Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Fakultas Kedokteran Terbaik di Kalimantan

Kalimatan memiliki beberapa Fakultas Kedokteran terbaik di Indonesia. Mulai dari kampus negeri hingga swasta ada di pulau Kalimantan. Jumlah pendaftar untuk masuk kedoktreran di Kalimantan meningkat tiap tahunnya. Hal ini dapat menjadikan kuliah kedokteran di Kalimatan dapat menjadi referensi jika Anda ingin menjadi dokter.

Masuk Fakultas Kedokteran tentu saja tidaklah mudah. Hal ini karena jumlah kuota pendafataran yang tinggi dan tidak sebanding dengan kuota penerima di beberapa universitas. Tapi Anda jangan khawatir, Untuk masuk Fakultas Kedokteran memang dibutuhkan belajar extra dalam menghadapi ujian seperti SBMPTN dan Ujian Mandiri. Jika Anda bingung cara belajar, Anda dapat mengikuti bimbel khusus Kedokteran sehingga persiapan Anda akan maksimal dan peluang Anda diterima akan jauh lebih besar.

Daftar Fakultas Kedokteran Terbaik di Kalimantan

Daftar fk Terbaik di Kalimantan


1. Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat

fk Universitas Lambung Mangkurat


Universitas Lambung Mangkurat atau yang umum disebutkan Unlam ini mempunyai fakultas kedokteran unlam yang telah lama dibuat. Pertama kali pembangunan Kedokteran ULM waktu itu karena Kalimantan Selatan saat tahun 1966 belum mempunyai Institut Pendidikan Kedokteran, pada akhirnya waktu itu Universitas Ahmad Yani di bawah pembimbingan Kodam X Lambung Mangkurat membuat pembangunan Panitia Penyiapan dan pembukaan Perguruan Tinggi Kedokteran Kalsel.


Selanjutnya keluar Ketentuan Pemerintahan yang menyaratkan untuk pilih apa jadi Fakultas Kedokteran yang diatur swasta murni/bukan project ABRI atau jadi Fakultas Kedokteran Negeri yang ada di lingkungan Universitas Lambung Mangkurat (Unlam). Hasil dari penilaian, rupanya Unlam Fakultas Kedokteran tidak siap terima kedatangan Fakultas Kedokteran, karena kebatasan dana dan tenaga. Dengan begitu, mahasiswa Fakultas Kedokteran Ahmad Yani yang sudah duduk pada tingkat III (30 orang) harus diteruskan ke beragam Fakultas Kedokteran di Jawa dan Sulawesi.


Harapan itu rupanya tak pernah padam. Di tanggal 6 September 1989 dikeluarkan SK Dirjen Dikti No. 87/DIKTI/Kep/1989 mengenai Pembangunan Program Studi Kedokteran di Unlam. Di tanggal 11 Agustus 1990, Pimpinan Program Studi Kedokteran Unlam dikukuhkan oleh Rektor Unlam, dan di akhir Agustus dikerjakan pembukaan periode perkuliahan. Pendidikan Dokter jadi lebih pendek, yakni 5,lima tahun, terbagi dalam Program Sarjana sepanjang 7 semester, dan Program Karier di Rumah Sakit sepanjang 4 semester.


Visi dan Misi FK Unlam

Visi : Menjadi institusi Pendidikan Dokter terkemuka di Indonesia pada tahun 2023 dalam menyekenggarakan Tri Dharma perguruan tinggi untuk menghasilkan dokter yang bermartabat dan berkualitas dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya berwawasan penyakit pada lahan basah, serta misi sebagai berikut:

Misi

  1. Menyelenggarakan dan memantapkan penyelenggaraan Pendidikan Kedokteran yang menghasilkan SDM berkualitas sebagai pendukung pembangunan nasional terutama permasalahan kesehatan berwawasan penyakit pada lahan khususnya sungai dan pertambangan.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan IPTEK Kedokteran sesuai denga kebutuhan prioritas pembangunan nasional terutama permasalahan kesehatan berwawasan penyakit pada lahan basah khususnya sungai dan pertambangan.
  3. Menyelenggrakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan IPTEK, kedokteran meningkatkan kualitas hidup masyarakat terutama permasalahn kesehatan berwawasan penyakit pada lahan basah khususnya sungai dan pertambangan.

Biaya Fakultas Kedokteran Unlam

Biaya kuliah kedokteran unlam yang dikeluarkan untuk menempuh Pendidikan Kedokteran Unlam terdiri menajdi lima barisan UKT, barisan I sejumlah Rp. 500.000, barisan II Rp. 994.000, barisan III Rp. 11.838.000, barisan IV Rp. 15.452.000, dan barisan V sejumlah Rp. 17.757.000. Syarat masuk fakultas kedokteran unlam 2020 dan jurusan kedokteran unlam Untuk memperoleh informasi berkenaan Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat bisa berkunjung websitenya http://fk.ulm.ac.id/ dan http://ulm.ac.id/ dan nomor telephone (0511) 4773470.


2. Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura

fk Universitas Tanjungpura


Universitas tanjungpura atau yang umum dikenali Untan mempunyai Kedokteran yang masih muda antara Fakultas lain di lingkuan Untan. Pendirian Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan yang dipersingkat FKIK dan saat ini beralih menjadi FK UNTAN dipelopori Pada periode Rektor dipegang oleh Prof. Hj Asniar Ismail, SE, MM masa 2003-2007 dan pada kepimpinan Prof. Dr. H. Chairil Effendy, MS Rektor Universitas Tanjungpura didefenitifkan jadi fakultas berdasar Surat Keputusan Rektor Universitas Tanjungpura Nomor 1198/H22/OT/2009 tanggal 20 Desember 2009.


Di tahun 2003 digagas pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter yang dipersingkat PSPD dengan mengikutsertakan stakeholders yang terbagi dalam Universitas Tanjungpura, Pemerintahan dan DPRD Propinsi, Pemerintahan Kabupaten/Kota dan DPRD, terhitung mengikutsertakan figur nasional putra asal Kalimantan barat dan figur warga yang perduli pada pendidikan di Kalimantan Barat.


Sebagai wujud bentuk riil ditanggapi positif oleh Usman Ja'far sebagai Gubernur Propinsi Kalimantan Barat di saat itu dengan mengeluarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 128 Tahun 2003 dan ditingkatkan lewat Surat Keputusan Gubernur Nomor 141 Tahun 2004 mengenai Pembangunan Panitia Pendirian Fakultas Kedokteran UNTAN.


Program Studi Pendidikan Dokter UNTAN sudah mengadakan kurikulum yang diperkembangkan dari kurikulum Pokok Pendidikan Dokter Indonesia III (KIPDI III) yakni Kurikulum Nasional Berbasiskan Kapabilitas (KBK) untuk Pendidikan Kedokteran Dasar, Dokter yang memberinya servis strata primer dengan pendekatan ide kedokteran keluarga. Penyusun KIPDI III ini difasilitaskan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi yang disetujui bersama kelompok perguruan tinggi, warga karier dan pemakai alumnus (SK Menteri No. 045 tahun 2000 mengenai kurikulum Berbasiskan Kapabilitas)


Berdasar Surat Keputusan Dirjen Dikti No. 1366/D/T/2005 tanggal 10 Mei 2005 mengenai Ijin Penyelenggaraan Evaluasi Program Studi Pendidikan Dokter di Universitas Tanjungpura, dan di tahun akademis 2005/2006 prodi Pendidikan Dokter terima mahasiswa baru lewat penyeleksian lajur Ikatan Dinas dan SPMB. Ekstensi ke-2 penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Dokter berdasar surat keputusan Dirjen Dikti Depdiknas No. 2176/D/T/K-N/2009 tanggal 11 Mei 2009


Visi dan Misi FK Untan

Visi : Menghasilkan dokter yang beretika dan kompetitif di tingkat nasional dan internasional, serta menjadi pusat penelitian kedokteran terkemuka di Kalimantan pada tahun 2025

Misi

  1. Menghasilkan dokter yang profesional, berorientasi ke depan dan menjunjung tinggi serta mengamalkan etika kedokteran.
  2. Berperan aktif dalam pengembangan ilmu dan teknologi kedokteran.
  3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu kedokteran untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kalimantan Barat.
  4. Memperluas kerjasama regional, nasional, dan internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran di Fakultas Kedokteran UNTAN.


Biaya Fakultas Kedokteran Untan

Biaya kuliah kedokteran Untan yang ditanggung ke mahasiswa Kedokteran Untan berdasar Uang Kuliah Tunggal atau yang umum dikenali UKT. UKT yang ada di Untan terdiri jadi lima barisan yakni barisan I sejumlah Rp. 500.000, barisan II Rp. Rp. 1.000.000, barisan III Rp. 7.950.000, barisan IV Rp. 8350.000 dan barisan V sejumlah Rp. 10.000.000. Untuk informasi lebih berkenaan syarat masuk Kedokteran Untan bisa berkunjung websitenya di http://kedokteran.untan.ac.id/ dan di nomor telephone 0561) 765342.


3. Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman

fk Universitas Mulawarman


Universitas Mualwarman atau yang umum fakultas kedokteran unmul mempunyai Program Studi Kedokteran yang termasuk masih baru di lingkungan universitas. Program Pendidikan Dokter Universitas Mulawarman dibangun oleh Pemerintahan Propinsi Kalimantan Timur bekerja bersama dengan Universitas Mulawarman. Program ini disahkan di tanggal 1 November 2001 oleh Gubernur Kalimantan Timur Suwarna Abdul Fatah, Rektor Universitas Mulawarman Rachmad Hernadi, dan dari Konsorsium Ilmu Kesehatan Departemen Pendidikan Nasional, Ma'rifin Husin.


Dalam penerapan awalnya aktivitas perkuliahan dilaksanakan dengan dosen tamu yang diambil dari RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanuddin dan Universitas Airlangga. Secara organisasi Program Pendidikan Dokter dipegang oleh Latief Choibar Caropeboka dan ada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Semenjak tanggal 1 Juli 2004, Program Pendidikan Dokter naik statusnya jadi Program Studi Kedokteran Umum dan pada akhirnya jadi Fakultas Kedokteran semenjak tanggal 7 Mei 2008. Pada periode ini, Fakultas Kedokteran dipegang oleh dr. Ika Fikriah, M.Kes


Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman mempunyai universitas di Jalan Kerayan, Gunung Kelua, Samarinda. Disamping itu fakultas mempunyai Rumah Sakit Pendidikan di RSUD Abdul Wahab Sjahranie di Jalan Palang Merah Indonesia, Voorfo, Samarinda. Tempat pendidikan lain mencakup RSKD Atma Husada Mahakam, Samarinda untuk pendidikan Ilmu Kesehatan Jiwa, RSUD dr. Kanujoso Djatiwobowo, Balikpapan untuk pendidikan Ilmu Perinatologi dan Puskesmas Sempaja, Puskesmas Lempake dan Puskesmas Palaran di kota Samarinda untuk pendidikan Ilmu Kesehatan Masyarakat.

Visi dan Misi FK Unmul

Visi : Fakultas Kedokteran yang terkemuka di tingkat regional dan nasional yang berwawasan Internasional dalam pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat di bidang kedokteran dan kesehatan yang bertumpu pada hutan tropis lembab (tropical rain forest) dan lingkungannya pada tahun 2030.

Misi :
  1. Menyelenggarakan pendidikan Kedokteran dan Kesehatan yang berkualitas
  2. Menyelenggarakan penelitian yang berwawasan internasional dibidang ilmu kedokteran dan kesehatan yang bertumpu pada hutan tropis lembab dan lingkungannya
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang berorientasi pada peningkatan perilaku sehat masyarakat
  4. Mengembangkan dan menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kapasitas, sarana, prasana, dan sumber daya manusia yang berkualitas.

Biaya kuliah kedokteran unmul

Biaya yang dikeluarkan untuk tempuh pendidikan di Universitas Mulawarman terdiri jadi lima barisan UKT, yakni barisan 1 sejumlah Rp. 25.537.000, barisan II Rp. 500.000, barisan III Rp. 1.000.000kelompok IV Rp. 5.000.000 barisan IV 10.000.0000. dan barisan IV15.000.000. syarat masuk fakultas kedokteran di unmul dan jurusan kedokteran unmul.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai fakultas kedokteran terbaik di Kalimantan. Kalimantan memiliki beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia. Tidak heran, banyak orang berlomba-lomba ingin berkuliah disini. Jika Anda ingin kuliah kedokteran di Kalimantan, persiapkanlah diri Anda secara fisik dan mental serta memperbanyak latihan soal dalam menghadapi tes ujian masuk kedokteran.


Posting Komentar untuk " 3 Fakultas Kedokteran Terbaik di Kalimantan"