Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Sumatera

Sumatera memiliki beberapa Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia. Hal ini dikarenkan pulau Sumatera memiliki daratan yang sangat panjang sehingga jumlah FK nya pun tidak sedikit. Banyak mahasiswa baru ingin Kuliah Kedokteran di Sumatera sehingga untuk masuk FK disini tidak lah mudah. 

Menjadi seorang Dokter merupakan impian setiap orang. Hal ini karena menjadi seorang Dokter memiliki  pekerjaan yang memiliki masa depan yang jelas dengan cara menyelamatkan nyawa orang. Tetapi, untuk masuk Fakultas Kedokteran tentu saja tidaklah mudah, dibutuhkan keterampilan khusus dan biaya yang mahal. Oleh karena itu persiapkanlah diri Anda sebaik-baiknya untuk menghadapi tes masuk kedokteran seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri jika Anda gagal dalam SNMPTN. Disini Kami memberikan referensi beberapa fakultas kedokteran di pulau yang dapat Anda coba.


Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran?

Sebelum Anda mendaftarkan diri di Fakultas Kedokteran, ada beberapa syarat yang harus wajib Anda miliki, hal ini akan membantu Anda dalam proses belajar mengajar selama kuliah kedokteran. Adapun syarat seperti pintar dalam pelajaran Biologi, Memiliki keahlian dalam Bahasa Inggirs, dan beberapa syarat lainnya. Kami telah membuat Artikel tentang Apa Saja Syarat Masuk Fakultas Kedokteran disini.


Berapa Nilai Minimal Masuk Fakultas Kedokteran?

Agar dapat masuk di Fakultas Kedokteran harus menentukan kampus mana yang sesuai dengan nilai UTBK yang Anda miliki. Hal ini dikarenakan setiap Fakultas Kedokteran memiliki nilai minimal yang berbeda-beda. Kami telah membuat Artikel tentang Daftar Universitas Dengan Nilai Minimal Fakultas Kedokteran disini.


Berapa Lama Kuliah di Fakultas Kedokteran?

Menempuh pendidikan di Fakultas Kedokteran terbilang cukup lama, diperkirakan waktu yang dibutuhkan selama 6 Tahun. Hal tersebut sudah termasuk masa pre-klinis 4 tahun dan klinis 2 tahun. Selanjutnya Anda akan dihadapkan dengan Ujian UKMPPD dan Pengabdian (Internship).

Apakah Harus Mengikuti Bimbel Kedokteran?

Agar dapat diterima di Fakultas Kedokteran yang diingkan tentu saja tidak mudah, Anda harus mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk mengikuti ujian SBMPTN ataupun Ujian Mandiri di Fakultas Kedokteran pilihan masing-masing. Jika Anda bingung harus belajar apa, Anda dapat mengikuti bimbingan belajar untuk persiapan masuk FK sehinga hasil yang didapat lebih maksimal. kami telah membuat Artikel tentang Daftar Bimbingan Belajar Kedokteran Terbaik di Indonesia disini.


Daftar 5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Sumatera

5 fk Terbaik di Sumatera


1. Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (FK Undalas)

fk Universitas Andalas

Fakultas Kedokteran Universitas Andalas atau disingkat FK Undalas adalah fakultas kedokteran terbaik yang berada di Sumatera. Menduduki fakultas kedokteran terfavorit diakarenakan FK Undalas memiliki sistem dan prasarana pendidikan yang baik. Berdasarkan LAM-PTKes (Decree) No. : 0877/LAM-PTKes/Akr/Sar/X/2016 Fakultas Kedokteran Undalas mendapatkan Akreditasi A. Biaya  UKT yang ditawarkan FK Undalas yaitu dari Rp500.000 - Rp8.125.000. Informasi selengkapnya Kami telah membuat Artikel tentang Fakultas Kedokteran Undalas disini.


2. Fakultas Kedokteran Sumatera Utara (FK USU)

fk Sumatera Utara

Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara atau disingkat FK USU adalah salah satu fakultas terbaik di Sumatera tepatnya di Kota Medan. Sama halnya dengan FK Undalas, FK USU berdasarkan Ban-PT no. 0688/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2016 mendapatkan Akreditas A. Sedangkan biaya yang ditawarkan FK USU berdasarkan UKT mulai dari Rp500.000 - Rp6.200.000. Informasi selengkapnya Kami telah membuat Artikel tentang Fakultas Kedokteran USU disini.


3. Fakultas Kedokteran Syiah Kuala

fk Syiah Kuala

Fakultas Kedokteran Universitas Syaiah Kumala atau disingkat FK Unsyiah adalah salah satu fakultas kedokteran terbaik di Sumatera yang berlokasi Kota Banda Aceh. Berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT no. 0244/LAM-PTKes/Akr/Sar/VII/2021 FK Unsyiah mendapatkan Akreditasi Unggul. FK Unsyiah memiliki Visi menjadi program studi Pendidikan dokter yang unggul, bersaing dan inovatif ditingkat nasional. Biaya yang ditawarkan berdasarkan UKT dari Rp500.000 - Rp17.966.500. Informasi selengkapnya Kami telah membuat Artikel tentang Fakultas Kedokteran Unsyiah disini.


4. Fakultas Kedokteran Universitas Riau


fk Universitas Riau

Fakultas Kedokteran Universitas Riau atau disingkat FK Unri adalah Fakultas Kedokteran yang berlokasi di Kota Pekan Baru, Riau. Dapat dibilang FK Unri tidak kalah dengan FK lain di pulau Sumatera. Berdasarkan Surat Keputusan LAM-PTKes (Decree) No. : 0805/LAM-PTKes/Akr/Sar/XII/2018 FK Unri mendapatkan Akreditasi A. Sedangkan biaya yang ditawarkan FK Unri yaitu Rp0 - Rp23.400.000. Informasi selengkapnya Kami telah membuat Artikel  tentang Fakultas Kedokteran Unri disini.


5. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

fk Universitas Riau

Fakultas Kedokteran Universitas Lampung atau disingkat FK Unila adalah fakultas kedokteran yang terletak di Kota Bandar Lampung. Tidak kalah dengan Fakultas Kedokteran lainnya, FK Unila mendapatkan Akreditasi A berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT no 003/LAM-PTKes/Akr.Bd/Sar/X/2020. Sedangkan biaya yang ditawarkan berdasarkan UKT tergantung golongan yaitu Rp1.000.000 - Rp12.380.000. Informasi selengkapnya Kami telah membuat Artikel tentang Fakultas Kedokteran Unila disini.


Penutup

Itulah beberapa fakultas kedokteran terbaik di Sumatera yang dapat Anda jadikan referensi jika ingin menjadi seorang Dokter. Sumatera terkenal memiliki pulau yang sangat indah, hal ini cocok bagi Anda yang ingin menempuh pendidikan sekaligus menikmati alam Sumatera. Jangan lupa untuk terus belajar dan berdoa agar kelak Anda menjadi Dokter yang sukses.


Posting Komentar untuk " 5 Fakultas Kedokteran Terbaik di Sumatera"