BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Sulawesi 2024

Sulawesi memiliki beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Tidak heran, banyak orang yang ingin berkuliah kedokteran di pulau ini. Hal ini dikarenakan kualitas pendidikan di Sulawesi tidak kalah dengan pendidikan di Jawa.

Agar Anda dapat diterima di Fakultas Kedokteran di Sulawesi, Anda harus mempersiapkan diri Anda sebaik-baik nya dalam menghadapi tes SBMPTN/Ujian Mandiri jika Anda gagal di SNMPTN. Banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari latihan soal secara mandiri atau mengikuti bimbel khusus masuk kedokteran. Berikut merupakan beberapa Fakultas Kedokteran yang dapat menjadi pilihan jika Anda ingin menjadi seorang dokter.

5 Daftar Fakultas Kedokteran Terbaik di Sulawesi

5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Sulawesi 2024

1. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas)

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (FK Unhas)

Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin atau dikenal dengan FK Unhas adalah salah satu Fakultas Kedoketran paling terkenal di Indonesia. Berlokasi di Sulawesi membuat FK Unhas selalu menjadi favorit bagi calon mahasiswa baru. Hal ini dikarenakan FK Unhas mendapatkan Akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT no. 0134/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2018. Biaya yang ditawarkan Fakultas Kedokteran berdasarkan UKT mulai dari Rp500.000 - Rp14.000.000 berdasarkan golongan.

2. Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (FK Untad)


Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako (FK Untad)

Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako atau disingkat FK Untad merupakan Fakultas Kedokteran yang berada di Kota Palu. Fakultas Kedokteran Untad memiliki visi untuk unggul dalam pengabdian kepada masyarakat terutama dibidang penyakit tropis dan Traumatologi. Hal ini mendorong mahasiswa FK Untad untuk dapat meningkatkan jiwa sosial kepada lingkungan sekitar. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes No. 0781/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2017 FK Untad mendapatkan Akreditas B sedangkan Biaya yang ditawarkan FK Untad bergantung dari golongan yaitu dari Rp500.000 - Rp24.000.000.

3. Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (FK UHO)

Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (FK UHO)
Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo atau kerap disapa FK UHO adalah salah satu fakultas kedokteran di Sulawesi yang terletak di Kota Kendari. Fakultas Kedokteran UHO mendapatkan Akreditasi B Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT no. 0413/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2017. Banyak calon paserta didik baru mendaftarkan dirinya di FK UHO dikarenakan sistem pendidikan dan sarana yang disediakan cukup baik sesuai dengan Visi dan Misi. Biaya yang ditawarkan berdasarkan UKT mulai dari Rp500.000 - Rp20.000.000.

4. Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi (FK Unsrat)

Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo (FK UHO)

Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi atau disingkat FK Unsrat merupakan salah satu Fakultas Kedokteran di Sulawesi tepatnya di Sulawesi Utara. Fakultas Kedokteran Unsrat mendapatkan Akreditasi A berdasarkan Berdasarkan BAN-PT no. 0144/LAM-PTKes/Akr/Sar/IV/2017. Hal ini membuat FK Unsrat memiliki jumlah peminat yang cukup tinggi dibandingkan dengan FK lain disekitarnya. Biaya yang ditawarkan oleh FK Unsrat mulai dari Rp500.000 - Rp25.000.000 berdasarkan golongan UKT.

5. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makasar (FK Unismuh)

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makasar (FK Unismuh)

Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makasar atau biasa disebut FK Unismuh merupakan salah satu FK Muhammadiyah yang terletak di Sulawesi Selatan. Fakultas Kedokteran Unismuh menjadi favorit dikarenakan memiliki Akreditasi B Berdasarkan LAM-PTKes Nomor: 0253/LAM-PTKes/Akr/Pro/V/2017. Biaya yang ditawarkan untuk kuliah di FK Unismuh juga sebesar Rp125.600.000 saat pertama masuk dan Rp9.000.000 untuk setiap semester.


Itulah pembahsan tentang beberapa fakultas kedokteran terbaik di Sulawesi. Jika Anda ingin kuliah Kedokteran diperlukan persipan fisik dan mental dalam menempuh ujian. Jangan pernah pantang menyerah dan teruslah mencoba untuk menggapai cita-cita Anda menjadi seorang dokter.