BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

5 Fakultas Farmasi Terbaik di Jogja 2024

Jogja adalah sebuah kota di Jawa Tengah yang memiliki beberapa kampus farmasi terbaik di Indonesia. Jogja terkenal dengan kualitas pendidikannya sehingga banyak calon mahasiswa baru yang ingin kuliah di kota ini. Bagi Anda yang tertarik untuk kuliah di Jogja, maka simak rekomendasi kampus berikut yang dapat menjadi pilihan untuk Anda.

Berapa Lama Kuliah Jurusan Farmasi?

Kuliah Jurusan Farmasi membutuhkan waktu sekitar 3,5 - 4 tahun sampai mendapatkan gelar Sarjana Farmasi. Selanjutnya, lulusan S1 dapat mengikuti Pendidikan Profesi Apoteker selama satu tahun untuk mendapatkan gelar Apt dan siap menjadi Apoteker. Kami telah membuat Artikel tentang Berapa Lama Kuliah Jurusan Farmasi disini.

Apa Syarat Masuk Jurusan Farmasi?

Masuk jurusan farmasi membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum dapat kuliah. Syarat-syarat tersebut meliputi lulusan IPA, Lolos seleksi ujian masuk, melengkapi dokumen dan beberapa Syarat lainnya. Agar lebih jelasnya. Kami telah membuat Artikel tentang 7 Syarat Masuk Jurusan Farmasi disini.

Apa Prospek Kerja Jurusan Farmasi?

Lulusan Farmasi nantinya akan bekerja sebagai Apoteker setelah mengambil jurusan farmasi. Juruasan Farmasi juga dapat bekerja di laboratorium, rumah sakit, dan perusahaan seperti BPOM, perusahaan makanan, dan obat-obatan.

5 Fakultas Farmasi Terbaik di Jogja

farmasi di yogyakarta

1. Universitas Gadjah Mada

farmasi ugm
Universitas Gadjah Mada atau dikenal dengan nama UGM merupakan salah satu kampus terbaik di Jogja bahkan Indonesia yang memiliki program studi S1 Sarjana Farmasi. Farmasi UGM berlokasi di Jalan Sekip Utara, Senolowo, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0461/LAM-PTKes/Akr/Sar/VIII/2019 bahwa Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta sudah mendapatkan Akreditasi A. Farmasi UGM memiliki visi yaitu Menjadi pelopor pendidikan tinggi farmasi yang unggul di tingkat nasional dan bertaraf internasional, mengabdi kepada kepentingan bangsa dan kemanusiaan yang dijiwai Pancasila.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan S1 Farmasi di UGM berdasarkan UKT mulai dari Rp500.000 - Rp17.500.000.

2. Universitas Ahmad Dahlan

farmasi uad
Universitas Ahmad Dahlan atau disingkat UAD adalah kampus yang cukup populer di Jogja dengan jumlah pendaftar calon mahasiswa baru yang tinggi. Farmasi UAD berlokasi di Jl. Prof. DR. Soepomo Sh, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputuasan LAM-PTKes no.0085/LAM-PTKes/Akr/Sar/II/2019 bahwa Prodi S1 Farmasi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta mendapatkan Akreditasi A. Farmasi UAD memiliki visi yaitu Menjadi program studi farmasi yang unggul dan inovatif dalam skala nasional dan internasional, berkontribusi kepada kepentingan bangsa untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing serta dijiwai nilai-nilai Islam.

Biaya yang ditawarkan untuk kuliah S1 Farmasi di UAD berdasarkan semester yaitu Rp22.390.000 (Semester I) , Rp20.890.000 (Semester II-VI) , Rp10.115.000 (Semester VII-VIII).

3. Universitas Islam Indonesia

farmasi uii
Universitas Islam Indonesia dipanggil UII adalah rekomendasi selanjutnya bagi Anda yang ingin kuliah farmasi di Jogja. Farmasi UII berlokasi di Kampus Terpadu UII, Jl. Kaliurang No.Km. 14,5, Krawitan, Umbulmartani, Kec. Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55584, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0460/LAM/PTKes/Akr/Sar/2019 bahwa Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta mendapatkan Akreditasi A. Farmasi UII memiliki visi yaitu Jurusan Farmasi berkomitmen menjadi unggul dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat untuk menghasilkan tenaga ahli di bidang farmasi yang berkarakter mulia dan berwawasan global.

Biaya yang diberikan oleh S1 Farmasi UII dengan total minimum Rp127.940.000, total maksimum Rp140.440.000.

4. Universitas Sanata Dharma

farmasi usd
Universitas Sanata Dharma adalah salah satu kampus di Jogja yang cukup menarik perhatian banyak orang. Farmasi USD berlokasi di Krodan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281, Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0742/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2019 bahwa Program Studi Sarjana Farmasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta sudah mendapatkan Akreditasi A.

Farmasi USD memiliki visi yaitu Menjadi Program Studi Farmasi yang Unggul dan Humanis demi Terwujudnya Masyarakat yang Semakin Bermartabat.. Biaya yang ditawarkan oleh Farmasi USD sampai lulus dengan estimasi Rp95.355.000.

5. Politeknik Kesehatan TNI Adisutjipto Yogyakarta

Politeknik Kesehatan TNI Adisutjipto
Politeknik Kesehatan TNI Adisutjipto menjadi rekomendasi terakhir bagi Anda yang ingin kuliah farmasi di Yogyakarta. Poltekkesadisutjipto berlokasi di Karang Janbe, Banguntapan, Kec. Banguntapan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55198, Indonesia. Kualitas pendidikan Poltekkesadisutjipto sudah tidak diragukan karena sudah Terakreditasi Baik.

Poltekkesadisutjipto memiliki visi yaitu Visi Keilmuan program studi D3 Farmasi Poltekes TNI AU Adisutjipto adalah menjadi program studi D3 Farmasi yang unggul di bidang pelayanan kefarmasian khususnya farmasi penerbangan. Total biaya yang dibutuhkan untuk menempuh Prodi Farmasi yaitu Rp51.030.000.

Itulah pembahasan mengenai 5 Fakultas Farmasi Terbaik di Jogja, Semoga Bermanfaat!