BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Kenapa Baju Operasi Dokter Warna Hijau

Dokter pada umumnya menggunakan baju berwarna hijau atau biru pada saat operasi. Kenapa dokter memakai baju hijau atau biru saat operasi? hal ini dikarenakan warna hijau atau biru berfungsi membantu dokter untuk melihat lebih baik saat operasi. 

Kenapa Baju Operasi Dokter Warna Hijau

Warna Hijau Menenangkan Mata Dibandingkan Warna Merah

Menurut artikel di  Today's Surgical Nurse edisi 1998, bahwa warna hijau lebih cocok dalam membantu dokter melihat lebih baik dalam ruang operasi karena lawan dari warna merah. Hal ini membuat dokter bedah lebih nyaman jika baju operasi berwarna hijau.

Alasan lain kenapa baju dokter operasi berwarna hijau adalah untuk membedakan warna dari darah dan organ. Pada saat di meja operasi akan terjadi banyak cipratan darah dan mengenai baju dokter. Maka untuk membedakan hal ini baju operasi dokter harus berlawanan dengan warna merah.

Warna Putih Mengganggu Konsentrasi

Jauh sebelum baju operasi dokter berwarna hijau, dokter sebelumnya menggunakan baju berwarna putih untuk operasi. Akan tetapi, dengan menatap warna putih terus menerus akan membuat konsentasi menjadi terganggu. Beda dengan baju operasi, baju dokter saat praktik berwarna putih. Hal ini karena warna putih diartikan sebagai kebersihan.

Itulah pembahasan mengenai Kenapa Baju Operasi Dokter Warna Hijau, Semoga Bermanfaat!