Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Sulawesi

Sulawesi memiliki beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Tidak heran, banyak orang yang ingin berkuliah kedokteran di pulau ini. Hal ini  dikarenakan kualitas pendidikan di Sulawesi tidak kalah dengan pendidikan di Jawa.

Agar Anda dapat diterima di Fakultas Kedokteran di Sulawesi, Anda harus mempersiapkan diri Anda sebaik-baik nya dalam menghadapi tes SBMPTN/Ujian Mandiri jika Anda gagal di SNMPTN. Banyak cara yang dapat dilakukan mulai dari latihan soal secara mandiri atau mengikuti bimbel khusus masuk kedokteran. Berikut merupakan beberapa Fakultas Kedokteran yang dapat menjadi pilihan jika Anda ingin menjadi seorang dokter.

Daftar Fakultas Kedokteran Terbaik di Sulawesi

Top FK di sulawesi


1. Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin


FK UNHAS


Universitas Hasanuddin atau yang umum dikenali Unhas ini tercipta pada anggal 28 Januari 1956 dan jadi awalnya tonggak riwayat dunia kedokteran di Makassar dengan disahkannya sebuah instansi pendidikan dokter bernama "Fakultas Kedokteran Makassar" oleh Prof. Ir. R. Soewandi yang memegang sebagai Menteri P dan K di saat itu. Langkah pertama ini berawal dari kemauan besar warga kota Makassar untuk mempunyai Fakultas Kedokteran dan ada "Gentlement Agreement" di antara faksi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Yayasan Balai Perguruan Tinggi Sawerigading berkenaan pendirian sebuah Universitas Negeri di Makassar.


Persetujuan ini dilakukan tindakan di pertemuan Dewan Menteri tanggal 22 Oktober 1953 yang membuat Panitia Penyiapan Fakultas Kedokteran. Panitia ini dipimpin oleh Syamsuddin Dg Mangawing dengan Muhammad Rasyid Dg Sirua sebagai sekretaris dan J.E. Tatengkeng, Andi Patiwiri dan Sampara Dg Lili sebagai anggota-anggotanya.


Pengesahan Universitas Hasanuddin oleh Wakil Presiden Drs. Moh. Hatta di tanggal 10 September 1956 mengakibatkan status Fakultas Kedokteran Makassar beralih menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Peralihan ini terjadi karena persyaratan pendirian Universitas waktu itu ialah minimum satu fakultas eksakta dan dua fakultas non eksakta. Hingga Fakultas Kedokteran Makassar ditempatkan untuk "mengikuti" Fakultas Hukum dan Ekonomi yang sudah terlebih dahulu datang (8 Oktober 1948).


Angkatan pertama Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin diterima bulan Januari 1956. Ujian masuk dikerjakan secara lokal, di mana 65 orang dipastikan lulus sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin. Bulan Agustus di tahun yang serupa diterima angkatan ke-2 sekitar 60 orang.


Pada angkatan ke-2 berikut yang pertama kalinya jalani periode acara perjumpaan yang disebutkan Perpelontjoan. Aktivitas yang berjalan sepanjang dua minggu penuh ini meliputi pemberian materi perjumpaan dibarengi kegiatan fisik. Beberapa aktivitas itu termasuk keras karena menuntut banyak kemampuan fisik dan psikis, tapi karakternya mendidik dan memupuk rasa sama nasib dan sepenanggungan antara mahasiswa baru.


Kedokertan Universitas Hasanuddin yang beralamatkan di Jl. Pelopor Kemerdekaan Km. 10, Tamalanrea Cantik, Kec. Tamalanrea, Kota Makassar, Sulawesi Selatan mempunyai misi Di tahun 2020 jadi Prodi Pendidikan Dokter yang Unggul dalam Akademis dan Penelitian di Tingkat Nasional dan Internasional dan Sanggup Tingkatkan Kesehatan Warga yang Berbasiskan Benua Maritim Indonesia dan visi Mengadakan pendidikan dan riset berkualitas internasional dan memberikan dukungan diwujudkannya warga yang sehat berbasiskan Benua Maritim Indonesia.


Ongkos yang dikeluarkan untuk tempuh Pendidikan Dokter di Universitas Hasanuddin Makasar ini terdiri jadi enam barisan yakni barisan I sejumlah Rp. 500.000, barisan II Rp. 750.000, barisan III Rp. 2.000.000, barisan IV Rp. 2.400.000, barisan V Rp. 8.000.000 dan barisan VI sejumlah Rp. 14.000.000.


Untuk memperoleh informasi lebih terang berkenaan Kedokteran Universitas Hasanuddin bisa berkunjung situnya di https://unhas.ac.id dan https://med.unhas.ac.id/ dan bisa menelepon ke nomor telephone 0411-586200.


2. Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako


FK Tadulako


Universitas Tadulako atau yang umum disebutkan Untad ini mempunyai Program Study Pendidikan Dokter yang termasuk baru di lingkungan universitas Untad. Berdirinya Pendidikan Dokter Untad di tanggal 10 Januari 2012. Saat disahkan FKIK terdiri dari dua program study, satu diantaranya yakni Program Study Pendidikan Dokter (PSPD) yang dibuat berdasar Surat Dirjen Dikti. Nomor : 2124/D/T/2008 Tanggal 11 Juli 2008 hal Izin Penyelenggaraan Program Study Karier Dokter (S1) pada Universitas Tadulako.


Program Study Sarjana Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako sudah terakreditasi oleh Instansi Legalisasi Berdikari Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) , dan Berdasar Keputusan LAM-PTKes N0. 0781/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2017 mengenai Status, Nilai, dan Rangking Legalisasi Program Study Sarjana Kedokteran Universitas Tadulako, Palu. Terakreditasi dengan rangking B.


Bersamaan berjalannya proses akademis dan peningkatan yang sudah dilakukan, pada awal tahun 2018 Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako yang memayungi Program Study Sarjana Kedokteran dan Program Study Karier Dokter mendapat Legalisasi B. Hasil itu didapatkan berdasar Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Instansi Legalisasi Berdikari Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes) dengan Nomor : 0781/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2017 mengenai Status, Nilai, dan Rangking Legalisasi Program Study Sarjana Kedokteran Universitas Tadulako, Palu.


Selanjutnya keluarnya Surat Keputusan Pengurus Perkumpulan Instansi Legalisasi Berdikari Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (Perkumpulan LAM-PTKes) dengan Nomor : 0782/LAM-PTKes/Akr/Pro/XII/2017 mengenai Status, Nilai, dan Rangking Legalisasi Program Study Karier Dokter Universitas Tadulako, Palu.


Kedokteran Universitas Samratulangi yang beralamatkan di Tondo, Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi tengah mempunyai misi unggul dalam Dedikasi ke Warga khususnya di bagian Penyakit Tropis dan Traumatologi lewat peningkatan Pendidikan dan Riset Kedokteran dan visi seperti berikut:


Melakukan aktivitas Pendidikan dan Edukasi yang berkualitas untuk hasilkan alumnus yang berakhlak dan profesional khususnya di bagian Penyakit Tropis dan Traumatologi.

Meningkatkan Riset kedokteran dan kesehatan khususnya sektor Penyakit Tropis dan Traumatologi baik pada tingkat lokal, nasional atau internasional.

Melakukan Dedikasi warga dalam menolong perpecahan permasalahan kedokteran dan kesehatan khususnya di bagian penyakit tropis dan traumatologi baik lokal, nasional dan internasional.

Merajut kerja sama lintasi bidang di bagian kedokteran dan kesehatan dan sektor yang lain pada tingkat nasional dan internasional.

Mengadakan tata urus yang efisien, efektif, terbuka, akuntabel dan terus-menerus.

Ongkos yang dikeluarkan untuk tempuh Pendidikan Kedokteran di Universitas Tadulako berdasar lima barisan UKT yakni barisan I sejumlah Rp. 500.000, barisan II Rp. 1.000.000, barisan III Rp. 8.500.000, barisan IV Rp. 20.000.000, dan barisan V Rp. 24.000.000. Untuk memperoleh informasi berkenaan Kedokteran Universitas Tadulako https://fk.untad.ac.id dan https://untad.ac.id dan bisa menelepon ke nomor (+62) 0451 422611.



3. Fakultas Kedokteran Universitas Halu Oleo


FK Universitas Halu Oleo

Awalannya, fakultas kedokteran UHO ada di bawah lindungan fakultas MIPA. Nach, di tahun 2010, program study pendidikan dokter pada akhirnya berdiri dengan sendiri jadi fakultas kedokteran. Fakultas kedokteran UHO sekarang ini mengepalai dua jalur yakni jalur pendidikan dokter dan jalur pengetahuan keperawatan. Di umurnya yang masih terbilang muda, sarana dan kwalitasnya dapat disebut lumayan bagus. Apa lagi, rumah sakit universitas barusan dibereskan tahun ini.

Kualitas mahasiswa dan servis kesehatannya akan lebih bagus donk. iya tidak? Sayang, fakultas kedokteran UHO masih terakreditasi C oleh BAN-PT dengan argumen jumlah tenaga pendidik yang masih tidak cukup. Walau masih berakreditasi C, rupanya proses penyeleksian mahasiswa baru di fakultas kedokteran UHO cukup ketat, lho. Sama seperti yang dikutip dari web sah SBMPTN, tahun 2015 tempo hari fakultas kedokteran UHO cuman sediakan 20 bangku untuk mahasiswa baru yang diperebutkan oleh 1.308 pecinta dari lajur SBMPTN, jumlah pecinta yang cukup banyak tentu saja.

Kedokteran Universitas Haluole yang beralamatkan di Jl. Syaikh Muhammad Al-Khidhir, Kambu, Kec. Kambu, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara mempunyai misi Unggul dan Paling depan dalam Dedikasi Ke Warga lewat Peningkatan Pendidikan dan Riset di Sektor Kedokteran dan Pengetahuan Kesehatan di Sektor Kedokteran dan Pengetahuan Kesehatan di Teritori Indonesia Timur dan visi seperti berikut:

1. Melakukan aktivitas pendidikan, riset dan dedikasi ke warga secara berdikari dan memiliki daya saing nasional.

2. Melakukan tata urus fakultas secara berdikari dan professional.

3. Meningkatkan pendidikan dan riset di bagian kedokteran dan pengetahuan kesehatan (terutamanya sektor traumatologi dan penyakit tropis) yang mendukung dedikasi ke warga.

Ongkos yang perlu dikeluarkan untuk tempuh Pendidikan Dokter di Universitas Haluoleo terdiri jadi delapan barisan UKT yakni barisan I sejumlah Rp. 500.000, barisan II Rp. 1.000.000, barisan III Rp. 6.000.000, barisan IV Rp. 10.000.000, barisan V Rp. 12.500.000, barisan VI Rp. 15.000.000, barisan VII Rp. 17.500.000, barisan VIII Rp. 20.000.000.

Untuk informasi lebih komplet berkenaan Kedokteran Universitas Haluoleo bisa berkunjung websitenya di https://www.fk.uho.ac.id/ dan https://www.uho.ac.id/ atau bisa menelepon di nomor telephone 0401-3190105.



4. Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi

FK Universitas Sam Ratulangi


Universitas Samratulangi atau yang umum disebutkan Unsrat mempunyai Kedokteran yang telah tua di lingkungan universitas. Kedokteran Universitas Samratulangi awalnya pembangunan di tanggal 28 Mei 1959 yang seterusnya diperingati sebagai tanggal lahirnya Kedokteran Universitas Samratulangi di dalam lingkungan Universitas Sulawesi tengah berdasar Surat Pekuper Nomor 522/Pert/Pekuper/1958 tertanggal 5 Mei 1959.


Seterusnya dianggap sebagai Fakultas Kedokteran Negeri di tanggal 26 Desember 1961 berdasar Surat Keputusan Menteri Perguruan Tinggi dan Pengetahuan Pengetahuan RI Nomor 8242/UP/II/61 dan dengan Surat Keputusan Presiden RI Nomor 227 Tahun 1965 diputuskan sebagai Fakultas Kedokteran UNSRAT.


Program Study Pendidikan Dokter Universitas Samratulangi memiliki tata urus maksimal untuk mendukung aktivitas pendidikan/edukasi, riset dan dedikasi warga yang terus-menerus, mengadakan aktivitas pendidikan dan riset yang memberikan dukungan daya saing bangsa, dan hasilkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang professional, unggul.


Tidak itu saja, prodi Pendidikan Dokter akan membuat kerja sama kerja sama dengan lembaga kedokteran dan kesehatan baik nasional atau internasional yang efisien dan efektif dan sanggup berperanan dalam tingkatkan kesehatan dan kualitas hidup bangsa, bisa berkompetisi secara internasional, dan mempunyai keunggulan detil


Universitas Kedokteran Universitas Samratulangi yang beralamatkan di Jl. Pundak Kec. Malayang Kotab Manado Sulawesi Utara ini mempunyai misi membuat Fakultas Kedokteran Unsrat ke arah Fakultas Favorit (Excellent Faculty) tahun 2020 pada tingkat regional, nasional, dan internasional yang mempunyai keunggulan dalam mengadakan pendidikan/edukasi, riset dan dedikasi pada warga di bagian kesehatan dan kedokteran dan visi seperti berikut:


Hasilkan sumber daya manusia (SDM) yang unggul, kuasai iptek kedokteran, kedokteran gigi dan keperawatan, sanggup berperanan dalam tingkatkan kesehatan dan kualitas hidup bangsa, dan sanggup berkompetisi secara global.

Tingkatkan kualitas management fakultas supaya memiliki tata urus maksimal untuk mendukung aktivitas pendidikan/edukasi, riset dan dedikasi pada warga yang terus-menerus.

Menggerakkan hasil pendidikan dan riset yang bisa dipakai untuk dedikasi yang memberikan dukungan daya saing bangsa.

Ongkos yang diperlukan untuk tempuh Pendidikan Kedokteran Universitas Samratulangi yakni berdasar barisan UKT dari 1 sampai delapan, untuk barisan I sejumlah Rp. 500.000, barisan II Rp. 1.000.000, barisan III Rp. 3.000.000, barisan IV Rp. 6.000.000, barisan V Rp. 9.000.000, barisan VI Rp. 14.000.000, barisan VII Rp. 20.000.000, dan barisan VIII sejumlah Rp. 25.000.000. Untuk informasi lebih komplet berkenaan Kedokteran Universitas Samratulangi bisa mengunjingi websitenya di http://faked.unsrat.ac.id/ dan bisa mengontak nomor teleponnya (0431) 863886.


5. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makasar

FK Universitas Muhammadiyah Makasar


Universitas Muhammadiyah Makasar atau yang umum disebutkan Unismuh ini mempunyai kedokteran yang termasuk baru di lingkungan universitas Unismuh. Pendirian Pendidikan Kedokteran Unismuh baru tercipta atas penandatangan MOU kerja-sama dengan Fakultas Kedokteran Unhas dan Rumah Sakit Syekh Yusuf Gowa, karena itu di tahun 2007 proposal pendirian Fakultas Kedokteran dan Pengetahuan Kesehatan UNISMUH di usulkan ke DIKTI jakarta.


Hasil dari kerja sama itu pada akhirnya di tanggal 16-17 Mei 2008 oleh Team KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) lakukan visitasi ke Universitas Muhammadiyah untuk menyaksikan kelaikan pembukaan program study. Alhamdulillah dengan semua rasa sukur ke Allah SWT, di tanggal 29 Juli 2008 keluarlah ijin operasional dari Dirjen Dikti untuk Program Study Kedokteran dengan No. 2422/D/T/2008.


Kedokteran Universitas Muhammadiya Makasar yang beralamatkan di Jalan Sultan Alauddin No.259, Gunung Sari, Rappocini, Gn. Sari, Rappocini, Kota Makassar, Sulawesi Selatan ini mempunyai misi Jadi Program Study Pendidikan Dokter yang unggul, paling dipercaya, memiliki nuansa islami dan global di tahun 2020 dan visi seperti berikut:


Mengadakan pendidikan kedokteran dengan kurikulum berbasiskan kapabilitas dan evidence based.

Mengadakan pendidikan dokter yang professional dan memiliki daya saing, berdikari, memiliki iman dan bertakwa dan berpikiran global yang sanggup berperanan secara holistic dalam menangani kesehatan warga

Mengadakan pendidikan dokter yang inovatif, unggul dan inovatif di bagian IPTEK dan riset kedokteran Islam.

Mengadakan penebaran dan implementasi IPTEK kedokteran untuk kesejahteraan warga dan mengadakan dedikasi pada warga secara Islami.

Mengadakan mekanisme organisasi dan tata urus yang bagus dan bertanggungjawab (Good Governance)

Ongkos yang dibutuhkan untuk tempuh Pendidikan Kedokteran di Universitas Muhammadiyah Makasar saat pertama masuk harus keluarkan dana sejumlah Rp. 125.600.000 dan SPP di setiap semesternya sejumlah Rp. 9.000.000. Untuk memperoleh informasi berkenaan Kedokteran Universitas bisa berkunjung https://med.unismuh.ac.id/ dan http://www.unismuh.ac.id/ dan bisa menelepon di nomor 1-202-555-1212.


Penutup

Itulah pembahsan tentang beberapa fakultas kedokteran terbaik di Sulawesi. Jika Anda ingin kuliah Kedokteran diperlukan persipan fisik dan mental dalam menempuh ujian. Jangan pernah pantang menyerah dan teruslah mencoba untuk menggapai cita-cita Anda menjadi seorang dokter.

Posting Komentar untuk " 5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Sulawesi"