan sistem pembelajaran atau Kurikulum Berbasis Kompetensi dengan metode Problem Based Learning. Untuk Profesi Kepaniteraan Klinik sendiri berada di Rumah Sakit Gigi Mulut Unsyiah dengan program unggulan. Sehingga akan menghasilkan mahasiswa yang unggul dan kompeten dalam penanggulangan kegawatdaruratan Kedokteran Gigi.
 

4. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah
Universitas swasta yang terletak di Padang, Sumatera Barat ini bisa juga menjadi pilihan Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Sumatera. Fakultas ini juga yang pertama berdiri di kota Padang serta Sumatera barat. FKG Universitas Baiturrahmah ini terakreditasi B untuk dua program studi di tingkat Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi. FKG ini termasuk fakultas yang tertua di lingkungan Universitas Baiturrahmah.

Di dalam Universitas ini juga terdapat Rumah Sakit Gigi dan Mulut tempat mahasiswa menempuh pendidikan profesi dokter gigi untuk mendapatkan gelar Dokter Gigi, tentunya setelah menyelesaikan program Sarjana Kedokteran Gigi. Universitas ini juga bisa menjadi pilihan kamu untuk menempuh pendidikan kedokteran gigi.

Itulah beberapa Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Sumatera, ada juga yang universitas swasta. Untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan Dokter Gigi bisa memilih diantaranya.