Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Fakultas Kedokteran Terbaik di Bali

Fakultas Kedokteran di Bali sebenarnya tidak banyak. Tetapi, Bali memiliki beberapa kampus terbaik di Indonesia. Mulai dari kampus negeri hingga swasta ada di pulau ini. Jadi memilih Bali sebagai tempat belajar sangat direkomendasikan.

Bali adalah pulau yang memiliki tempat wisata paling terkenal di Indonesia. Banyak turis asing datang ke Indonesia hanya ingin berkunjung di pulau ini. Bali memberikan pesona yang berbeda dengan pulau lainnya. Lautan pantai memanjang sepanjang pulau sangatlah elok dipandang mata. Maka tidak heran suasana belajar disini sangat nyama. Berikut fakultas kedokteran terbaik di Bali.

Daftar Fakultas Kedokteran Terbaik di Bali

fk terbaik di bali


1. Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (UNUD)


fk udayana unud


Fakultas Kedokteran Unud (FK UNUD) persisnya berdiri di tahun 1962 dan sebagai salah satunya sisi dari 12 Fakultas yang berada di bawah Unud. FK UNUD berada di Denpasar (Pusat Kota Provinsi Bali). Fakultas Kedokteran UNUD sebagai satu dari lembaga pendidikan kedokteran yang mempunyai kualitas yang tinggi dan bisa disamakan dengan lembaga pendidikan kedokteran di tingkat nasional dan ASEAN. Sekarang ini, FK UNUD tengah jalankan 2 program pendidikan sarjana dan program post graduate (baik pendidikan specialist, program master atau program doktoral dalam pengetahuan bio klinis). Selain melakukan pekerjaan sebagai komponen pengajar, FK UNUD berperanan aktif pada proses riset dan servis khalayak. Ke-3 ini sebagai komponen pokok dari beberapa prinsip perguruan tinggi yang berada di Indonesia. Ini dikenali sebagai Tri Dharma Perguruan Tinggi.


2. Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)

fk undiksha


Program study kedokteran dan program Pendidikan karier dokter dibangun didasari pada Keputusan Menteri Penelitian, Tehnologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 574/KPT/I/2018 mengenai ijin pembukaan Program Study Kedokteran Program Sarjana dan Program Study Pendidikan Karier Dokter Program Karier. Dengan dibukanya program study kedokteran dan program study Pendidikan karier dokter di Universitas Pendidikan Ganesha, akseptasi mahasiswa pertama kalinya ialah di tahun tuntunan 2018/2019.


Fakultas Kedokteran dengan kekhususan Kedokteran Pariwisata diusulkan oleh Universitas Pendidikan Ganesha, sebagai Perguruan Tinggi Negeri di bawah Kementerian Penelitian, Tehnologi dan Pendidikan Tinggi dengan document pendirian tubuh hukum pengusul:


  • Ketentuan Presiden Republik Indonesia Nomor 11 tahun 2006, mengenai peralihan IKIP Negeri Singaraja Jadi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA), tertanggal 11 Mei 2006.
  • Keputusan BAN PT Nomor 0366/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2017, tanggal 19 Januari 2017, tentangStatus Legalisasi dan Rangking Terakreditasi Perguruan Tinggi Universitas Pendidikan Ganesha, putuskan (a) Status Legalisasi : Terakreditasi, dan (b) Rangking Terakreditasi : B dengan Nilai 329. Sekarang ini Undiksha sudah Terakreditasi: A dengan Nilai 361
  • Universitas Pendidikan Ganesha sebagai salah satunya anggota Konsorsium Perguruan Tinggi Negeri Teritori Timur Indonesia (KPTN KTI).
  • Surat Senat No.902/UN48/L/2017 tanggal 6 Pebruari 2017 mengenai Pemikiran Senat mengenai Tambahan Program Study.


Universitas Pendidikan Ganesha sudah berencana/membuat pembukaan Program Study Pendidikan Dokter semenjak tahun 2005 dengan terima PNS berlatang belakang dokter sekitar 2 (dua) orang untuk saat ini di home base kan di Fakultas Olahraga dan Kesehatan. Penerimaan ini selalu bersambung sepanjang tiga tahun berlalu sampai jumlah PNS yang berdasarbelakang dokter jadi sejumlah 13 (tiga belas) orang. Sebagai wujud loyalitas Undiksha dalam peningkatan sumber daya manusia karena itu ke 13 dokter itu sudah disekolahkan ke tingkatan selanjutnya baik di bagian akademis atau karier. Sampai sekarang ini semua tenaga dokter itu sudah bertitel Magister delapan orang, bertitel Doktor tiga orang, Specialist Neurologi satu orang dan Specialist Anak satu orang. Pembikinan proposal sudah dilaksanakan semenjak tahun 2009. Rencana ini telah tercantum pada Renstra Undiksha. Saran sah pendirian Program Study Pendidikan Dokter Undiksha telah dikatakan semenjak tahun 2010 dan pernah diundang dan ikuti workshop pengaturan proposal saran FK kedokteran oleh Dikti. Semenjak tahun 2010, Undiksha sudah seringkali sampaikan saran dan melalui 2x moratorium. Sampai pada akhirnya terbitlah Keputusan Menteri Penelitian Tehnologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor: 574/KPT/I/2018 mengenai Ijin Pembukaan Program Study Kedokteran Program Sarjana dan Program Study Pendidikan Karier Dokter Program Karier Pada Universitas Pendidikan Ganesha di Kabupaten Buleleng tertanggal 16 Juli 2018.


Seterusnya berdasar Keputusan Rektor Universitas Pendidikan Ganesha Nomor: 1297/UN48/KL/2018 mengenai Pembangunan Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha tertanggal 7 September 2018. Dengan begitu resmilah Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha berdiri. Sampai sekarang ini Fakultas Kedokteran Universitas Pendidikan Ganesha sudah terima mahasiswa sekitar 47 orang. Dan disokong oleh staff karyawan sekitar 30 orang.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai fakultas kedokteran terbaik di Bali. Bali merupakan salah satu lokasi belajar paling nyaman di Indoensia. Hal ini dikarenakan Bali memberikan suasana belajar yang mengasyikkan. Jadi tunggu apalagi, segeralah mendaftarkan diri Anda menjadi seorang dokter disini.

Posting Komentar untuk "2 Fakultas Kedokteran Terbaik di Bali"