BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Arab Saudi

Arab Saudi merupakan salah satu negara yang miliki fakultas kedokteran terbaik di dunia. Dikenal dengan sebutan "Negera Timur Tengah" ini membikin Arab Saudi jadi pusat tujuan liburan serta pendidikan yang paling termasyhur. Beberapa orang yang mau ke Arab Saudi untuk berlibur akan tetapi juga ada yang pengin tempuh pendidikan di sini. Kedokteran Arab Saudi tak boleh disangsikan kembali, tiap-tiap tahun kedokteran Arab Saudi punya tingkat ketertarikan yang tinggi sekali serta cetak calon dokter dengan kwalitas yang bagus.

Untuk Anda yang suka kuliah kedokteran di Arab Saudi kami memberinya beberapa daftar kedokteran yang menjadi fokus utama atau dapat di katakan begitu populer di Arab Saudi. Anda bisa cari informasi terkait kuliah kedokteran di luar negeri mulai saat ini, masalah ini lantaran banyak sekali syarat yang penting Anda lakukan saat sebelum bisa mendaftarkan diri di Kedokteran Arab Saudi. Sehabis Anda lulus SMA mulai buat menyiapkan diri hadapi beberapa jenis ujian masuk, Anda bisa latihan menjawab beberapa soal SBMPTN ataupu ikuti bimbel pribadi kedokteran, hingga hasil yang didapatkan akan tambah optimal.

Berikut Daftar 7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Arab Saudi

7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Arab Saudi

1. Fakultas Kedokteran Universitas Raja Saud

Terletak di Riyadh, ibu kota negara, King Saud University adalah institusi publik yang didirikan pada tahun 1957. Anda dapat belajar di sini dalam bahasa Inggris dan Arab, dan universitas ini memiliki sekolah kedokteran dengan peringkat tertinggi di Arab Saudi. Ini adalah universitas pertama di Kerajaan Arab Saudi dan sekarang memiliki sekitar 40.000 mahasiswa yang 7% di antaranya adalah mahasiswa internasional.

Siswa perempuan belajar secara terpisah dari siswa laki-laki, dan diawasi oleh anggota fakultas perempuan dengan pengecualian kasus di mana anggota fakultas laki-laki juga berkontribusi, melalui media jaringan televisi tertutup.

Fakultas Kedokteran dibuka pada tahun 1967, menjadi berafiliasi dengan Rumah Sakit Universitas King Abdulaziz setahun kemudian. Ini adalah pusat penelitian khusus, yang berfokus pada produksi publikasi ilmiah dan mempekerjakan pakar internasional di bidangnya. Mereka juga bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas King Khalid, menawarkan siswa kesempatan luas untuk pelatihan praktis.

2. Fakultas Kedokteran Universitas King Abdul Aziz

Universitas negeri lainnya, Universitas King Abdul Aziz berbasis di Jeddah dan dimulai sebagai lembaga swasta pada tahun 1967 sebelum menjadi universitas negeri pada tahun 1974. Pada tahun 2016, ini adalah universitas Arab nomor satu menurut peringkat Times Higher Education.

Fakultas Kedokteran telah dibuka sejak tahun 1975 dan memiliki 22 departemen untuk spesialisasi. Selain itu, sekolah kedokteran di Arab Saudi ini memiliki beberapa pusat penelitian yang luar biasa seperti Center for Excellent in Genomic Medicine Research dan King Fahd Center for Medical Research. Selama studi Anda, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari penelitian atas serta ajaran para ahli internasional yang berkualifikasi tinggi. Pusat-pusat ini juga menawarkan tempat yang bagus untuk melakukan penelitian dan residensi Anda sendiri.

3. Fakultas Kedokteran Universitas Alfaisal

Lembaga penelitian swasta di Riyadh ini didirikan oleh King Faisal Foundation pada tahun 2002. Dengan bangga, sepertiga dari mahasiswanya adalah mahasiswa internasional, yang berasal dari 40 negara. Ini juga memiliki lokasi yang luar biasa: istana mendiang Raja Faisal.

Universitas Alfaisal menyebut diri mereka sebagai “universitas yang berpusat pada siswa” yang bertujuan untuk memberi manfaat bagi Kerajaan Arab Saudi melalui penyebaran pengetahuan, penelitian dan keahlian, serta benua yang lebih luas dan dunia.

Perlu dicatat bahwa, karena ini adalah universitas swasta, biaya siswa internasional jauh lebih tinggi daripada di sekolah negeri. Dengan demikian, biaya kuliah tahun pertama adalah $26,700 saja.

4. Fakultas Kedokteran Universitas King Saud bin Abdulaziz untuk Ilmu Kesehatan

Ini adalah universitas negeri yang memiliki 14 perguruan tinggi yang tersebar di antara Riyadh, Al-Ahsa dan Jeddah. Ini telah berkembang menjadi akademi penelitian intensif dan menggunakan King Abdulaziz Medical City sebagai pusat pelatihan perumahan untuk semua mahasiswa kedokteran.

Fakultas Kedokteran berbasis di Riyadh dan memiliki visi untuk mempersiapkan dokter yang berkualitas dengan pendidikan berkualitas tinggi, serta penelitian dan layanan masyarakat yang mempromosikan akuntabilitas sosial.

Program medis akan memberi Anda gelar MBBS melalui kurikulum yang dilisensikan dari University of Sydney di Australia, dan disesuaikan dengan persyaratan kehidupan lokal di Arab Saudi. Kurikulum menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah, mengarahkan siswa untuk bekerja sama dalam kelompok kecil pada masalah medis yang sebenarnya. Ada juga Lab Keterampilan Klinis di mana siswa dapat bekerja untuk menerapkan pengetahuan teoretis mereka ke dalam praktik.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Raja Khalid

Terletak di Abha, Universitas King Khalid didirikan pada tahun 1998 sebagai hasil penggabungan antara Universitas Islam Imam Mohammad Ibn Saud dan Universitas King Saud di Wilayah Selatan.

Salah satu sekolah kedokteran terbaik di Arab Saudi terletak di Universitas King Khalid, yang merupakan Fakultas Kedokteran. Sekolah kedokteran ini bekerja sama dengan rumah sakit dan fasilitas setempat, mendukung ini sementara juga memberikan siswa mereka paparan dunia nyata praktik medis: Rumah Sakit Pusat Assir, Rumah Sakit Umum Abha, Rumah Sakit Angkatan Bersenjata Wilayah Selatan dan Pusat Perawatan Primer di Wilayah Assir adalah beberapa dari institusi yang berafiliasi dengan universitas.

College of Medicine di King Khalid University juga menampung Saudi Society of Medical Education dan mendedikasikan dana yang signifikan untuk penelitian medis. Anda dapat melanjutkan studi kedokteran Anda setelah tingkat MBBS, dengan belajar di Pusat Pendidikan Pascasarjana dan Pendidikan Kedokteran Berkelanjutan.

6. Fakultas Kedokteran Universitas Raja Faisal

King Faisal University adalah universitas negeri yang berbasis di Al Ahsa, didirikan pada tahun 1975. Tujuan awal universitas selalu didasarkan pada penelitian ilmiah dan institusi tersebut dimulai dengan Sekolah Tinggi Ilmu Pertanian dan Pangan dan Sekolah Tinggi Kedokteran Hewan dan Peternakan di kampus utama di Al Ahsa, serta Sekolah Tinggi Arsitektur dan Perencanaan dan Sekolah Tinggi Kedokteran dan Ilmu Kedokteran di Dammam.

Ini berkembang menjadi departemen yang lebih khusus dan Universitas Dammam dipisahkan dari universitas menjadi institusinya sendiri.

Saat ini, Fakultas Kedokteran di Universitas King Faisal adalah salah satu dari 14. Ada beberapa departemen, memungkinkan siswa untuk mengambil spesialisasi dalam penyakit dalam, pediatri, dll. Ada juga Pusat Keunggulan dalam Penelitian Penyakit Hematologi yang akan sangat baik bagi mereka yang mencari untuk mengkhususkan diri di bidang ini.

7. Fakultas Kedokteran Universitas Dammam / Universitas Imam Abdulrahman Bin Faisal

Sekolah kedokteran terakhir dalam daftar sekolah kedokteran terbaik kami di Arab Saudi adalah University of Damman, College of Medicine. Salah satu universitas tertua di Provinsi Timur Arab Saudi, Universitas Dammam menjadi mandiri setelah berpisah dari Universitas King Faisal.

Ini adalah salah satu universitas terkemuka untuk studi medis untuk siswa pria dan wanita di Arab Saudi. Nama barunya diadopsi setelah kunjungan Raja Salman bin Abdelaziz ke Dammam pada November 2016.

Di samping Fakultas Kedokteran, IAU mendedikasikan dirinya hanya untuk ilmu kedokteran dan menawarkan studi dalam kedokteran gigi, keperawatan, farmasi klinis, kesehatan masyarakat, dan ilmu kedokteran terapan. College of Medicine memberikan gelar BMMS setelah program studi lima tahun dan magang wajib, serta gelar pascasarjana di mana siswa dapat lebih mengembangkan studi fisiologi, kedokteran kerja, dan sejumlah spesialisasi lainnya.

Mereka juga menjadi tuan rumah Simposium Medis Tahunan dan berbagai konferensi yang menyatukan para ahli Saudi dan internasional di bidangnya masing-masing. Selain itu, College memiliki serangkaian laboratorium yang mengesankan di mana siswa dapat mengembangkan pemahaman mereka tentang biokimia klinis, patologi klinis, anatomi, mikrobiologi, dll.

Belajar di IAU College of Medicine juga memberikan kesempatan untuk program pertukaran dengan universitas terkemuka lainnya di mana perguruan tinggi tersebut memiliki kemitraan: University of Arizona, Monash University, atau The Royal College of Physicians and Surgeons di Kanada. Ada juga jaringan penawaran layanan masyarakat yang kuat di dalam universitas, yang memungkinkan mahasiswa untuk menjadi lebih terlibat di wilayah tersebut dan menerapkan pengetahuan mereka dengan cara yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitar mereka dari tahun-tahun universitas mereka.


Itu kajian berkaitan 7 Fakultas Kedokteran Terbaik di Arab Saudi, Arab Saudi miliki fakultas kedokteran terbaik di dunia. Tidaklah heran, banyak calon mahasiswa baru berebutan mau kuliah di kedokteran Arab Saudi. Kuliah di luar negeri saat ini bukan cuman impian saja, telah banyak yang bisa memberikan bukti, saat ini bergantian Anda untuk coba. Mudah-mudahan Anda kedepannya dapat jadi calon dokter yang sukses dan berfaedah buat khalayak ramai, Amin.