Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Fakultas Kedokteran Terbaik di Filipina

Filipina merupakan salah satu negara yang mempunyai fakultas kedokteran terbaik di dunia. Dikenal dengan sebutan "Pearl of the Orient Seas" ini membuat Filipina jadi pusat tempat liburan dan pendidikan yang paling tenar.  Banyak orang-orang yang pengin berangkat ke Filipina buat berlibur namun ada pula yang ingin meniti pendidikan di sini. Kedokteran Filipina gak boleh dikuatirkan kembali, tiap tahun kedokteran Filipina punyai tingkat ketertarikan yang tinggi sekali serta cetak calon dokter dengan mutu yang bagus.

Buat Anda yang suka kuliah kedokteran di Filipina kami berikan sejumlah daftar kedokteran yang jadi yang didahulukan atau dapat di katakan amat tenar di Filipina. Anda bisa cari kabar tentang kuliah kedokteran di luar negeri mulai saat ini, masalah ini lantaran sangat banyak syarat yang wajib Anda lakukan sebelumnya bisa mendaftarkan diri di Kedokteran Filipina. Sehabis Anda lulus SMA awali untuk persiapkan diri hadapi bermacam jenis ujian masuk, Anda bisa latihan menjawab sejumlah soal SBMPTN ataupu ikuti bimbel teristimewa kedokteran, maka dari itu hasil yang diperoleh lebih maksimum.


Berikut Daftar Fakultas Kedokteran Terbaik di Filipina

10 Fk Terbaik di Filipina

1. University of Santo Tomas, Manila – Faculty of Medicine and Surgery

University of Santo Tomas adalah universitas Katolik tertua di Manila, ibu kota Filipina. Ini juga merupakan universitas terbesar di negara ini dan sekolah kedokteran secara khusus didirikan pada tahun 1871 dan merupakan bagian dari Komisi Pusat Keunggulan Pendidikan Tinggi. Fakultas Kedokteran dan Bedah Universitas Santo Tomas, Manila dianggap sebagai sekolah kedokteran terbaik di Filipina. Banyak dari alumninya yang terkenal telah menjadi tokoh bersejarah yang signifikan dalam masyarakat Filipina, seperti Jose Rizal, seorang dokter mata yang dianggap sebagai pahlawan nasional negara tersebut.

Untuk mendaftar studi di UST, Anda perlu mengisi formulir online yang meminta siswa internasional untuk membuktikan hasil akademik mereka dari studi sarjana, nilai tes NMAT, referensi, serta fotokopi sertifikat referensi kegiatan ekstra kurikuler. Penerimaan cukup kompetitif dan Anda juga perlu menunjukkan bahwa Anda mahir dalam bahasa Inggris (hasil TOEFL dan ESL diterima untuk tujuan ini).


2. University of the East Ramon Magsaysay Memorial Medical Center, Manila

Setelah Perang Dunia II, Universitas Timur perlahan mulai dibangun untuk mengembangkan pusat pendidikan pemuda Filipina. Itu dimulai sebagai Sekolah Tinggi Perdagangan dan Administrasi Bisnis Filipina, diikuti oleh perguruan tinggi lain secara bertahap antara tahun 1946 dan 1948. Pusat Medis akhirnya dibangun setelah mengakuisisi gedung Instituto de Mujeres dan perguruan tinggi kedokteran didirikan pada tahun 1956.

Yayasan nirlaba ini menghormati memori Presiden Ramon Magsaysay. Sekolah kedokteran di Filipina ini juga merupakan bagian dari Centers of Excellence yang diberikan oleh Komisi Pendidikan Tinggi di Filipina.

Dengan kurikulum yang inovatif dan tingkat kelulusan yang tinggi pada ujian lisensi untuk dokter baru, Fakultas Kedokteran UERM sangat dihormati secara nasional dan internasional. Ada juga Sekolah Tinggi Keperawatan, Terapi Fisik, dan Ilmu Rehabilitasi Sekutu.


3. University of the Philippines, Manila – College of Medicine

Sebagai salah satu sekolah kedokteran tertua di Filipina, College of Medicine dengan University of the Philippines telah beroperasi sejak 1905. Ia mengklaim ketenaran karena terus beroperasi tidak berubah selama Perang Dunia, dan sebagai hasilnya, Dekan College saat itu menjadi Presiden Universitas Filipina secara keseluruhan.

Sekolah kedokteran adalah tempat yang bagus untuk berlatih karena berafiliasi langsung dengan Rumah Sakit Umum Filipina, yang menawarkan siswa kesempatan untuk memiliki pengalaman langsung dengan pasien selama pengajaran mereka. Ada juga sistem kerjasama antar universitas dengan studi silang yang tersedia dengan Fakultas Kedokteran Gigi, Keperawatan, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, Profesi Medis Sekutu, dan Pusat Pelatihan Nasional untuk Profesi Kesehatan, semuanya berbasis di Manila. Sejumlah besar Sekretaris Kesehatan Filipina telah lulus dari sini.


4. Far Eastern University – Nicanor Reyes Medical Foundation

Dr. Nicanor Reyes, Sr., adalah pendiri dan presiden pertama Universitas Timur Jauh. Dia memiliki rencana untuk mengembangkan institut kedokteran kelas dunia sebelum Perang Dunia II, tetapi sayangnya terbunuh dalam pertempuran. Namun, pada tahun 1952, Institute of Medicine membuka gerbangnya di dalam Universitas Timur Jauh, dengan mengingat namanya.

Institute of Medicine ini juga mendapatkan stempel persetujuan Centre of Excellence dan secara konsisten mempersembahkan kelas kelulusan dengan mahasiswa kedokteran berprestasi yang memasuki profesi tersebut. Berbasis di Kota Quezon, visi lembaga ini ambisius, menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan kelas dunia.

Ini menawarkan siswa program Doctor of Medicine di samping banyak spesialisasi lain seperti Perawatan dan Terapi Fisik. Kehidupan mahasiswa juga mengambil tempat penting di sini, dengan banyak kegiatan dan organisasi hadir di kampus.


5. De La Salle University – Health Science Institute

Didirikan pada tahun 1979 di Dasmarinas, Institut Ilmu Kesehatan Universitas De La Salle menawarkan divisi akademik serta rumah sakit pendidikan dan fasilitas penelitian. Sama seperti Institut Medis lainnya, ia menawarkan berbagai jalur studi di luar Doctor of Medicine, seperti Terapi Fisik, Keperawatan, dll.

Namun dalam bidang Kedokteran, program De La Salle University juga merupakan anggota resmi dari ASEAN University Network-Quality Assurance. Ini menganugerahkannya otoritas di seluruh kelompok negara-negara ASEAN, yang patut dicatat.

Untuk masuk ke sekolah kedokteran Filipina ini, Anda harus menunjukkan nilai ujian nasional – Tes Penerimaan Medis Nasional. Sebagai universitas swasta, biaya kuliah lebih tinggi daripada di lembaga negara, namun pilihan beasiswa tersedia.


6. Cebu Institute of Medicine

Terletak di Kota Cebu, Institute of Medicine adalah bagian dari Velez College yang lebih besar. Sejak tahun 1957, CIM memberikan pelatihan untuk menciptakan “Dokter Berhati” sesuai dengan mottonya.

Mereka menawarkan gelar kedokteran tingkat pertama bersama dengan penelitian yang telah dilakukan bekerja sama dengan lembaga-lembaga terkenal di dunia seperti Universitas Cornell, Institut Politeknik Virginia dan Universitas Negeri, Universitas Negeri Pennsylvania, dll. Sejak tahun 1996, CIM menikmati status Pusat of Excellence diberikan oleh Pusat Pendidikan Tinggi Filipina.


7. St Luke’s College of Medicine – William H. Quasha Memorial

Berikutnya dalam daftar sekolah kedokteran terbaik kami di Filipina adalah Fakultas Kedokteran di Pusat Medis St Luke. Itu didirikan pada tahun 1994 dan menawarkan mahasiswa kedokteran program MD 5 tahun yang intensif termasuk magang di rumah sakit di Pusat Medis St. Luke juga.

Itu berbasis di Kota Quezon dan mencakup lima bangunan di samping rumah sakit. Dengan jumlah mahasiswa yang sedikit (maksimum c. 500 per tahun), Fakultas Kedokteran St Luke adalah tempat yang ideal untuk memiliki rasio mahasiswa / fakultas yang hebat selama studi kedokteran Anda.

Untuk mendapatkan penerimaan, hasil NMAT diperlukan, namun, siswa didorong untuk menyerahkan aplikasi mereka sebelum mengambil NMAT untuk memastikan bahwa program studi mereka saat ini memenuhi semua persyaratan awal.

Jika Anda adalah siswa internasional yang telah dididik dalam bahasa selain bahasa Inggris, Anda juga harus mengikuti tes kecakapan bahasa Inggris.


8. Ateneo de Manila University School of Medicine and Public Health – Pasig

Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat Ateneo adalah universitas swasta Katolik Roma, bagian dari Universitas Ateneo de Manila. Terletak di Pasig dan memiliki rumah sakit mitra di sebelahnya, The Medical City.

Pemeriksaan Lisensi Dokter terbaru di Filipina menempatkan ASMPH di posisi teratas untuk tingkat kelulusan 100%, yang tentu saja luar biasa. Selain itu, lulusan memiliki pilihan untuk belajar untuk gelar MD-MBA bersama dengan Sekolah Pascasarjana Bisnis Ateneo.


9. Saint Louis University-International School of Medicine

Berbasis di Baguio, Universitas Saint Louis juga merupakan institusi Katolik swasta yang menawarkan berbagai program hingga tingkat pasca sarjana, termasuk gelar MD. Sekolah Kedokteran Internasionalnya didirikan pada tahun 1975, diikuti setahun kemudian dengan pembukaan rumah sakit mitranya, Universitas Saint Louis-Rumah Sakit Hati Kudus.


10. Davao Medical School Foundation

Sekolah kedokteran terakhir dalam daftar sekolah kedokteran terbaik Filipina adalah Sekolah Kedokteran Davao, yang berbasis di Davao del Sur. Ini bertujuan untuk mendukung pengembangan dokter di masyarakat pedesaan, dan khususnya di pusat-pusat kota Mindanao.

Didirikan pada tahun 1976, Sekolah Kedokteran menawarkan kampus yang luas di luar Kota Davao, dengan siswa yang tinggal di dekat berbagai rumah sakit di mana mereka dapat melakukan pelatihan praktis mereka (Pusat Medis Davao, Rumah Sakit Dokter Davao, dan Rumah Sakit San Pedro, sebagai serta Rumah Sakit Brokenshire Memorial). Mereka dengan bangga menyambut siswa internasional yang telah lulus NMAT dan memenuhi persyaratan penerimaan mereka.


Penutup

Itu pengkajian terkait  10 Fakultas Kedokteran Terbaik di Filipina, Filipina punya fakultas kedokteran terbaik di dunia. Tidaklah mengherankan, banyak calon mahasiswa anyar berebutan ingin kuliah di kedokteran Filipina. Kuliah di luar negeri saat ini bukan cuman keinginan saja, telah banyak yang bisa memberi bukti, saat ini bergantian Anda buat coba. Mudah-mudahan Anda nantinya dapat menjadi calon dokter yang sukses dan bermanfaat buat khalayak ramai, Amin.