Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Kedokteran

Jurusan Kedokteran merupakan jurusan yang memiliki minat tertinggi bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliah. Jika memilih jurusan kedokteran nantinya Anda akan menjadi dokter umum atau dokter spesialis jika ingin melanjutkan kuliah lagi.

Saat ini permintaan dokter sangat tinggi, sehingga prospek kerja menjadi dokter sangat luas dan memiliki gaji yang tinggi. Akan tetapi, kurang tepat jika hanya mengincar gaji yang tinggi saja. Alangkah baiknya diseimbangkan dengan kegiatan membantu masyarakat yang kesulitan.

Menjadi seorang dokter tentu saja tidak mudah, untuk masuk ke Fakultas Kedokteran saja sangatlah sulit dikarenakan persaingan yang ketat. Hal lain juga dari segi biaya yang sangat tinggi dan mata kuliah yang bisa dibilang cukup banyak serta durasi pendidikan yang lama. Jika Anda tidak sanggup dan minat untuk menjadi dokter alangkah baiknya memilih jurusan lain sejak awal. Kami juga merekomendasikan beberapa Fakultas Kedokteran Terbaik di Indonesia yang dapat menjadi referensi untuk Anda.

Berikut 7 Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Kedokteran

7 Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Kedokteran

1. Belajar Berbagai Macam Ilmu

Masuk di Fakultas Kedokteran memberikan banyak ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Ilmu yang dipelajari disini bukan hanya ilmu tentang kesehatan manusia saja. Akan tetapi juga membahas mengenai bagaimana cara berkomunikasi yang efektif kepada pasien. Hal ini diharapkan sebagai dokter dapat meningkatkan rasa menghargai antara dokter dan pasien sehingga lebih mudah menentukan penyakit yang diderita.

2. Dapat Belajar Bersyukur

Setelah melaksanakan pembelajaran di Fakultas Kedokteran, Anda harus banyak-banyak bersyukur atas ilmu yang didapatkan. Contohnya belajar Anatomi, Anda akan mengetahui bagaimana kuasa Tuhan menciptakan tubuh manusia yang begitu rumit serta memiliki fungsinya masing-masing. Menciptakan suatu penyakit dan memiliki obat penawarnya. Hal ini membuat rasa syukur yang luar biasa bisa belajar ilmu-ilmu yang nantinya berguna untuk masyarakat.

3. Dihormati Masyarakat

Menjadi seorang dokter nantinya akan dikenal luas oleh masyarakat dimana tempat praktik atau melakukan pengabdian. Dokter akan dianggap sebagai orang pertama yang akan dikunjungi jika sesorang menderita suatu penyakit. hal ini membuat dokter dimata masyarakat menjadi profesi yang mulia.

4. Menghargai Waktu

Selama menempuh pembelajaran di Fakultas Kedokteran, Anda akan diajarkan bagaimana pentingnya setiap detik di kehidupan. Selain dokter memang harus belajar sepanjang hayat, dokter juga harus bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya. Hal ini berhubungan dengan keselamatan pasien jika dokter tidak tepat waktu akan terlambat dalam menangani pasien.

5. Potensi Sukses yang Tinggi

Tidak dipungkiri lagi menjadi dokter menjamin masa depan seseorang. Hal ini dikarenakan dokter adalah profesi yang memiliki prospek kerja yang jelas. Selain  itu, banyak mertua yang mengidamkan menantu mereka adalah dokter sehingga meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan jodoh.

6. Bekerja untuk Diri Sendiri

Dokter akan bekerja untuk dirinya sendiri tanpa harus bekerja sama dengan atasan. Hal ini membuat dokter lebih leluasa menentukan jam praktiknya sendiri, menentukan cara pelayanan, dan membuat dokter lebih mandiri.

7. Memahami Dunia Kesehatan

Terakhir, menjadi dokter akan membuat Anda akan paham bagaimana dunia kesehatan itu bekerja. Memahami bagaimana cara menjaga kesehatan dan bagaimana cara untuk mengobatinya sehingga profesi dokter akan bermanfaat bagi masyarakat.

Itulah pembahasan mengenai 7 Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Kedokteran, Semoga Bermanfaat!

Posting Komentar untuk "7 Alasan Mengapa Harus Memilih Jurusan Kedokteran"