BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

2 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Kalimantan

Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Kalimantan ini bisa menjadi bahan pertimbangan dan referensi masuk kuliah kamu. Mungkin saja kamu merasa kesulitan menemukan di universitas mana saja program studi Kedokteran Gigi yang terbaik di Kalimantan. Tidak perlu khawatir karena berikut ini beberapa rekomendasi referensi kampus di Kalimantan yang memiliki program studi Kedokteran Gigi terbaik.

Berapa Lama Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi

Program studi Kedokteran Gigi membutuhkan waktu belajar selama 6 tahun. Ini termasuk masa pendidikan formal di universitas dan magang di klinik atau rumah sakit. Setelah menyelesaikan program ini dan lulus ujian nasional, para lulusan akan memperoleh gelar Dokter Gigi (drg). Kedokteran Gigi adalah salah satu bidang profesi yang sangat bergengsi dan membutuhkan dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam belajar dan bekerja, namun juga memberikan kesempatan untuk memberikan layanan kesehatan berkualitas dan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Syarat Masuk Jurusan Kedokteran Gigi

Untuk masuk ke program studi Kedokteran Gigi, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan oleh universitas atau lembaga pendidikan yang bersangkutan. Beberapa syarat umum meliputi: ijazah SMA atau sederajat, nilai ujian masuk atau tes masuk yang ditentukan oleh universitas, dan beberapa dokumen pendukung lainnya seperti transkrip nilai dan surat keterangan dari sekolah. Selain itu, beberapa universitas mungkin juga memerlukan bahasa Inggris dan/atau matematika sebagai syarat masuk. Dalam beberapa kasus, universitas mungkin juga memiliki batasan usia atau jumlah kuota yang terbatas untuk program ini. Penting bagi calon mahasiswa untuk membaca dan memahami syarat masuk dengan baik sebelum mendaftar ke program studi Kedokteran Gigi.

Apa Saja yang dipelajari di Fakultas Kedokteran Gigi

Di program studi Kedokteran Gigi, para mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek dari ilmu kedokteran gigi, termasuk anatomi, fisiologi, patologi, farmakologi, dan ilmu material kedokteran gigi. Mereka juga akan mempelajari teknik diagnostik dan perawatan untuk berbagai masalah pada gigi dan mulut, seperti karies, gingivitis, dan masalah periodontal. Selain itu, para mahasiswa akan belajar tentang prosedur bedah mulut, endodontik, orthodontik, dan prostodontik, serta mempelajari cara membuat dan memasang berbagai jenis restorasi gigi, termasuk kronologi, ponti, dan gigi palsu. Program ini juga akan membekali para mahasiswa dengan pengetahuan tentang etika dan hukum dalam praktik kedokteran gigi, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi situasi yang mungkin terjadi di dunia praktik. 

2 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Kalimantan

Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Kalimantan


Kalimantan memang memiliki beberapa Fakultas Kedokteran Gigi dan juga Fakultas Kedokteran yang didalamnya terdapat program studi Kedokteran Gigi. Tentunya menjadikan kuliah kedokteran gigi di Kalimantan bisa menjadi referensi kamu jika ingin menjadi dokter gigi.

Masuk ke Fakultas Kedokteran Gigi tentu saja tidak mudah karena jumlah kuota penerima yang terbatas. Hal ini menjadi tidak sebanding dengan jumlah kuota pendaftaran yang tinggi. Untuk masuk ke fakultas ini membutuhkan belajar yang ekstra untuk menghadapi ujian masuknya.

Berikut ini universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Kalimantan dan beberapa diantaranya Fakultas Kedokteran yang didalamnya terdapat program studi Kedokteran Gigi. Jika kamu penasaran universitas mana saja yang memilikinya, langsung saja simak pembahasan di bawah ini.
 

1. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Lambung Mangkurat

Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Kalimantan pertama akan kita bahas adalah Universitas Lambung Mangkurat yang berlokasi di Kalimantan Selatan. Universitas ini secara umum terkenal sebagai salah satu universitas terbaik yang ada di Pulau Kalimantan. Kampus ini juga sudah memiliki akreditasi A oleh BAN-PT yang kualitas dan mutu pembelajaran tidak perlu diragukan lagi terbaiknya.

Universitas ini bahkan tidak sepi peminat dan dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan. Universitas ini memiliki Fakultas Kedokteran Gigi terakreditasi B dengan dua program studi, yakni Program Studi Kedokteran Gigi dan Program Studi Profesi Dokter Gigi. Selain itu, kampus ini juga dilengkapi dengan prasarana fakultas dan prasarana rumah sakit gigi dan mulut yang memadai.

Sehingga banyak calon mahasiswa yang memiliki minat di kedokteran gigi mengincar universitas satu ini. Adanya penjamin mutu juga bisa menjadi salah satu pertimbangan kamu jika ingin masuk ke universitas ini. Menetapkan kualitas standar kompetensi yang sesuai dengan standar capaian.
 

2. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mulawarman

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mulawarman

Universitas selanjutnya ini belum memiliki Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Kalimantan, terapi terdapat program studi Kedokteran Gigi di Fakultas Kedokteran. Kampus ini juga menjadi salah satu kampus yang terkenal dan telah terakreditasi A begitu pula dengan program studi kedokterannya. UNMUL ini juga dikenal memiliki studi kedokteran terbaik yang ada di Indonesia.

Fakultas Kedokteran ini berada di Kota Samarinda dengan peminat yang tinggi. Biaya UKT yang ditawarkan juga beragam berdasarkan golongan mulai dari Rp 500.000 hingga RP 25.537.000. Di dalam Fakultas Kedokteran ini terdapat dua program studi Kedokteran Gigi, yakni Sarjana Kedokteran Gigi dan Profesi Dokter Gigi.

Dengan proses pembelajaran sesuai dengan keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. PSKG FK Unmul menggunakan metode pembelajaran dengan student centred learning, pembelajaran berdasarkan permasalahan, kurikulum integrasi, community based learning, hingga kurikulum yang sistematik.

Sedangkan untuk program studi Profesi Kedokteran Gigi dengan penyelenggaraan Kepaniteraan klinik di RS Pendidikan Utama dengan metode Integration and Department approach. Selain itu ada juga pembelajaran holistik.

Selain Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Kalimantan terdapat juga beberapa kampus dengan Fakultas Kedokteran terbaik yang bisa menjadi referensi kamu. Berikut ini diantaranya

Universitas Palangka Raya

Untuk kamu yang tinggal di Kalimantan tengah dan tertarik dengan studi kedokteran, Universitas Palangka Raya bisa menjadi salah satu pilihan. Kampus yang kerap disapa UPR ini berdiri sejak 10 November 1963 memiliki akreditasi B dan Fakultas kedokteran sendiri berdiri sejak tahun 2013. Memang masih terbilang baru tetapi kampus ini memiliki banyak peminat.

Kampus dengan dua program studi yakni, Program Studi Pendidikan Dokter S1 dan Program Studi Profesi Dokter S-1. Berlokasi di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, UPR memiliki slogan, "Fakultas Kedokteran Universitas Palangka rRaya, sukses bersama kami".
 

Universitas Tanjungpura

Selanjutnya ada Universitas Tanjungpura yang terletak di Kalimantan Barat sudah berdiri sejak 1959. Kampus dengan akreditasi B ini memiliki besaran biaya studi yang terjangkau dan bisa mendapatkan berbagai program beasiswa. Fakultas Kedokteran yang berada di kampus ini sudah cukup bagus, bahkan memiliki layanan ikatan kesehatan bernama Rumah Sakit Universitas Tanjungpura.

Universitas ini membuka pendaftaran baru melalui jalur Beasiswa Pemerintah Daerah. Sehingga untuk kamu yang merasa kesulitan dalam finansial, tetapi ingin menjadi dokter bisa mengikuti PMB dengan jalur tersebut. Namun, kamu juga harus memperhatikan rasio pendaftaran atau kemungkinan diterima yang sangat kecil hanya 5%.

Itulah Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Kalimantan dan beberapa kampus diantaranya adalah Fakultas Kedokteran. Untuk kamu yang ingin berkuliah di kedua fakultas ini di Kalimantan ini perlu mempersiapkan diri secara fisik dan mental serta memperbanyak latihan soal.