BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

7 Fakultas Keperawatan Terbaik di Jakarta 2024

Jakarta memiliki beberapa Universitas terbaik bagi Anda yang ingin kuliah Keperawatan. Fakultas Keperawatan di Jakarta ada yang Negeri dan Swasta tergantung Anda berminat dimana. Menjadi seorang perawat merupakan impian yang mulia karena dapat bermanfaat dalam merawat pasien. Oleh karena itu selama menempuh pendidikan di kampus harus serius dalam belajar dan praktik di pelayanan kesehatan. Kami juga merekomendasikan beberapa Fakultas Keperawatan Terbaik di Indonesia disini.

Berapa Lama Kuliah Keperawatan

Menempuh pendidikan keperawatan membutuhkan waktu yang lumayan lama dan tergantung jenis jenjang yang diambil seperti Sertifikasi 9 bulan - 1,5 tahun, Diploma 2,5 tahun, Sarjana (S1) 3 - 4 tahun, dan Magister (S2) 1 - 2 tahun. Kami telah membuat Artikel tentang Berapa Lama Kuliah S1 Keperawatan disini.

Syarat Masuk Kuliah Keperawatan

Syarat untuk dapat kuliah Keperawatan di Indonesia berbeda-beda sesuai dengan kebijakan Universitas masing-masing. Oleh karena itu, periksalah daftar persyaratan yang dibutuhkan agar dapat masuk di Universitas yang diingkan. Beberapa syarat pada umumnya meliputi Warga Negara Indonesia, Dasar Pendidikan, Umur maksimal saat ini 24 tahun, Foto copy ijazah/STTB yang telah dilegalisir atau surat keterangan lulus dari sekolah, Foto copy NEM yang telah dilegalisir, Pas foto berwarna terbaru (6 buah terakhir) ukuran 4 X 6 (5 lbr), Foto copy KTP, Tinggi badan minimal. Kami telah membuat Syarat Masuk Kuliah Keperawatan disini.

Berapa Biaya Kuliah Keperawatan

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan keperawatan bervariasi disetiap Universitas. Faktor - faktor yang membedakan seperti lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan, dan spesialisasi jurusan. Biaya yang butuhkan sekitar Rp85.000.000 - Rp300.000.000 untuk kuliah di Keperawatan Indonesia.

Apa Saja Jurusan Keperawatan

Keperawatan di Indonesia memiliki beberapa jurusan tergantung dari peminat seperti Ilmu Keperawatan, Keperawatan Anak, Keperawatan Maternitas, Keperawatan Dewasa, Keperawatan Jiwa, Keperawatan Medikal Bedah, Keperawatan Komunitas, dan sebagainya. Kami telah membuat artikel tentang penjelasan spesialis keperawatan disini.

Apa Gelar S1 Keperawatan

Setelah lulus Program Studi S1 Keperawatan nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Keperawatan (S.Kep). Bagi Anda yang baru lulus D3 Keperawatan dapat mengambil program S1 Keperawatan agar mendapatkan gelar tersebut.

Apakah S1 Keperawatan Bisa Langsung Kerja

Lulus S1 Keperawatan dapat langsung mendaftar diri untuk kerja misalnya di rumah sakit atau layanan kesehatan. Akan tetapi, S1 Keperawatan harus mengambil program profesi Ners terlebih dahulu.

Apa Saja Pelajaran D3 Keperawatan 

Jurusan D3 Keperawatan lebih fokus kepada praktik keperawatan dibandingkan S1 Keperawatan yang lebih kearah pendalaman teori dan praktik. Adapaun beberapa materi yang dipelajari D3 Keperawatan meiputi pemenuhan kebutuhan dasar manusia, meliputi biologi, psikologi, sosiologi, spiritual, dan kultural.

Lulusan D3 Keperawatan jadi Apa

D3 Keperawatan setelah lulus dapat bekerja di insitusi keperawatan seperti puskesmas, rumah sakit, poliklinik umum, dan sebagainya. Untuk memperoleh gelar D3 Keperawatan dapat kuliah di Akademi Keperawatan (Akper).

Apa Perbedaan D3 dan S1 Keperawatan

Perbedaan S1 dan D3 Keperawatan terletak di sistem pembelajaran. D3 Keperawatan lebih fokus ke praktik sedangkan S1 Keperawatan mempelajari banyak hal meliputi teori dan praktik. Gelar yang didapat juga berbeda, S1 Keperawatan mendapatkan gelar S.Kep (Sarjana Keperawatan) sedangkan D3 Keperawatan mendapatkan gelar Amd (Ahli Madya).

Apakah Lulusan SMK Dapat Masuk Keperawatan

Sejak terciptanya Undang-Undang no.36 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kesehatan SMK Keperawatan dapat dilakukan di pelayanan kesehatan atau disebut Asisten Tenaga Kesehatan. SMK Kesehatan memiliki minat yang cukup tinggi, beberapa program studi yang tersedia meliputi jurusan keperawatan, analis kesehatan, dan farmasi.

Apakah Jurusan IPS Dapat Masuk Keperawatan

Tidak semua Universitas di Indonesia dapat menerima lulusan IPS. Akan tetapi, terdapat beberapa kampus yang menerima jurusan IPS seperti Universitas Indonesia. Jadi jangan khawatir bagi Anda yang sedang mengambil jurusan IPS tapi ingin kuliah di Keperawatan.

Daftar 7 Fakultas Keperawatan Terbaik di Jakarta

Keperawatan di Jakarta

1. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia

FIK UI
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia atau FIK UI merupakan Universitas terbaik yang ada di Indonesia untuk kuliah keperawatan. FIK UI berlokasi di Jl. Prof. DR. Sudjono D. Pusponegoro, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425, Indonesia. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0525/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2019 bahwa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia Program Studi S1 Keperawatan mendapatkan Akreditasi A.

FIK UI memiliki visi Mendadikan Program Studi Sarjana Keperawatan dan Profesi Ners di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia sebagai pusat pengembangan IPTEK keperawatan yang peka budaya serta dapat bersaing di kancah nasional dan internasional serta berkontribusi bagi pembangunan kesehatan. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan keperawatan di FIK UI yaitu BOP Rp7.500.000 dan UP Rp5.000.000.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tarumanagara

STIKes Untar
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Tarumanagara atau disingkat STIKes Untar adalah salah satu Universitas kesehatan di Jakarta yang ada program studi S1 Keperawatan dan ramai peminat. STIKes Untar berlokasi di Jl. Letjen S. Parman, RT.6/RW.16, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11440, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0657/LAM-PTKes/AKr/SAR/IX/2018 bahwa Program Studi Sarjana Keperawatan STIKes Universitas Tarumanagara mendapatkan Akreditasi B dan memiliki visi Menjadi institusi pendidikan kesehatan unggulan dalam melahirkan  tenaga kesehatan yang berintegritas berbudi pekerti luhur, profesional, berjiwa entrepreneurship dengan penciri keunggulan neurosciences, sehingga mampu berdaya saing di dalam negeri maupun di luar negeri.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan S1 Keperawatan di STIKes Untar yaitu Biaya UKT Rp15.000.000 dan Biaya Pendaftaran Rp300.000.

3. Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Fikes UIN Jakarta
Fakultas Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta atau disingkat Fikes UIN Jakarta merupakan Universitas yang menyeimbangkan antar ilmu keperawatan dan ilmu agama. Fikes UIN Jakarta berlokasi di Jl. Kertamukti, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15412, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0517/LAM-PTKes/Akr/Sar/IX/2019 bahwa Program Studi Sarjana Keperawatan  Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta mendapatkan Akreditasi A (Sangat Baik).

Fikes UIN Jakarta memiliki visi Menjadikan Program Studi Ners Sebagai Program Studi yang unggul Dalam Mengintegrasikan  Aspek ilmu Keperawatan dan Keislaman yang mampu bersaing secara nasional dan global. Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan di Fikes UIN Jakarta yaitu berdasarkan kelompok UKT mulai dari Rp400.000 - Rp9.060.000.

4. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta

FIK UMJ
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jakarta atau disingkat FIK UMJ adalah Universitas Muhammadiyah yang menyediakan program studi S1 Keperawatan di Jakarta. FIK UMJ berlokasi di Jl. Cemp. Putih Tengah I No.1, RT.11/RW.5, Cemp. Putih Tim., Kec. Cemp. Putih, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10510, Indonesia. S1 Keperawatan FIK UMJ sudah mendapatkan Akreditasi A dan biaya yang dibutuhkan dengan total Rp13.650.000.

5. Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta

Fikes UPNVJ
Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Jakarta atau disingkat Fikes UPNVJ adalah Universitas yang menyediakan program studi D3 Keperawatan dan S1 Keperawatan. Fikes UPNVJ berlokasi di Jl. RS. Fatmawati Raya, Pd. Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12450, Indonesia.

Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes no.0259/LAM-PTKes/ Akr/Sar/VII/2021 bahwa Program Studi Sarjana Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UPN Veteran Jakarta mendapatkan Akreditasi B. Fikes UPNVJ memiliki visi menjadi Prodi Ners yang unggul dan kompetitif dalam bidang keperawatan promotif dan preventif beridentitas bela negara dengan kekhususan kesehatan matra ditingkat nasional maupun regional.

Biaya yang dibutuhkan untuk menempuh S1 Keperawatan di Fikes UPNVJ berdasarkan kelompok mulai dari Rp5.000.000 - Rp8.000.000 (Uang Kuliah Tunggal Per Semester).

6. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Fatmawati

STIKes Fatmawati
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Fatmawati atau disingkat STIKes Fatmawati merupakan sekolah keperawatan yang memiliki program studi D3 Keperawatan. STIKes Fatmawati berlokasi di KAMPUS I, Jl. H. Beden No.25, RW.2, Pd. Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12430, Indonesia. STIKes Fatmawati sudah mendapatkan Akreditasi B oleh LAM-PTKes. Biaya yang dibutuhkan untuk kuliah di STIKes Fatmawati sekitar Rp12.000.000.

7. Akademi Keperawatan Pelni

akper perni
Akademi Keperawatan Pelni atau disebut Akper pelni merupakan akademi keperawatan dengan program studi D3 Keperawaran untuk SMA/SMK/MA/Sederajat semua jurusan. Akper Pelni berlokasi di Pt. Pelni, Jalan Angkasa No.14, RW.3, Gunung Sahari Selatan, Kec. Palmerah, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10610, Indonesia.

Akper Pelni sudah Terakreditasi Baik dengan tingkat kelulusan Uji Kompetensi yang selalu tinggi. Akper Pelni memiliki visi menjadi lembaga pendidikan tinggi keperawatan standar internasional yang menghasilkan sumber daya unggul di bidang palliative care, berkarakter PELNI, berbasis teknologi informasi. Biaya yang dibutuhkan untuk kuliah D3 Keperawatan di Akper Pelni untuk biaya SPP sekitar Rp5.000.000 dan biaya lainnya.

Itulah pembahasan mengenai Fakultas Keperawatan Terbaik di Jakarta, Semoga Bermanfaat