BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Farmasi Masuk Kedalam Fakultas Apa? Yuk Cari Tahu!

Farmasi masuk kedalam fakultas apa? Jawaban tentu fakultas farmasi juga, sesuai bidang yang Anda minati. Jurusan farmasi mungkin sering dipandang sebelah mata lantaran jarang ada yang minat dengan eksistensinya.

Namun seiring berjalanya waktu, popularitas jurusan ini semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini bisa dilihat secara langsung, dari meningkatnya minat orang yang tertarik untuk masuk ke jurusan ini baik dari perguruan tinggi negeri atau swasta.

Farmasi merupakan jurusan yang masuk dalam ilmu pengetahuan alam  atau saintek dalam bidang sejarah. Untuk memahaminya maka kami berikan informasi mengenai fakultas farmasi ini, sehingga Anda bisa lebih paham mengenainya.

Bingung Farmasi Masuk Kedalam Fakultas Apa?

Farmasi adalah ilmu yang mempelajari segala bentuk mengenai obat-obatan. Ilmu ini merupakan terapan dari tiga bidang yaitu kedokteran, kimia dan biologi. Ruang lingkup ilmu farmasi tidak hanya pada bidang eksakta, namun juga pada bidang ilmu sosial dan ekonomi.

Memilih berkuliah di jurusan farmasi cukup berpeluang besar untuk Anda yang langsung ingin mendapatkan pekerjaan. Gaji yang dihasilkan dari kegiatan yang berhubungan dengan farmasi ini juga lumayan besar. Apalagi tidak ada yang boleh memberikan obat kecuali  sudah belajar farmasi.

Ada bisa menjadi apoteker, tenaga teknis farmasi seperti sarjana farmasi, ahli madya farmasi, analisis farmasi, tenaga menengah farmasi dan sebagainya. Dokter apoteker Indonesia akan ditandai dengan gelar apt.

Orang yang berhak melakukan pekerjaan ke apotek hanya apoteker yang memiliki pengalam dalam pekerjaan afirmasi yang dilakukan. Hal ini berbeda dengan dokter, Anda perlu tahu itu. Jas yang digunakan apoteker berwarna putih gading berbeda dengan jas dokter yang berwarna putih tulang.

Untuk Anda yang berminat, maka kami akan jawab pertanyaan farmasi masuk kedalam fakultas apa? Farmasi bisa masuk ke fakultas Farmasi yang dikhususkan dalam bidangnya. Jurusan ini berfokus pada obat obatan, kimia, biologi, dan kesehatan.

Apa Ilmu Farmasi Penting?

Farmasi masuk kedalam fakultas apa? Farmasi tentunya penting untuk dipelajari apalagi jika Anda ingin menjadi seorang apoteker. Memiliki ilmu farmasi bisa membantu Anda dalam mempelajari obat obatan. Seorang mahasiswa farmasi biasanya mempelajari tentang senyawa dan sintesis obat, kemudian mereka menjadi sebuah obat yang layak untuk dikonsumsi.

Biasanya para peneliti yang bekerja untuk menemukan obat sebuah penyakit juga berkuliah di farmasi. Jadi farmasi tentunya menjadi sebuah jurusan yang penting untuk kehidupan, apalagi dokter hanya mengobati tidak membuat obat.

Tidak hanya belajar tentang teori, mahasiswa farmasi juga melakukan praktik maupun praktikum meracik obat di laboratorium. Jadi Anda bisa lebih mengerti bagaimana cara meracik obat dengan takaran yang pas.

Farmasi Masuk Kedalam Fakultas Apa?

Jika jika bertanya farmasi masuk kedalam fakultas apa? Maka Anda bisa menjawab dengan fakultas farmasi. Apa Anda tertarik untuk masuk ke farmasi, sebelum masuk Anda bisa memahami informasi berikut ini.

Pendidikan yang Diberikan Tidak Hanya Tentang Obat

Berkuliah di farmasi, pasti yang ada di benak adalah pil obat obatan. Nyatanya farmasi tidak melulu tentang obat. Ada banyak produk lain yang bisa diracik, sehingga mendasari ilmu farmasi. Mulai dari meracik kosmetik, makanan, serta perawatan kulit.

Produk-produk tersebut kemungkinan besar menggunakan beberapa zat khusu yang tidak dipahami orang awam. Sedangkan jika berkuliah di farmasi, maka memiliki ilmu darat untuk melakukan pengukuran pada zat yang akan ditambahkan dalam produk yang sesuai.

Praktik Jauh Lebih Banyak

Farmasi masuk kedalam fakultas apa? Jurusan afirmasi yang jauh dari bayangan, farmasi tidak hanya mengenal jenis obat dan bahan di dalamnya. Namun juga melakukan praktek pembuatan obat tersebut. Farmasi dipenuhi dengan praktek dibanding materi di kelas.

Hampir 70% kegiatan dalam jurusan farmasi melakukan praktikum di laboratorium. Hal ini bertujuan agar para mahasiswa terbiasa melakukan praktek. Karena ketika siswa telah lulus maka pekerjanya tidak akan jauh dari laboratorium. Kegiatan praktikum bisa dilakukan sangat panjang.

Jenis Mata Kuliah Jurusan Farmasi

Karena tidak jauh dari medis maka Anda akan belajar, ilmu pengetahuan alam dengan lebih mendalam. Fisika dan kimia juga masuk dalam farmasi. Selain itu Anda juga akan belajar tentang anatomi tubuh manusia. Sebagian besar mata kuliah akan dilakukan dengan taktik agar mahasiswa dapat paham.

Penjurusan

Memilih jurusan ini maka Anda harus fokus untuk menelaah turunan dalam ilmu farmasi. Umumnya ada 4 permintaan yang ada dalam jurusan ini.
  1. Farmasi sains dan teknologi, berfokus untuk mengembangkan obat yang ada atau obat baru
  2. Farmasi industri lebih fokus untuk mendalami industri pengelolaan obat dalam skala besar
  3. Farmasi klinik, mempelajari tentang ilmu klinik, rumah sakit dan apotik
  4. Farmasi bahan alami, berfokus pada penelitian obat obatan yang terbuat dari bahan alam, bahan organik, seperti obat herbal

Jadi jika Anda bertanya farmasi masuk kedalam fakultas apa? Maka jawabanya adalah fakultas farmasi yang khusus menangani obat-obatan. Obat yang di maksud bukan hanya obat medis melainkan semua zat dan bahan yang bermanfaat untuk manusia.