BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Berapa Lama Kuliah S1 Farmasi? Yuk Coba Cari Tahu

Berapa lama kuliah S1 Farmasi perlu diketahui agar bisa mempersiapkannya. Sebelum Anda memilih jurusan Farmasi, akan lebih baik mengenal jurusan farmasi terlebih dahulu. Jurusan farmasi merupakan suatu ilmu interdisipliner karena menjadi gabungan dari beberapa ilmu lainnya.

Mulai dari gabungan ilmu biologi, kimia, hingga kesehatan. Bukan hanya sekedar mempelajari cara serta teknologi pembuatan obat-obatan. Ternyata jurusan farmasi juga mempelajari cara penyimpanan, pengadaan, dan penyalurannya.

Mahasiswa jurusan farmasi yang akan mempelajari senyawa dan sintesis obat, kemudian meraciknya hingga menjadi obat yang layak dan aman Anda konsumsi. Perlu diingat bahwa, jurusan farmasi juga erat kaitannya dengan penyebab penyakit, serta obat yang tepat untuk menanganinya. Oleh karena itu, cara kerja obat dalam tubuh perlu Anda pelajari dengan detail jika memilih jurusan farmasi.

Tak cukup menggunakan teori saja, namun mahasiswa jurusan farmasi memang lebih kerap melangsungkan kegiatan praktik atau praktikum di ruang laboratorium dalam hal meracik obat secara langsung. Untuk itu, mahasiswa jurusan farmasi perlu memiliki kemampuan analisis yang baik. Hal ini bertujuan dalam meminimalisir efek samping dari bahan-bahan yang menjadi komposisi untuk obat manusia.

Berapa Lama Kuliah S1 Farmasi?

Pahami Berapa Lama Kuliah S1 Farmasi ?

Perlu Anda ketahui bahwa, mata kuliah dari jurusan farmasi biasanya berbeda-beda di setiap universitas. Sebab, pada tiap universitas memiliki kurikulum yang berbeda-beda. Meskipun demikian, secara umum mata kuliah yang akan Anda pelajari di jurusan farmasi cukup beragam. Mulai dari farmasetika dasar, biokimia, farmakologi dasar, farmasi fisika, dan toksikologi, farmakognosi, serta farmakologi sistem organ. Selain itu, mempelajari farmasi forensik, interaksi obat, hingga farmasi klinik.

Sama seperti jurusan kuliah lainnya, jurusan farmasi juga membutuhkan konsentrasi atau peminatan yang memungkinkan mahasiswa jadi lebih fokus untuk mempelajari turunan bidang ilmu farmasi. Setiap universitas umumnya memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan peminatan ini. Secara umum, ada empat peminatan untuk jurusan farmasi, yakni:
  • Farmasi Sains dan Teknologi, peminatan ini yang fokusnya terhadap pengembangan obat yang sudah ada atau obat yang baru ingin Anda buat.
  • Farmasi Industri, konsentrasi ini dalam memahami industri pengolahan obat yang berskala besar.
  • Farmasi Klinik, ilmu ini yang akan mendalami farmasi untuk klinik, rumah sakit, hingga apotek.
  • Farmasi Bahan Alam, minat jurusan ini yang fokusnya pada produksi obat dan berasal dari bahan organik atau bahan alam semisal obat herbal.
Berapa lama kuliah S1 Farmasi di Indonesia, biasanya sekitar 4 hingga 6 tahun, tergantung dari jenjang pendidikan yang dipilih. Untuk program studi S1 Farmasi, lamanya waktu kuliah biasanya sekitar 4 tahun. Sementara untuk program studi S2 Farmasi atau program doktor (S3) Farmasi, lamanya waktu kuliah yakni sekitar 2 hingga 3 tahun.

Sehingga, jika Anda ingin menyelesaikan program studi S1 Farmasi, maka perlu menghabiskan waktu kuliah sekitar 4 tahun. Sementara, jika Anda ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, akan menghabiskan waktu kuliah yang lebih lama lagi. Sebaiknya Anda perlu mempertimbangkan keputusan dengan baik sebelum memilih jurusan yang akan diambil.

Jurusan kuliah farmasi bisa ditempuh dalam waktu sekitar 3,5 hingga 4 tahun sama halnya dengan jurusan lainnya. Setelah menyelesaikan studi pada jurusan ini, Anda akan menyandang gelar Sarjana Farmasi atau S. Farm bagi seorang lulusan strata 1 atau S1. Kemudian setelahnya, lulusan S1 jurusan farmasi bisa meneruskan studinya dengan fokus ajar pendidikan profesi apoteker selama satu tahun. Hal ini agar menjadi apoteker yang nantinya akan memperoleh gelar Apt.

Alasan Memilih Jurusan Farmasi

Bagi orang awam terkadang belum mengenal mengenai farmasi dan berapa lama kuliah S1 Farmasi. Jika seseorang ingin mempelajari dunia farmasi atau berkarir pada dunia kerja farmasi. Setelah Anda lulus SMP, maka bisa memilih sekolah di Sekolah Menengah Farmasi.
Saat ini Sekolah Menengah Farmasi sudah mulai banyak di beberapa kota seluruh Indonesia. Mulai dari Bandung, Jakarta, Semarang, Medan, Surabaya, hingga kota besar serta kota kecil lainnya di Indonesia. Terdapat sejumlah alasan seseorang memilih jurusan Farmasi sebagai berikut.

Menyukai Bidang Kesehatan

Salah satu alasan yang menjadikan seseorang minat di jurusan farmasi yakni kecintaannya terhadap dunia kesehatan. Selain itu, berminat untuk terjun di bidang kesehatan untuk menyembuhkan serta menyehatkankan kembali manusia dengan obat.

Prospek Kerja Luas

Prospek kerja dari jurusan farmasi terbilang sangat luas. Pekerjaan yang memerlukan lulusan farmasi sangat besar, sebenarnya bukan hanya sekedar sebagai apoteker saja. Namun, Anda juga bisa bekerja di industri obat-obatan, kosmetik, hingga makanan. Hal ini tentunya akan memberikan banyak pengalaman menarik bagi Anda.

Kesejahteraan Terjamin

Perlu diketahui bahwa gaji seorang apoteker cukup tinggi sehingga akan menjamin kesejahteraan pada masa mendatang. Tentu terasa menyenangkan jika Anda bisa memiliki gaji yang mahal dan bekerja sesuai minat.

Dengan mengetahui berapa lama kuliah S1 Farmasi, Anda bisa coba mempersiapkannya. Jalani masa kuliah dengan maksimal agar kedepannya akan mendapatkan kehidupan yang layak.