BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

5 Jurusan Farmasi Terbaik di Semarang 2024

Semarang merupakan sebuah kota di Jawa Tengah yang memiliki beberapa Jurusan Farmasi terbaik yang dapat menjadi pilihan untuk kuliah. Kuliah Jurusan Farmasi di Semarang menjadi cukup populer belakangan ini mengingat jumlah pendaftar calon mahaiswa baru yang terus mengalami peningkatan tiap tahunnya.


Berapa Lama Kuliah Jurusan Farmasi?

Kuliah Jurusan Farmasi membutuhkan waktu sekitar 3,5 - 4 tahun sampai mendapatkan gelar Sarjana Farmasi. Selanjutnya, lulusan S1 dapat mengikuti Pendidikan Profesi Apoteker selama satu tahun untuk mendapatkan gelar Apt dan siap menjadi Apoteker. Kami telah membuat Artikel tentang Berapa Lama Kuliah Jurusan Farmasi disini.

Apa Syarat Masuk Jurusan Farmasi?

Masuk jurusan farmasi membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat kuliah. Syarat-syarat tersebut meliputi lulusan IPA, Lolos seleksi ujian masuk, melengkapi dokumen dan beberapa Syarat lainnya. Agar lebih jelasnya. Kami telah membuat Artikel tentang 7 Syarat Masuk Jurusan Farmasi disini.

Apa Prospek Kerja Jurusan Farmasi?

Lulusan Farmasi nantinya akan bekerja sebagai Apoteker setelah mengambil jurusan farmasi. Juruasan Farmasi juga dapat bekerja di laboratorium, rumah sakit, dan perusahaan seperti BPOM, perusahaan makanan, dan obat-obatan.

5 Jurusan Farmasi Terbaik di Semarang

Farmasi di Semarang

1. Universitas Diponegoro

Farmasi UNDIP

Universitas Diponegoro merupakan salah satu kampus di Semarang yang memiliki Program Studi S1 terbaik. Farmasi Undip berlokasi di Jl. Prof. Sudarto, Kec. Tembalang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0597/LAMPT-Kes/Akr/Sar/XII//2020 bahwa Program Studi Farmasi Universitas Diponegoro  mendapatkan Akreditasi B.

Farmasi Undip memiliki visi yaitu Pada tahun 2024 Menjadi Institusi Pendidikan Farmasi Terkemuka, Berazaskan Riset Menuju Kemandirian IPTEK untuk Pengembangan Potensi Lokal. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh kuliah di Farmasi Undip yaitu berdasarkan golongan UKT Rp500.000 - Rp12.500.000.

2. Universitas Negeri Semarang

Farmasi UNNES

Jurusan Farmasi Universitas Negeri Semarang atau disebut UNNES merupakan salah satu kampus yang baru saja memiliki Program Studi S1 Farmasi. Farmasi UNNES berlokasi di Jl. Kampus Timur, Sekaran, Gunung Pati, Semarang City, Central Java 50229, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0035/LAM-PTKes/Akr/Sar/I/2022 bahwa Program Studi S1 Farmasi Universitas Negeri Semarang telah terakreditasi Baik. Biaya UKT yang ditawarkan oleh Universitas Negeri Semarang berdasarkan golongan dimulai dari Rp500.000 - Rp8.250.000.

3. Universitas Islam Sultan Agung

Farmasi UNISSULA

Program Studi S1 Farmasi Universitas Islam Sultan Agung atau dikenal UNISSULA merupakan salah satu kampus di Semarang yang memiliki minat yang cukup tinggi. Farmasi UNISSULA berlokasi di Jl. Kaligawe Raya No.Km.4, Terboyo Kulon, Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah 50112, Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0528/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2022 bahwa Program Studi S1 Farmasi Universitas Islam Sultan Agung Semarang sudah Terakreditasi Baik Sekali.

Farmasi UNISSULA memiliki visi yaitu Menjadi Program Studi Farmasi dan Profesi Apoteker terkemuka pada tahun 2024 untuk menghasilkan lulusan sarjana farmasi dan apoteker yang tafaquh fiddin, memiliki kematangan profesional, menguasai IPTEK di bidang kefarmasian dan produk halal yang dilandasi nilai-nilai islam. Biaya UKT kuliah Farmasi UNISSULA yaitu Rp9.000.000 Per Semester.

4. Universitas Wahid Hasyim

Universitas Wahid Hasyim

Universitas Wahid Hasyim menjadi pilihan berikutnya jika Anda ingin kuliah Farmasi di Semarang. Farmasi Unwahas berlokasi di Jl. Menoreh Tengah X No.22, Sampangan, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50232, Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0743/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2019 bahwa Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Wahid Hasyim Semarang mendapatkan Akreditasi B.

Farmasi Unwahas memiliki visi yaitu Menjadi Fakultas yang unggul di tingkat nasional dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang farmasi berdasarkan nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal jamaah pada tahun 2025.

Biaya yang dbutuhkan untuk menempuh sarjana farmasi di Universitas Wahid Hasyim asebesar RP6.500.000 UKT kelas reguler pagi.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Semarang

STIFAR

Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Semarang atau disebut STIFAR adalah salah satu kampus di Semarang yang cukup terkenal karena dapat menghasilkan lulusan farmasi yang cekatan. STIFAR berlokasi di Jl. Letnan Jendral Sarwo Edie Wibowo Km. 1, Plamongan Sari, Kec. Pedurungan, Kota Semarang, Jawa Tengah 50192, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputuasan LAM-PTKes no.0466/LAM-PTKes bahwa Program Studi Sarjana Farmasi Sekolah Tinggi Ilmu Farmasi Yayasan Pharmasi Semarang mendapatkan Akreditasi B.

Farmasi STIFAR memiliki visi yaitu Menjadi Program Studi yang berkualitas menghasilkan lulusan farmasi inovatif dan kreatif serta mengembangkan iptek farmasi berbasis bahan alam dan berperan aktif dalam peningkatan mutu kesehatan masyarakat. Biaya UPP atau Semesteran di S1 Farmasi yaitu Rp8.500.000.

Itulah pembahasan mengenai 5 Jurusan Farmasi Terbaik di Semarang, Semoga Bermanfaat!