BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Fakultas Ilmu Keperawatan Belajar Apa? Ini Dia Jawabannya!

Tahukah kamu bahwa fakultas ilmu keperawatan menjadi salah satu program studi yang banyak diincar oleh calon mahasiswa. Karena di dalam fakultas ini mahasiswa akan dididik dan dipersiapkan untuk menjadi seorang perawat yang profesional. Fakultas ini diperuntukan kamu yang ingin menjadi seorang perawat handal. Lalu di fakultas ilmu keperawatan belajar apa? Bagaimana dengan prospek kerjanya? Berikut ini kita akan membahasnya.

Fakultas Ilmu Keperawatan Belajar Apa? Ini Dia Jawabannya!

Fakultas ilmu keperawatan ini mempelajari tentang teori dan praktik untuk perawatan kesehatan pasien, secara fisik dan mental. Mahasiswa di fakultas ini dilatih untuk bisa berpikir kritis, keterampilan, dan pemahaman untuk memenuhi kebutuhan pasien. Sebelum masuk ke jurusan ini kamu harus tahu dahulu apa itu ilmu keperawatan dan studi di fakultas ilmu keperawatan belajar apa? 

Tentang Fakultas Ilmu Keperawatan

Fakultas ini sendiri merupakan salah satu bidang studi yang memiliki peminat banyak, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Di dalamnya mahasiswa akan mempelajari bagaimana respon individu terhadap berbagai macam kondisi yang terjadi dan cara untuk mengatasi kondisi tersebut. Tentunya hal ini harus dilandasi dengan ilmu biokimia, humaniora, biologi, anatomi, fisika, fisiologi, dan perilaku dasar-dasar perawatan.

Perawat bukanlah asisten seorang dokter akan tetapi merupakan mitra dokter untuk bekerja sama dalam membantu kesembuhan pasien. Ilmu keperawatan ini mendalami materi bagaimana cara pelayanan yang tepat untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal. Lalu fakultas ilmu keperawatan belajar apa?

Fakultas Ilmu Keperawatan Belajar Apa?

Berikut ini beberapa mata kuliah umum yang akan kamu pelajari sebagai mahasiswa di fakultas ilmu keperawatan.

1. Konsep Dasar Keperawatan

Di dalam mata kuliah ini kamu akan belajar tentang seluk beluk ilmu keperawatan. Konsep dasar ilmu keperawatan ini juga menjadi landasan untuk memberikan asuhan keperawatan. Kamu juga akan mempelajari konsep-konsep dasar yang diperlukan untuk merawat klien. Tidak kalah penting juga kamu akan berkenalan dengan tokoh-tokoh yang sudah melahirkan teori keperawatan.

2. Ilmu Biomedik

Selanjutnya ada ilmu biomedik. Di dalam ilmu ini akan mengajarkan tentang struktur dan fungsi tubuh manusia saat keadaan sehat. Ilmu ini mencakup perorganisasian yang terjadi di dalam tubuh manusia mulai dari jaringan, tingkat sel, organ hingga ke sistem organ tubuh manusia. Selain itu kamu juga akan mempelajari tubuh manusia mulai dari aspek ilmu kimia, biologi, biokimia, fisika, anatomi dan fisiologi. Lalu selain itu di fakultas ilmu keperawatan belajar apa? 

3. Ilmu Dasar Keperawatan

Selain konsep kamu juga akan mempelajari bagaimana cara mengembangkan pengetahuan yang berhubungan dengan perubahan dari fungsi, struktur, dan biokimia tubuh manusia hingga patofisiologi penyakit. Mata kuliah ini berfokus dengan konsep dasar patologi yang diantaranya ada jejas sel, penuaan, neoplasia, gangguan perfusi, gangguan cairan, teknik aseptik, konsep dasar mikrobiologi dan prinsip dasar farmakologi.

4. Etika dan Hukum Kesehatan

Untuk memaksimalkan dalam pelayanan, etika dan hukum kesehatan menjadi landasan kerja untuk para petugas kesehatan sebelum kemudian terjun untuk melakukan tugas. Seorang petugas kesehatan harus mampu menerapkan etika dan hukum kesehatan yang berlaku baru nanti bisa dikatakan sebagai petugas kesehatan profesional. Maka dari itu mahasiswanya harus mempelajari serta memahami tentang aspek legal dalam praktik kesehatan. Pembelajaran mata kuliah ini meliputi kaidah dasar bioetika, etika dan etika kelompok, teori etika, etika antar profesi kesehatan, malpraktek dan aturan undang-undang yang terkait tentang pelayanan kesehatan.

5. Keperawatan Jiwa

Kamu akan mempelajari konsep, prinsip, dan trend serta isu dalam kesehatan dan keperawatan jiwa. Mata perkuliahan ini akan membahas mengenai klien selaku sistem adaptif di dalam tentang respon sehat jiwa hingga gangguan jiwa, psikodinamika, dan juga adanya masalah kesehatan pada keperawatan jiwa yang dimana hal ini bisa terjad di Indonesia. Selain ini fakultas ilmu keperawatan belajar apa?

6. Keperawatan Medikal Bedah

Mata kuliah ini berfokus di identifikasi dari pemenuhan kebutuhan klien dewasa dengan gangguan dari pemenuhan kebutuhan di sistem pernapasan dan kardiovaskuler. Di sistem kebutuhan akan didiskusikan fenomena kasus dari penyakit dan respon akibat sakit. Baik hal ini dari sisi penyakit dalam dan juga bedah.

7. Keperawatan Anak

Kamu akan belajar konsep keperawatan anak di dalam kontes keluarga. Materi ini meliputi tumbuh kembang anak, perspektif keperawatan anak, konsep hospitalisasi, perawatan atraumatik dan promosi kesehatan yang sesuai dengan tumbuh kembang dari anak. Mahasiswa diharapkan untuk mampu merencanakan asuhan keperawatan dalam menangani masalah kesehatan yang berhubungan dengan tumbuh kembang anak.

Prospek Kerja

Fakultas ilmu keperawatan memiliki prospek karir yang luas. Hal ini dilihat dari kebutuhan tenaga medis profesional yang semakin banyak. Perawat bisa bekerja di Rumah Sakit, bisa juga di fasilitas perawatan, klinik swasta bahkan pangkalan militer. Bahkan tidak jarang perawat bisa bekerja sebagai pelayanan keperawatan mandiri. Selain itu lulusan ilmu keperawatan dapat menjadi tenaga pendidik.


Jadi, fakultas ilmu keperawatan belajar apa? Fakultas ini mempelajari segala hal yang berkaitan dengan cara pelayanan untuk pasien yang bertujuan untuk mencapai derajat kesehatan yang maksimal dan optimal. Jika kamu sedang memilih jurusan untuk kuliah bisa mempertimbangkan jurusan ini untuk karir kamu.