Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sesuai dengan Jenisnya Berapa Gaji Seorang Perawat?

Berapa gaji seorang perawat? Pastinya banyak yang bertanya-tanya mengenai gaji seorang perawat. Hal tersebut dikarenakan biaya untuk sekolah seorang perawat dapat dikatakan mahal. Pasalnya di Indonesia sendiri besaran gaji yang didapatkan berbeda-beda. Hal tersebut tergantung pada UMP, jenis rumah sakit yang menjadi instansinya, status, serta pengalaman menjadi perawat tersebut.

Sesuai dengan Undang-Undang RI No 23 Tahun 1992 mengenai Kesehatan. Perawat merupakan seseorang yang mempunyai kewenangan dalam melakukan sebuah tindakan yang berdasarkan dengan ilmu yang didapatkan ketika menempa pendidikan keperawatan.

Agar bisa menjadi seorang perawat, Anda perlu menempuh pendidikan keperawatan baik untuk D-3 ataupun pendidikan S-1. Apabila Anda memilih dengan tingkatan D-3, nantinya waktu pendidikan yang akan Anda jalani selama 3 tahun. Sementara untuk tingkatan S1 keperawatan akan Anda tempuh kurang lebihnya 6 tahun.

Bagi mahasiswa D3 Keperawatan akan memperoleh gelar A.Md,.Kep atau Ahli Madya setelah selesai menyelesaikan pendidikannya atau dinyatakan lulus. Kemudian berapakan besaran untuk gaji perawat D3? Untuk mengetahui jawabannya, Anda bisa simak berikut ini.

Berapa Gaji Seorang Perawat?

Sesuai dengan Jenisnya Berapa Gaji Seorang Perawat?

Perlu Anda ketahui, bahwa nominal besaran gaji seorang perawat rupanya berbeda-beda. Salah satu nya yang menjadi pengaruh yaitu ruang lingkup sebuah profesi yang diambil serta daerah dari tempat bekerja perawat tersebut. Namun, biasanya gaji perawat dengan lulusan D3 di Indonesia mempunyai rata-rata kurang lebihnya antara Rp 4 juta sampai dengan Rp 7 juta untuk pemula.

Sementara untuk perawat yang senior memiliki gaji dapat mencapai Rp 10 juta atau bahkan bisa lebih. Untuk itu berikut ini jenis-jenis ruang lingkup dari keperawatan dengan nominal gaji sesuai dengan rata-rata.

Perawat Rumah Sakit

Berapa gaji seorang perawat? Pada umumnya lulus D3 dari Keperawatan akan bekerja menjadi seorang perawat yang ada di rumah sakit jika telah memiliki STR atau Surat Tanda Registrasi yang berasal dari pemerintah. Sekarang ini pembuatan STR tersebut telah dapat Anda lakukan dengan online atau daring. Untuk syaratnya yaitu dokumen ijazah kelulusan.

Nantinya, setelah mempunyai STR Anda dapat memilih jenis rumah sakit yang Anda inginkan. Contohnya saja dimulai dari rumah sakit dengan pelat merah, swasta, atau bisa juga rumah sakit yang ada di luar negeri. Untuk nominal besaran gaji seorang perawat rumah sakit per bulannya dengan mempunyai STR yaitu Rp 4 juta sampai dengan Rp 7 juta.

Perawat Puskesmas

Berapa gaji seorang perawat? Menurut dari Hasil kajian insentif tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas Kementerian Kesehatan serta self assessment Tim Nusantara Sehat telah menyatakan bahwa seorang perawat memiliki gaji pokok sebanyak Rp 2.250.148. Pasalnya gaji tersebut di luar dari tunjangan, uang transport, serta uang makan yang semuanya tergantung pada daerah tempat kerja masing-masing. Dengan kira-kira untuk besaran daerah yang terpencil kurang lebihnya Rp 555.000 serta untuk daerah yang biasa sebesar Rp 3.666.081.

Sehingga hal tersebut bisa disimpulkan bahwa besaran gaji seorang perawat Puskesmas sebanyak Rp 5,2 juta sampai dengan Rp 5,8 juta. Besaran tersebut hasil dari penghasilan gaji pokok serta tunjangan yang diluar gaji pokok.

Perawat Homecare

Bukan hanya bertugas pada sebuah instansi, perawat juga dapat memilih sebagai perawat homecare yang mempunyai tugas merawat bayi, anak kecil, lansia, atau pasien dengan kebutuhan khusus. Perawat jenis tersebut mempunyai jam kerja yang luwes. Lantas berapa gaji seorang perawat? Untuk kisaran gaji dari seorang homecare dengan mempunyai STR yang berasal dari pemerintah yaitu per bulannya mulai dari Rp 2,5 juta sampai dengan Rp 7 juta. Gaji tersebut dapat disesuaikan dengan keadaan pasien yang dirawatnya.

Perawat Gawat Darurat

Berapa gaji seorang perawat? Terlebih jika perawat tersebut khusus untuk gawat darurat. Pasalnya sesuai dengan namanya, perawat gawat darurat akan bekerja yang ditempatkan pada UGD pada sebuah rumah sakit atau klinik. Seorang perawat UGD telah dipercaya untuk melakukan penanganan serta mengambil keputusan genting sesuai dengan tingkatan dari kegiatan seorang pasiennya.

Menjadi seorang perawat gawat darurat juga perlu mempunyai sejumlah sertifikasi tindakan gawat darurat. ANtara lain seperti BTCLS atau Basic Trauma Cardiac Life Support, Basic, BTLS atau Basic Trauma Life Support, PPGD atau Pelatihan Penanganan Gawat Darurat serta GELS atau General Emergency Life Support. Sehingga untuk estimasi gaji seorang perawat gawat darurat dengan mempunyai STR per bulannya yaitu Rp 4.4 juta sampai dengan Rp 7 juta.

Perawat Asisten Dokter

Rupanya asisten dokter pada tempat praktek atau klinik pribadi dapat menjadi pilihan untuk lulusan D3 Keperawatan. Perawat tersebut mempunyai peran yang sama dengan peran perawat rumah sakit biasa, namun perbedaannya hanya pada ruang lingkup yang lebih sempit.

Berapa gaji seorang perawat? Untuk gaji yang diperoleh jika menjadi seorang perawat asisten dokter kurang lebihnya Rp 2 juta sampai dengan Rp 4 juta bergantung pada spesialis dokternya.

Posting Komentar untuk "Sesuai dengan Jenisnya Berapa Gaji Seorang Perawat?"