BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Calon Mahasiswa Harus Tahu Apa Keuntungan Kuliah Keperawatan?

Apa keuntungan kuliah keperawatan? Keuntungan kuliah dengan mengambil jurusan keperawatan adalah prospek kerja yang paling dibutuhkan sebab jangka panjang. Keperawatan merupakan salah satu bidang yang menjadi primadona jurusan kampus di Tanah Air.

Setiap tahunnya kurang dari ribuan calon mahasiswa memperebutkan bangku kuliah pada jurusan keperawatan favorit. Kuliah menjadi jenjang pendidikan paling tinggi dan jenjang pendidikan ini akan membuat cita-cita seseorang tercapai.

Jenjang pendidikan yang lebih tinggi akan membuat hidup dan masa depan sukses serta cerah. Maka dari itu, calon mahasiswa memilih jurusan apa yang ingin dilanjutkan dalam menuju kesuksesan.

Salah satunya jurusan keperawatan yang menjadi banyak incaran calon mahasiswa. Ada banyak manfaat atau keuangan ketika Anda memilih jurusan keperawatan. Apa saja itu? Artikel kali ini akan membahasnya.


Apa Keuntungan Kuliah Keperawatan?

Apa Keuntungan Kuliah Keperawatan?

Sudahkan Anda tahu apa keuntungan kuliah keperawatan? Tentuya jurusan keperawatan ini memiliki banyak keuntungan dan manfaat bagi calon mahasiswa yang memilihnya. Keperawatan merupakan salah satu jurusan kuliah paling banyak diincar bakalan dipilih untuk calon mahasiswa.

Boomingnya jurusan ini membuat banyak orang menjadi penasaran apa saja keuntungan dan alasan masuk kuliah keperawatan. Sehingga banyak sekali lulusan SMA/SMK yang melanjutkan pendidikannya pada jurusan ini. Agar Anda tidak penasaran lagi, mari simak ulsan berbagai macam keuntungan dari melanjutkan jurusan keperawatan ini apa saja?

1. Membantu Orang Lain dalam Bidang Kesehatan

Keuntungan pertama yang bisa Anda sarana adalah bisa membantu orang lain dalam bidang kesehatan bahkan membantu anggota keluarga ketika sedang mengalami sakit. Ya, tenaga kesehatan sangat dibutuhkan oleh setiap orang.

Banyak mahasiswa mengambil jurusan keperawatan ini sebab ingin membantu sanak keluarga di bidang kesehatan. Sebab dengan mempunyai ilmu di bidang kesehatan maka dapat membantu keluarga dalam konsultasi serta mengatasi masalah kesehatan sesuai dengan bidang Anda miliki.

2. Jam Kerja yang Lebih Fleksibel

Buat Anda yang bosan dengan rutinitas belajar mulai pukul 7- 4 sore, bisa memilih menjadi perawat. Jadwal untuk kerja perawat lebih fleksibel seperti peraturan shift pagi, siang, dan malam. Hanya saja Anda harus siap dengan resiko tidak akan mendapatkan libur saat hari Minggu atau libur nasional.

3. Membuka Praktik Mandiri

Mungkin bagi Anda beranggapan bahwa bidan dan dokter saja bisa membuka usaha praktek mandiri, perawat juga bisa lho. Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan ketika membuka praktek perawatan luka diabetes atau pos perawatan tindakan sesuai aturan pemerintah serta UU mengenai keperawatan.

4. Mempunyai Jaringan Wawasan dan Pengetahuan Baru

Keuntungan kelima ketika Anda mengambil jurusan keperawatan yakni bisa mempunyai jaringan dan wawasan baru. Anda akan mempunyai teman atau jaringan baru ketika mengambil jurusan satu ini.

Jadi dengan ini Anda akan mempunyai koneksi baru pertemanan hingga peluang untuk membuka praktek kesehatan. Selain jaringan baru, Anda juga akan mendapatkan banyak ilmu baru dari para senior, dokter spesialis dan lainya. Banyak juga klinik dan rumah sakit yang menyelenggarakan seminar untuk para karyawan.

5. Mempunyai Prospek Karir yang Cerah

Keuntungan selanjutnya yaitu mengenai segi prospek kerja. Kuliah jurusan keperawatan menuntun Anda untuk siap kerja dalam berbagai macam kondisi. Bahkan ketika menghadapi komplain dari pasien atau keluarga pun Anda sudah diajari terlebih dahulu.

Anda bisa bekerja di berbagai klinik atau rumah sakit baik lokal hingga mancanegara. Gaji yang didapatkan memang bervariasi tergantung pada tempat Anda bekerja mulai jutaan rupiah.

7. Menyenangkan

Siapa bilang kuliah keperawatan membosankan? Justru Anda bakalan mendapatkan banyak pengalaman. Bukan hanya melalui teori saja, melainkan berpartisipasi langsung dengan masyarakat, lingkungan sekitar serta pasien di rumah sakit atau puskesmas saat berada di lahan praktek.

8. Bisa Menjadi PNS

Ada banyak sekali lowongan PNS yang membutuhkan ijazah keperawatan sehingga Anda akan berpeluang mengabdi pada negeri. Gaji seorang PNS lumayan memberikan mulai jutaan rupiah dengan tambahan insentif, tunjangan, dan lain sebagainya.

9. Bisa Bekerja di Luar Negeri

Selanjutnya apa keuntungan kuliah keperawatan? Nah Anda bisa bekerja di luar negeri dengan gaji yang lebih besar. Tentunya untuk fasilitas kerja dan tunjangan karir akan lebih sukses Anda nikmati di usia muda. Hal ini tentu ada perbedaanya ketika Anda menjadi perawat lokal.

10. Bisa Menjadi Seorang Pengajar

Jurusan keperawatan bagi anak mahasiswa bukan hanya menjadi seorang perawat saja. Melainkan Anda juga bisa menjadi seorang pendidik di Sekolah Menengah Kesehatan atau dosen keperawatan. Namun untuk menjadi profesi ini, Anda harus melanjutkan ke jenjang lebih tinggi lagi.


Sekarang Anda sudah tahu bukan apa keuntungan kuliah keperawatan? Kini giliran Anda melanjutkan tingkat bangaku kuliah dengan mengambil jurusan perawat agar sukses dimasa depan dan nikmatilah kesuksesannya saat tua kelak. Pilihlah Universitas terbaik untuk jenjang karir dan masa depan Anda.