BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Afrika Selatan

Belajar kedokteran di Afrika Selatan bisa menjadi pengalaman universitas yang sangat bagus. Sebagai negara yang sangat maju dalam hal studi universitas, Afrika Selatan menawarkan biaya kuliah dan biaya hidup yang relatif murah . Selain itu, belajar di Afrika Selatan menjamin kombinasi pendidikan dan peluang perjalanan yang luar biasa.

Perlu disebutkan bahwa, tidak seperti gelar MD atau MBBS yang akan Anda peroleh di sebagian besar negara, Afrika Selatan memberikan gelar yang disebut MBChB. Setelah menyelesaikan ini, siswa biasanya melakukan program magang dua tahun dan pengabdian masyarakat selama satu tahun sebelum akhirnya mendaftar ke Dewan Profesi Kesehatan Afrika Selatan untuk berlatih di negara mereka sendiri. Anda harus memeriksa persyaratan untuk praktik kedokteran di negara lain dengan gelar MBChB.

Berapa biaya sekolah kedokteran di Afrika Selatan?

Biaya kuliah dapat sangat bervariasi untuk obat-obatan di Afrika Selatan. Yang termurah bisa menjadi $ 1850 per tahun, sedangkan yang paling mahal adalah sekitar $ 15.000. Selain itu, Anda juga harus memikirkan biaya hidup yang cukup mahal di Afrika Selatan.
Meskipun biaya belajar di Afrika Selatan tinggi, banyak internasional dapat belajar di Afrika Selatan secara gratis . Periksa artikel jika Anda tertarik!

Berapa lama untuk belajar kedokteran di Afrika Selatan?

Seperti biasa untuk sebagian besar gelar kedokteran, dibutuhkan enam tahun untuk menyelesaikan program studi untuk menjadi seorang dokter di Afrika Selatan. Pada akhirnya, Anda akan diberikan gelar MBChB.

7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Afrika Selatan

7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Afrika Selatan

1. Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Cape Town

Universitas tertua di negara ini, telah beroperasi sejak 1829 dan memiliki peringkat tertinggi untuk sekolah kedokterannya di Afrika Selatan, serta mengamankan tempat di 100 teratas di seluruh dunia menurut US News. Program kedokteran diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Kesehatan, di Departemen Kedokteran.

Fakultas Ilmu Kesehatan dengan bangga mempekerjakan 10 dari 36 ilmuwan berperingkat A di University of Cape Town. Di Departemen Kedokteran, ada 18 divisi klinis dan 10 unit penelitian, yang mencakup bidang-bidang seperti penuaan, kardiologi, infeksi paru-paru, penyakit kronis, dll.

Selain biaya kuliah yang ditawarkan, mahasiswa dapat memberikan perawatan klinis sebagai praktik di rumah sakit pendidikan utama di Cape Town – Rumah Sakit Groote Schuur – serta di rumah sakit regional seperti Rumah Sakit Somerset dan Rumah Sakit Victoria.

2. Fakultas Kedokteran Klinis Universitas Witwatersrand

Terletak di Johannesburg, University of Witwatersrand menawarkan gelar MBCh melalui sekolah Kedokteran dan Bedahnya. Anda dapat mendaftar untuk belajar di sini langsung dari sekolah menengah, atau mencoba untuk masuk langsung ke tahun ketiga dari program enam tahun jika Anda telah menyelesaikan gelar yang relevan.

Sekolah kedokteran ini diakui sebagai salah satu tempat terbaik untuk belajar kedokteran di Afrika Selatan, dan merupakan salah satu institusi akademik tertua di negara ini, yang didirikan pada tahun 1896.

3. Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Stellenbosch

Beroperasi sejak 1866, Universitas Stellenbosch memperoleh status penuh saat ini sebagai institusi pendidikan tinggi pada tahun 1918. Kampus ini telah memperoleh keuntungan dari rencana investasi dan peningkatan yang komprehensif dan oleh karena itu menawarkan fasilitas kelas satu untuk penelitian dan bangunan kelas modern. Hotel ini juga menawarkan akomodasi di tempat dan suasana kampus yang sesungguhnya.

Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan bersebelahan dengan Rumah Sakit Akademik Tygerberg di Kampus Tygerberg. Hal ini memungkinkan integrasi yang mulus antara studi dan aplikasi praktis untuk mahasiswa kedokteran. Ada juga Perpustakaan Ilmu Kedokteran & Kesehatan khusus, di samping banyak pusat penelitian seperti Institut Kanker Afrika, Unit Biostatistik, Pusat Etika dan Hukum Medis, dan banyak lagi.

4. Fakultas Kedokteran Klinis Universitas KwaZulu-Natal

Dengan visi untuk menjadi diakui secara global untuk keunggulan dalam penelitian, pendidikan, dan praktik klinis, Fakultas Kedokteran Klinis di Universitas KwaZulu-Natal berfokus untuk menjadi relevan dalam konteks lokal mereka dan mendidik profesional medis berkaliber tinggi.

Universitas ini terletak di provinsi KwaZulu-Natal dan memiliki lima kampus, yang berasal dari penggabungan antara Universitas Natal dan Universitas Durban-Westville pada tahun 2004. Mereka mendedikasikan banyak perhatian untuk penelitian mendalam, seperti yang disaksikan di KwaZulu-Natal Research Institute for Tuberculosis and HIV yang dibuka pada tahun 2012.

Sekolah kedokteran di Afrika Selatan ini dinamai untuk menghormati Nelson Mandela. Program sarjana kedokterannya memungkinkan untuk spesialisasi di banyak disiplin ilmu, dan kemudian ada kesempatan untuk memperdalam pengetahuan Anda dalam studi pascasarjana.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Pretoria

Terletak di Pretoria, Fakultas Kedokteran di sini dimulai pada tahun 1943 dan menerima 57 siswa pada penerimaan pertama. Saat ini, Sekolah telah berkembang secara signifikan dan menjadi salah satu Sekolah utama Fakultas Ilmu Kesehatan yang didirikan pada tahun 1999, bersama dengan Fakultas Kedokteran Gigi, Ilmu Kesehatan, dan Sistem Kesehatan & Kesehatan Masyarakat.

Anda dapat belajar untuk gelar MBChB Anda di sini serta untuk serangkaian gelar Master, Doctor of Medicine, Doctor of Philosophy, dan berbagai diploma pascasarjana.

6. Universitas Ilmu Kesehatan Sefako Makgatho

Berikutnya dalam daftar sekolah kedokteran terbaik kami di Afrika Selatan adalah Universitas Ilmu Kesehatan Sefako Makgatho. Ini adalah universitas negeri yang paling baru dibuka di Afrika Selatan, dimulai pada tahun 2014. Ini memiliki Fakultas Kedokteran yang berdedikasi dengan visi untuk menjadi universitas Afrika terkemuka di bidangnya.

Terletak di Ga-Rankuwa, dinamai Sefako Mapogo Makgatho – seorang tokoh terkemuka dalam pendidikan, jurnalisme, dan politik, yang merupakan presiden kedua Kongres Nasional Afrika dan mempelopori banyak gerakan buruh dan pembebasan di negara tersebut.

SMU tidak hanya tumbuh secara eksponensial sejak dibuka pada tahun 2014, tetapi juga telah mengembangkan divisi penelitian yang mengesankan dengan berbagai unit yang berfokus pada penelitian molekuler, HPV dan IMS, dll.

7. Universitas Fakultas Ilmu Kesehatan Negeri Bebas

Kami mengakhiri daftar sekolah kedokteran terbaik kami di Afrika Selatan dengan University of the Free State, yang telah ada sejak 1904. Universitas ini mengajar dalam bahasa Inggris dan Afrikaans.

Dalam Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Kedokteran menawarkan berbagai program dan spesialisasi di tingkat sarjana dan pascasarjana. Selain itu, penelitian merupakan prioritas strategis sekolah dan oleh karena itu fokus yang kuat telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir di bidang ini.


Itulah pembahasan mengenai 7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Afrika Selatan, Semoga Bermanfaat!