BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

4 Fakultas Kedokteran Terbaik di Kamboja

Kamboja, sebuah negara Asia Tenggara, sangat populer dengan kuil-kuil bersejarahnya. Distrik Siem Reap adalah rumah bagi pemandangan megah kuil Angkor Wat, Bayon, dan Preah Khan, untuk beberapa nama.

Mirip dengan permata arsitekturnya, pendidikan Kamboja telah memikat imajinasi banyak orang. Hal ini terutama terjadi pada calon dokter, karena sekolah kedokteran Kamboja menawarkan pendidikan yang baik dengan harga yang terjangkau.

Berapa lama pendidikan kedokteran Kamboja?

Dibutuhkan 6 tahun untuk menyelesaikan sekolah kedokteran di Kamboja. Ini termasuk 1 tahun dasar, di atas hak medis 5 tahun. Untuk menjadi Dokter Umum, mahasiswa harus menjalani magang tambahan selama 2 tahun.

Apa persyaratan untuk belajar kedokteran di Kamboja?

Pelamar harus memiliki sertifikat pendidikan menengah untuk mendaftar. Mereka juga diharuskan menjalani Ujian Masuk Nasional untuk diterima di sekolah pilihan mereka.

4 FakultasKedokteran Terbaik di Kamboja

4 Fakultas Kedokteran Terbaik di Kamboja

1. Universitas Ilmu Kesehatan

University of Health Sciences adalah universitas milik negara yang berbasis di Phnom Penh. Sekolah kedokteran di Kamboja ini mengikuti tradisi panjang pendidikan kedokteran, yang didirikan sebagai Sekolah Petugas Medis pada tahun 1946. Sekolah ini akhirnya menjadi Sekolah Kedokteran Kerajaan Kamboja sebelum mengambil nama sekarang pada tahun 1997.

Fakultas Kedokterannya memberikan gelar Sarjana Ilmu Kedokteran, yang dapat diselesaikan setelah 6 tahun studi yang ketat. Untuk menjadi dokter yang berkualitas, siswa memiliki pilihan untuk mengambil kursus Dokter Umum. Ini datang dengan magang 2 tahun di kedokteran umum, pediatri, bedah, dan ginekologi. Setelah selesai, siswa akan diberikan gelar Doctor of Medicine (MD).

Pilihan lainnya adalah pelatihan residensi, yang dilengkapi dengan ujian masuk selektif. Setelah 3-4 tahun pelatihan, siswa akan diberikan Diplme d'Etudes Spécialisées. Setelah berhasil mempertahankan tesisnya, universitas akan memberikan gelar Doktor Spesialis (MD-dengan spesialisasi).

2. Universitas Internasional

Universitas Internasional, juga dikenal sebagai IU, adalah salah satu institusi muda Kamboja. Didirikan pada tahun 2002, berbasis di ibu kota Phnom Penh. Hal ini diakui oleh Pemerintah Kerajaan Kamboja, Komite Akreditasi Kamboja, dan Kementerian Pendidikan Kamboja.

Fakultas Kedokteran dan Pediatrinya dianggap sebagai salah satu sekolah kedokteran terbaik di Kamboja, terutama karena akreditasi internasionalnya. Ini diakui oleh IMED, FAIMER, dan ECFMG, yang membuat siswanya memenuhi syarat untuk mengikuti USMLE 3 langkah.

IU juga berafiliasi dengan beberapa institusi internasional, antara lain People's Friendship University Russia, National University Malaysia, National University Laos, dan Chulalongkorn University Thailand.

Di bawah kepemimpinan Dekan Em Samney, fakultas terus memberikan pelatihan lanjutan kepada dokter dan profesional kesehatan lainnya. Seperti kebanyakan sekolah, ia memiliki kurikulum dwibahasa, yang sebagian besar pengajarannya disampaikan dalam bahasa Khmer dan Inggris.

3. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Norton

Norton University adalah institusi pendidikan swasta yang didirikan pada tahun 1996. Di bawah kepemimpinan Rektor Chan Sok Khieng, universitas ini menjadi universitas swasta pertama di Kamboja. Berbasis di Phnom Penh, ini adalah salah satu dari sedikit universitas yang memiliki Fakultas Ilmu Kesehatan. Dengan demikian, telah menjadi pilihan utama bagi mereka yang ingin mengejar Keperawatan, Farmasi, Kedokteran Gigi, dan tentu saja, Kedokteran.

Gelar Doctor of Medicine-nya berfokus pada perawatan individu yang sakit, serta pencegahan dan pengendalian penyakit lainnya. Dengan penekanan pada pendidikan dan pemantauan kesehatan, sekolah ini bertujuan untuk membentuk dokter yang kompeten karena berbelas kasih.

Seperti kebanyakan sekolah, mahasiswa kedokteran harus menyelesaikan kursus dasar selama 1 tahun yang diikuti dengan sekolah selama 5 tahun.

Universitas Norton bekerja sama dengan banyak universitas asing, termasuk Universitas Bangkok Thailand, Universitas Monash Australia, Universitas Northumbria Inggris, dan Universitas Malaya Malaysia, untuk beberapa nama.

4. Fakultas Kedokteran Universitas Puthisastra

Kandidat terakhir dalam daftar sekolah kedokteran terbaik kami di Kamboja adalah University of Puthisastra, sebuah institusi pendidikan swasta yang berbasis di Phnom Penh. Didirikan pada tahun 2007, lembaga ini berfokus pada mendidik para profesional kesehatan generasi mendatang di Kamboja.

Fakultas Kedokterannya, di bawah Dekan Sandro Vento, adalah salah satu sekolah kedokteran yang diakui di negara ini. Ini menawarkan gelar Doctor of Medicine 8 tahun, yang mencakup magang 2 tahun di atas kurikulum umum 6 tahun.

Gelar MD University of Puthisastra adalah tentang mengasah semangat, keterampilan, dan pengetahuan siswa dalam bahasa Khmer dan/atau bahasa Inggris. Untuk mencapai tujuannya meningkatkan kesehatan umum Kamboja, fakultas memberikan pendidikan kedokteran yang komprehensif melalui kuliah, penelitian, dan praktik laboratorium.
Selama 2 tahun masa magang, mahasiswa kedokteran Puthisastra diberi kesempatan untuk bergilir di rumah sakit negeri, swasta, dan LSM.

Selain melengkapi persyaratan tersebut di atas, mahasiswa juga harus menyerahkan penelitian dan lulus ujian nasional. Ini adalah kiriman penting bagi siswa yang ingin dianugerahkan gelar MD.


Itulah pembahasan mengenai 4 Fakultas Kedokteran Terbaik di Kamboja, Semoga Bermanfaat!