BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

2 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Bali

Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Bali bisa menjadi rekomendasi apabila kamu tertarik pada jurusan tersebut. Bali merupakan pulau yang terkenal dengan wisatanya oleh seluruh penduduk Indonesia. Banyak turis asing yang memilih datang ke Indonesia untuk mengunjungi Pulau Bali. Hal tersebut karena Bali memiliki yang berbeda dengan pulau lainnya.

Tidak hanya terkenal dengan wisatanya saja tetapi Pulau Bali juga memiliki fakultas kedokteran yang terbaik. Bali memiliki kampus negeri hingga swasta yang bisa menjadi rekomendasi tempat belajar. Fakultas Kedokteran Gigi di Bali sebenarnya tidak banyak. Namun, Bali memiliki beberapa fakultas terbaik yang bisa menjadi pilihan.

Berapa Lama Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi

Program studi Kedokteran Gigi membutuhkan waktu belajar selama 6 tahun. Ini termasuk masa pendidikan formal di universitas dan magang di klinik atau rumah sakit. Setelah menyelesaikan program ini dan lulus ujian nasional, para lulusan akan memperoleh gelar Dokter Gigi (drg). Kedokteran Gigi adalah salah satu bidang profesi yang sangat bergengsi dan membutuhkan dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam belajar dan bekerja, namun juga memberikan kesempatan untuk memberikan layanan kesehatan berkualitas dan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Apa Saja yang dipelajari di Fakultas Kedokteran Gigi

Di program studi Kedokteran Gigi, para mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek dari ilmu kedokteran gigi, termasuk anatomi, fisiologi, patologi, farmakologi, dan ilmu material kedokteran gigi. Mereka juga akan mempelajari teknik diagnostik dan perawatan untuk berbagai masalah pada gigi dan mulut, seperti karies, gingivitis, dan masalah periodontal. Selain itu, para mahasiswa akan belajar tentang prosedur bedah mulut, endodontik, orthodontik, dan prostodontik, serta mempelajari cara membuat dan memasang berbagai jenis restorasi gigi, termasuk kronologi, ponti, dan gigi palsu. Program ini juga akan membekali para mahasiswa dengan pengetahuan tentang etika dan hukum dalam praktik kedokteran gigi, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi situasi yang mungkin terjadi di dunia praktik.

Rekomendasi Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Bali

2 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Bali


Tidak kalah dengan Pendidikan Dokter yang ramai menjadi incaran setiap SNMPTN dan SBMPTN. Prodi Kedokteran Gigi juga memiliki minat yang tinggi. Namun, program studi Kedokteran Gigi dan pendidikan dokter akan berbeda. Lulusan Kedokteran Gigi tidak perlu mengambil studi lanjutan spesialis lagi.

Kurikulumnya juga berbeda, mahasiswa Kedokteran Gigi bisa juga akan mendapat dasar-dasar ilmu kedokteran. Tetapi, langsung dilanjutkan dengan materi tentang kesehatan gigi.

Bagi kamu yang tertarik melanjutkan studi pada Kedokteran Gigi, Bali bisa menjadi rekomendasi fakultasnya. Berikut merupakan rekomendasi fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Bali:

1. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Udayana (UNUD)

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Udayana (UNUD)

Universitas Udayana merupakan salah satu universitas favorit di Indonesia. Banyak calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah pada salah satu jurusan. UNUD merupakan universitas negeri yang tertua di Bali.

Universitas Udayana atau Unud memiliki Fakultas Kedokteran Gigi yang terbaik. Terletak di Badung dan Denpasar Bali membuat Fakultas Kedokteran Gigi menjadi prioritas bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah Kedokteran Gigi. Untuk menjadi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana kamu bisa memilih jalur SNMPTN, SBMPTN, atau seleksi mandiri.

2. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar (Unmas)

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati Denpasar (Unmas)

Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Bali selanjutnya yaitu ada pada Universitas Mahasaraswati Denpasar. Universitas Mahasaraswati Denpasar adalah perguruan tinggi swasta yang dikelola oleh Yayasan perguruan Rakyat Saraswati Denpasar.

Unmas berdiri pada tahun 1963 dengan nama IKIP Saraswati kemudian berubah di Universitas Mahasaraswati Denpasar. Pada tahun 2015 Unmas mendapat peringkat ke-44 versi klasifikasi dan pemeringkatan perguruan tinggi Indonesia dan pendidikan.

Pada saat itu Universitas Mahasaraswati Denpasar berhasil mengungguli dua universitas negeri di Bali. Universitas Unmas memiliki berbagai fakultas dan jurusan. Salah satu fakultas yang banyak peminatnya yaitu Fakultas Kedokteran Gigi. Fakultas Kedokteran Gigi Unmas merupakan FKG swasta pertama yang ada di Bali.

Fakultas Kedokteran Gigi Unmas Denpasar telah terakreditasi dengan surat keputusan Badan Akreditasi Nasional perguruan tinggi. Dari awal dibuka pada tahun 1986 telah banyak calon mahasiswa yang berminat meneruskan pendidikan Unmas.

Program studi Fakultas Kedokteran Gigi Unmas juga sudah terakreditasi A. Jadi, bagi kamu yang memiliki minat pada kedokteran gigi tidak ada salahnya apabila melanjutkan pada FKG Unmas.

Syarat Masuk Fakultas Kedokteran Gigi

Sebelum kamu mendaftarkan diri pada fakultas kedokteran gigi, terdapat beberapa surat yang harus dimiliki. Syarat tersebut bisa membantu kamu dalam proses belajar mengajar selama kuliah. Cara tersebut seperti harus pintar dalam pelajaran biologi, kimia, fisika, dan memiliki keahlian dalam bahasa Inggris.

Melanjutkan pendidikan pada dokter gigi akan menempuh dalam 4 tahun atau 8 semester. Namun, rata-rata mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi akan menempuh pendidikan selama 3,5 tahun.

Tips Masuk pada Fakultas Kedokteran Gigi

Masuk di Fakultas Kedokteran Gigi bukan merupakan hal yang mudah. Butuh kerja keras supaya bisa diterima dan menjalani pendidikan Kedokteran Gigi. Namun, perlu khawatir yang bisa kamu lakukan supaya bisa masuk pada Fakultas Kedokteran Gigi:

1. Mencari Informasi Sebanyak-banyaknya

Tips masuk pada Fakultas Kedokteran Gigi yang pertama yaitu mencari informasi sebanyak-banyaknya. Sebelum mendaftarkan diri pada sebaiknya kamu mencari informasi tentang jurusan ini.

Pertama kamu bisa mencari tahu tentang FKG pada universitas yang akan dituju. Selanjutnya cari informasi lain terkait jurusan Kedokteran Gigi sebanyak-banyaknya pada Universitas tersebut.

Kamu mendapatkan informasi pada situs resmi atau bergabung dengan forum universitas. Cari tahu apa saja syarat dan ketentuan, biaya kuliah, dan passing grade. Tidak hanya itu, kamu juga bisa melakukan riset bagaimana keseharian mahasiswa kedokteran. Hal tersebut tentu sangat membantu supaya bisa melakukan persiapan.

2. Selalu Rajin Belajar

Tips masuk pada Fakultas Kedokteran Gigi selanjutnya yaitu selalu rajin belajar. Supaya bisa diterima pada jurusan tersebut memang harus rajin belajar. Hal tersebut karena yang mengincar jurusan sama.

Persaingannya cukup ketat, diterima sekitar 10% saja dari semua yang mendaftar. Apabila memiliki rencana diterima pada jurusan tersebut melalui SNMPTN, maka harus rajin belajar dari kelas 10 supaya nilai raport stabil.

Nah, itu dia ulasan tentang Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Bali yang bisa menjadi rekomendasi kamu. Bali bisa menjadi pilihan tempat belajar yang paling nyaman. Hal itu karena Bali bisa memberikan suasana belajar yang asyik. Jadi, Bali bisa menjadi pilihan tempat belajar yang tepat.