BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Jurusan Farmasi Bisa Jadi Apa? Jangan Berkecil Hati, Ini Peluang Besarnya

Jurusan farmasi bisa jadi apa? Farmasi, jurusan tersebut mungkin menjadi hal yang membuat Anda belajar dan mulai memutar otak. Mungkin, rata-rata jawaban orang adalah menjadi seorang Apoteker. Namun ternyata, peluang tersebut semakin hari juga semakin sedikit. Dengan demikian itu juga, kita harus melek kira-kira peluang apa yang bakalan kita dapatkan saat memilih jurusan kuliah Farmasi.

Faktanya, banyak orang yang memilih farmasi dan menjadikan alternatif tersendiri. Terlebih lagi Anda merupakan tipe siswa yang suka dengan ilmu kimia dan kesehatan. Memilih jurusan farmasi juga bisa menjadi pertimbangan tersendiri. Anda tak perlu mengkhawatirkan tentang peluang kerjanya. Adanya banyak peluang kerja yang bakalan Anda dapatkan. Tidak melulu jadi apoteker kok, kalau Anda tidak suka.

Bagi Anda yang belum mengetahui akan jurusan ini. Ketahuilah bahwa studi farmasi itu jurusan perkuliahan yang banyak peminatnya. Titik fokusnya adalah mempelajari obat-obatan. Walaupun nantinya Anda juga akan belajar kimia yang berkaitan dengan Mikrobiologi.

Jurusan Farmasi Bisa Jadi Apa?

Jurusan Farmasi Bisa Jadi Apa? Simak Ini Peluangnya

Saat Anda memilih jurusan farmasi, jadilah mahasiswa rajin dan teladan. Mungkin memilih jurusan ini Anda juga harus cerdik dan pintar. Kerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen, presentasikan hasil kerja dengan baik juga. Sebab yang demikian itu akan menguntungkan diri Anda sendiri. Anda bisa skripsi dengan lebih cepat. Jika masih mau melanjutkan ya, its ok. Jika mau langsung kerja, tidak masalah juga.

Bagi Anda yang masih melarang anaknya untuk mengambil jurusan tersebut. Namun, meragukan peluang apa yang bisa membuat Anda sukses karena jurusan farmasi itu sendiri. Jika Anda berpikirin peluang Apoteker semakin hari semakin sedikit, itu tidak salah. Daripada tidak kuliah karena ragu peluang kerjanya, ini penjelasan lengkapnya.

Industri di Perusahaan

Untuk peluang jurusan farmasi bisa jadi apa yang pertama adalah industri di sebuah perusahaan. Anda yang tertarik dengan teknik pembuatan serta formula, juga penentuan bahan baku dari suatu produk. Maka, peluang yang satu ini sangat cocok dan menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang lulusan Farmasi ini.

Dalam bidang ini juga, Anda umumnya akan ditempatkan pada posisi research and development. Merupakan pekerjaan mengembangkan produk. Mulai dari skala laboratorium sampai pada produksinya. Nyatanya di Nusantara terdapat banyak perusahaan yang membutuh jurusan farmasi. Belum lagi jika Anda memilih perusahaan makanan, kosmetik, obat-obatan, dan lainnya.

Dosen

Kemudian jurusan farmasi bisa jadi apa maka jawabannya adalah menjadi seorang Dosen. Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa hampir semua keilmuan memiliki kesempatan untuk berkarir menjadi tenaga pengajar. Jika Anda memiliki minat guna mengembangkan ilmu farmasi tersebut. Maka, Anda juga bisa mengambil pekerjaan sebagai seorang Dosen atau pengajar di sebuah Universitas.

Tingginya permintaan tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang ini, menyebabkan beberapa Universitas juga gencar mencari Dosen. Hal tersebut tentunya menjadi kesempatan emas, peluang yang besar bagi Anda yang sebelumnya sudah memilih jurusan Farmasi. Anda sebagai pengajar nantinya juga memiliki peluang yang besar guna menciptakan pelajar yang lebih unggul dan berkualitas.

Lembaga Pemerintah

Berikutnya peluang besar yang bisa seorang dapatkan karena memilih jurusan farmasi adalah sebagai salah satu anggota dalam lembaga pemerintahan. Hal ini mungkin sangat wajar kita dengar. Pasalnya, sebagian besar lulusan perguruan tinggi juga diajak untuk bekerja pada bidang lembaga pemerintahan. Tidak bisa dipungkiri juga lulusan farmasi juga merupakan salah satunya.

Misalnya menjadi apa? Mudah saja, Anda jurusan farmasi bisa jadi apa ? Bekerja di Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM. Dalam hal ini juga bisa dikatakan hampir sama dengan bekerja pada bidang farmasi industri. Anda nantinya juga akan mengerjakan tugas yang berkaitan dengan penyusunan regulasi terkait dengan pengaturan penggunaan obat. Selain itu juga fungsi pengawasan obat, kosmetik, juga makanan yang beredar di masyarakat.

Apoteker

Selain itu, Anda juga bisa menjadi seorang Apoteker. Bisa dikatakan bahwa peluang pekerjaan yang satu ini merupakan yang paling banyak diminati. Tetapi justru banyaknya peminat tersebut, peluangnya sedikit, tapi bukan tidak mungkin juga jika Anda merupakan salah satu yang berhasil. Guna menjadi seorang Apoteker Anda juga tidak hanya harus kuliah farmasi saja, lho, ya.

Biasanya untuk menjadi apoteker Anda setelah lulus S1 harus melanjutkan kuliah lagi dengan mengambil profesi apoteker. Lama profesi apoteker tersebut adalah 2 semester. Setelah itu Anda bisa bekerja di rumah sakit ataupun apotek. Tugas dari seorang apoteker adalah melakukan pelayanan kefarmasian pasien yang melakukan pengobatan.

Jika masih ada yang bertanya jurusan farmasi bisa jadi apa, jawabannya beragam. Anda juga bisa jadi asisten apoteker. Tidak perlu berkecil hati jika Anda sudah membulatkan tekad untuk kuliah jurusan farmasi.