Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Fakultas Kedokteran Terbaik di Belgia

Belgia adalah negara Eropa yang indah yang dikenal dengan kehidupan berbiaya rendah dan kualitas hidup yang tinggi. Dengan 3 bahasa resmi, sebagian besar negara juga fasih berbahasa Inggris. Sebagai hotspot multikultural yang mudah diakses ke seluruh Uni Eropa, Belgia tetap menjadi tujuan yang menarik bagi banyak siswa.

Jika Anda mencari negara yang damai dengan pendidikan kedokteran tingkat atas, maka Anda harus mengarahkan pandangan Anda ke Belgia. Dengan universitas berperingkat tinggi dan fasilitas mutakhir, sekolah kedokteran Belgia dapat membantu Anda menjadi dokter terbaik yang Anda bisa.

Berapa tahun yang dibutuhkan untuk menyelesaikan Kedokteran di Belgia?

Dibandingkan dengan kebanyakan negara Eropa, hanya membutuhkan waktu 6 tahun untuk menyelesaikan sekolah kedokteran di Belgia. Ini mencakup program Sarjana 3 tahun, diikuti oleh program Magister Kedokteran selama 3 tahun. Gelar "Magister demi Magister" diperlukan bagi siswa yang ingin menjadi dokter umum, spesialis, atau peneliti.

Apa persyaratan untuk Sekolah Kedokteran di Belgia?

Selain memiliki ijazah sekolah menengah, pelamar juga harus lulus ujian masuk Kementerian Pendidikan Belgia. Selain itu, siswa harus mahir dalam bahasa Flemish, Belanda, atau Jerman, tergantung pada bahasa universitas.

7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Belgia

kedokteran  belgia

1. Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Université Catholique de Louvain

Université Catholique de Louvain, juga dikenal sebagai UClouvain, adalah universitas gratis yang berbasis di Belgia. Didirikan pada tahun 1425 sebagai Universitas Lovaniensis, dikenal sebagai universitas pertama di Belgia dan dataran rendah.

Di bawah Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi adalah program Sarjana Kedokteran, yang mencakup program sarjana 3 tahun diikuti dengan gelar master 3 tahun. Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi Université Catholique de Louvain dianggap sebagai sekolah kedokteran terbaik di Belgia. Mata pelajaran biasanya diajarkan melalui kuliah, diskusi kelompok kecil, kerja laboratorium, dan seminar. Karena diajarkan dalam bahasa Prancis, pelamar harus memiliki bukti kemahiran bahasa Prancis.

Siklus pertama meliputi biologi, kimia, histologi, epidemiologi, dan kesehatan masyarakat, sedangkan fase kedua mempelajari sistem tubuh yang berbeda. Adapun unit ketiga, siswa perlu terlibat dalam ilmu fungsional, penyakit, humaniora, penelitian, dan magang musim panas.

Setelah lulus, siswa dapat mengejar gelar Master di bidang Kedokteran Umum (3 tahun) atau spesialisasi lainnya (4-7 tahun).

2. Fakultas Kedokteran Katholieke Universiteit Leuven

Katholieke Universiteit Leuven, juga dikenal sebagai KU Leuven, adalah universitas Katolik gratis yang berbasis di Flanders. Ini adalah institusi terbesar di negara ini, menjadi rumah bagi 58.000 siswa hingga saat ini.

Sebagai salah satu dari 100 universitas terbaik di dunia, KU Leuven merupakan salah satu dari sekian banyak universitas yang menawarkan program Kedokteran. Seperti sekolah lain, itu terdiri dari program Sarjana 3 tahun dan Master 3 tahun.

Gelar Sarjana meliputi 4 fase, yaitu dasar kedokteran, pendidikan ilmiah, keterampilan & komunikasi, dan menjadi dokter di masyarakat. Program master, di sisi lain, adalah tentang patologi. Siswa diajarkan melalui pendidikan berbasis kasus dan pemecahan masalah terintegrasi penalaran klinis.

Universitas mengikuti referensi CanMEDS untuk pelatihan. Dengan bantuan program ini, mahasiswa KU Leuven diharapkan memenuhi 7 peran: sebagai ahli medis, kolaborator, promotor kesehatan, komunikator, manajer, ilmuwan, dan profesional.

Program Sarjana tersedia di kampus Gasthuisberg dan Kulak Kortrijk. Namun, hanya kampus Leuven yang menawarkan gelar Master of Medicine. Kedua program tersebut hanya diajarkan dalam bahasa Belanda.

3. Fakultas Kedokteran Universitas Liège

University of Liège adalah sekolah kedokteran berbahasa Prancis di Belgia. Didirikan pada tahun 1817, ini adalah rumah bagi hampir 25.000 siswa – dengan sekitar 4.800 berasal dari berbagai belahan dunia.

11 departemennya termasuk Fakultas Kedokteran, yang mendidik mahasiswanya melalui metode pembelajaran berbasis masalah. Blok pertama mencakup kursus biologi umum, kimia, pertolongan pertama, biokimia, fisiologi, anatomi, dan histologi, untuk beberapa nama. Blok 2, di sisi lain, mencakup mata pelajaran dalam neurofisiologi, imunologi, virologi, mikrobiologi, anatomi patologis, dan genetika medis khusus.

Blok terakhir mencakup magang di lebih dari 70 institusi di seluruh dunia. Pada saat yang sama, ia menampilkan kursus di radiobiologi, psikologi medis, psikopatologi, farmakologi, mikrobiologi, kedokteran berbasis bukti, dan onkologi, untuk beberapa nama.

4. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Ghent

Universitas Ghent adalah lembaga pendidikan publik yang berbasis di Flanders Timur, Belgia. Sebagai universitas berbahasa Belanda pertama di negara ini, universitas ini mempertahankan tradisinya. Lagi pula, gelar Sarjana Kedokteran hanya diajarkan dalam bahasa tersebut.

Program 180-kredit, yang berada di bawah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, adalah program yang dirancang untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan keterampilan dokter masa depan. Sekolah menempatkan fokus pada pengembangan siswa yang memiliki pola pikir yang berorientasi pada pasien, pemikiran kritis-ilmiah, dan sikap yang berpusat pada masyarakat.

Selain kursus medis inti, mahasiswa Universitas Ghent juga diajarkan keterampilan komunikasi ahli. Bagaimanapun, sekolah kedokteran di Belgia ini percaya bahwa pelajaran dalam penyampaian yang tepat dan penulisan topik dapat membuat mereka menjadi komunikator yang lebih baik.

5. Fakultas Kedokteran Université Libre de Bruxelles

Université libre de Bruxelles adalah universitas independen yang berbasis di ibu kota Belgia. Ini menelusuri akarnya kembali ke Free University of Brussels sebelum lembaga berbahasa Prancis berpisah dengan Vrije Universiteit Brussel yang berbahasa Belanda.

Universitas menawarkan program Kedokteran melalui Fakultas Kedokteran. Bachelor of Medicine-nya berurusan dengan dasar-dasar fisika, biologi, dan kimia, serta ilmu anatomi, histologi, fisiologi, genetika, dan embriologi, untuk beberapa nama.

Kursus Magister Kedokteran, di sisi lain, adalah tentang mengembangkan dokter yang jujur, kompeten, teliti, dan humanistik. Ini dilakukan melalui berbagai metode pengajaran, termasuk kuliah samping tempat tidur, seminar, dan magang. Siswa juga dapat menyelesaikan rotasi mereka di luar negeri melalui program Erasmus.

6. Vrije Universiteit Brussel Fakultas Kedokteran dan Farmasi

Vrije Universiteit Brussel (VUB) adalah lembaga berbahasa Belanda dan Inggris yang berbasis di wilayah ibu kota Brussel. Itu adalah bagian dari Free University of Brussels sebelum bercabang pada tahun 1970. Sampai saat ini, terdaftar sebagai salah satu dari 200 universitas terbaik di dunia.

Sekolah ini memiliki 8 fakultas, salah satunya adalah Fakultas Kedokteran dan Farmasi. Di sini, siswa dapat mendaftar untuk program Kedokteran yang diajarkan di Belanda. Gabungan program Sarjana dan Magister mengikuti 4 jalur pembelajaran, yaitu pengetahuan medis, data ilmiah, masyarakat dan kesehatan, dan magang.

Setelah lulus dari joint degree ini, mahasiswa VUB dapat melanjutkan ke program master-after-master. Sekolah ini menawarkan spesialisasi di bidang kebersihan rumah sakit, perawatan kesehatan remaja, kedokteran spesialis, kedokteran kerja, praktik umum, dan kedokteran bencana.

7. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Antwerpen

Berbasis di Wilayah Flemish, Universitas Antwerpen saat ini merupakan sekolah kedokteran terbesar ketiga di Belgia. Ini menelusuri akarnya kembali ke tahun 1852, meskipun hanya secara resmi didirikan sebagai universitas pada tahun 1960-an.

Universitas ini memiliki 9 departemen. Salah satunya adalah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan. Ini menawarkan gelar Bachelor of Medicine, yang diajarkan dalam bahasa Belanda. Ini fitur 5 jalur pembelajaran – pengetahuan, integrasi, dokter & masyarakat, klinis, dan ilmiah.

Setelah menyelesaikan gelar 3 tahun ini, mahasiswa dapat melanjutkan ke program Magister Kedokteran. Kursus diajarkan melalui kelompok kecil, dengan siswa dibimbing oleh profesor ahli. Setelah menyelesaikan gelar ini, siswa dapat bekerja sebagai dokter umum atau mengkhususkan diri di salah satu rumah sakit modern Antwerpen.

Trek lain yang kurang dikenal untuk spesialisasi termasuk Kedokteran Sosial dan penelitian medis.

8. Fakultas Kedokteran Universitas Namur

University of Namur adalah sekolah Jesuit yang berbasis di Wallonia, Belgia. Didirikan pada tahun 1831, memiliki 6 fakultas, termasuk Fakultas Kedokteran.

Diajarkan dalam bahasa Prancis, gelar Sarjana Kedokteran universitas mencakup ilmu-ilmu dasar, termasuk cabang morfologis dan fungsionalnya. Ketika siswa diajari proses patologis, mereka perlahan-lahan diperkenalkan ke pengaturan klinis. Dengan paparan kasus kehidupan nyata, siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka untuk diagnosis dan pengobatan.

Universitas juga memberikan kursus psikologi yang membantu meningkatkan keterampilan komunikasi siswa, serta hubungannya dengan pasien. Mata pelajaran humaniora juga diajarkan, karena dapat membantu meningkatkan penilaian etis siswa selama praktiknya.
Kursus multi-disiplin Fakultas Kedokteran diajarkan melalui kuliah konvensional, sesi laboratorium, eksperimen, dan diskusi kelompok kecil, untuk beberapa nama.

9. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Hayati Universitas Hasselt

Universitas terakhir dalam daftar sekolah kedokteran terbaik kami di Belgia adalah Fakultas Kedokteran dan Ilmu Hayati Universitas Hasselt. Didirikan pada tahun 1971, Universitas Hasselt adalah salah satu universitas muda Belgia. Meskipun demikian, universitas Flemish diakui sebagai salah satu universitas terbaik di bawah usia 50 tahun.

Fakultas Kedokterannya tetap sebagai salah satu departemen tertua. Selain menawarkan kursus Ilmu Biomedis, ia juga memiliki program Kedokteran yang kompetitif dalam bahasa Belanda. Untuk diterima, Anda harus menyerahkan semua persyaratan – serta lulus Ujian Masuk Medis yang diamanatkan.

Sepanjang sekolah, kasus medis disajikan dalam berbagai cara untuk pembelajaran yang maksimal. Untuk menguji tingkat retensi, siswa perlu menunjukkan pengetahuan mereka melalui tes pengetahuan kuartil dan permanen.

Tahun pertama dan kedua juga termasuk magang observasional, sedangkan tahun ketiga menampilkan magang rumah sakit penuh. Siswa memiliki pilihan untuk menghabiskan magang mereka di luar negeri di negara-negara seperti India atau Myanmar.


Itulah pembahasan mengenai 9 Fakultas Kedokteran Terbaik di Belgia, Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "9 Fakultas Kedokteran Terbaik di Belgia"