Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Universitas Kedokteran Terbaik di Australia

Australia merupakan negara yang memiliki universitas fakultas kedokteran terbaik bahkan di dunia. Kuliah kedokteran di Australia disebut sebagai impian setiap orang yang ingin menjadi dokter. Kualitas universitas kedokteran di Australia adalah yang terbaik. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya minat mahasiswa baru yang ingin kuliah di universitas kedokteran Australia tiap tahunnya.

Bagi Anda yang ingin kuliah Universitas di Australia jurusan kedokteran secara gratis, sekarang sudah tersedia beasiswa  kedokteran luar negeri yang bisa Anda dapatkan jika Anda memiliki prestasi. Hal ini tidak menutup kemungkinan Anda bisa kuliah kedokteran di kedokteran Australia. Berikut adalah universitas terbaik di australia jurusan kedokteran yang dapat menjadi referensi Anda yang ingin menjadi dokter. Kami juga merekomendasikan beberapa fakultas kedokteran terbaik di Indonesia.

Daftar 5 Universitas Kedokteran Terbaik di Australia

universitas terbaik di australia jurusan kedokteran


1. The University of Melbourne

The University of Melbourne


Peringkat The University of Melbourne

The University of Melbourne School of Medicine peringkat sebagai Medicine Sekolah yang terbaik di Australia oleh QS Top Perguruan Tingkatan 2021. Universitas ini berada di peringkat ke-18 secara global untuk kedokteran menurut QS Top Universities Rankings by Subject 2021.


Tentang The University of Melbourne

Didirikan pada tahun 1862, Fakultas Kedokteran Universitas Melbourne adalah sekolah kedokteran tertua di Australia. Sekolah ini merupakan bagian dari Fakultas Kedokteran Gigi dan Ilmu Kesehatan universitas, yang terletak di kampus Parkville universitas. Sekolah ini menawarkan gelar kedokteran pascasarjana empat tahun. Pada 2019, Melbourne Medical School saat ini memiliki 1406 siswa terdaftar. Ada sejumlah beasiswa yang tersedia untuk gelar ini, informasi lebih lanjut dapat ditemukan di sini.


Persyaratan masuk The University of Melbourne

Siswa yang mendaftar untuk program Doctor of Medicine empat tahun harus memenuhi persyaratan berikut:

  1. Telah menyelesaikan gelar sarjana dalam disiplin apa pun
  2. Studi prasyarat dalam anatomi, fisiologi dan biokimia.
  3. Ikuti Tes Masuk Sekolah Kedokteran Australia Pascasarjana (GAMSAT)
  4. Kirim ke wawancara multi mini.


2. The University of Sydney

The University of Sydney


Peringkat The University of Sydney

The University of Sydney Medical School berada di peringkat nomor 2 di Australia oleh QS Top Perguruan Tingkatan 2021. Sekolah ini berada di peringkat nomor 19 secara global untuk kedokteran menurut QS Top Universities Rankings by Subject 2021. 


Tentang The University of Sydney

Fakultas Kedokteran Universitas Sydney telah melatih para profesional medis sejak 1856. Fakultas terletak di kampus Camperdown utama universitas dan bermitra dengan fasilitas kesehatan di Sydney dan di komunitas pedesaan untuk penempatan siswa. Fakultas ini mengajarkan banyak disiplin ilmu kedokteran, termasuk anestesi, bedah, praktik umum, dan pengobatan darurat. Pada 2019, Fakultas Kedokteran Universitas Sydney memiliki 1139 pendaftaran siswa, dan berada di bawah kepemimpinan Profesor Cheryl Jones. Ada banyak staf akademik yang berspesialisasi dalam berbagai bidang medis, seperti penelitian kanker dan kardiovaskular. Ada sejumlah beasiswa sarjana dan pascasarjana yang tersedia di sini.


Persyaratan masuk The University of Sydney

Anda dapat masuk melalui gelar sarjana atau pascasarjana.

Sarjana

Gabungan Bachelor of Arts / Doctor of Medicine atau gabungan Bachelor of Science / Doctor of Medicine keduanya tujuh tahun gelar penuh waktu. Ada kuota terbatas 30 siswa domestik dan 10 siswa internasional masuk per tahun.  

Proses seleksi gelar sarjana adalah sebagai berikut:

  1. Penyelesaian UCAT ANZ dan ATAR minimal 99,95
  2. Setelah rilis ATAR, kandidat terpilih diundang untuk wawancara 
  3. Kandidat menyelesaikan penilaian tertulis 

Pascasarjana

Sydney University menawarkan Doctor of Medicine empat tahun untuk mahasiswa pasca sarjana, dengan penerimaan tahunan 300 mahasiswa per tahun.

Persyaratan masuk adalah:

  1. Menyelesaikan gelar sarjana, minimal tiga tahun
  2. Kandidat terpilih diwajibkan untuk menghadiri wawancara


3. Monash University

Monash University


Peringkat Monash University

The Monash University School of Medicine peringkat sekolah kedokteran terbaik ke-3 di Australia, menurut QS Top Perguruan Tingkatan 2021. Sekolah ini berada di peringkat nomor 36 sekolah kedokteran secara global menurut QS Top Universities Rankings by Subject 2021. 


Tentang Monash University

Monash University, dengan kampus-kampus di Melbourne dan Bendigo, menawarkan Sarjana Ilmu Kedokteran/Dokter Kedokteran 5 tahun untuk lulusan sekolah. Ini adalah satu-satunya kursus di Victoria yang memungkinkan masuk langsung ke kedokteran bagi lulusan sekolah. Pada 2019, Sekolah Kedokteran Universitas Monash memiliki 1925 siswa terdaftar, dan berada di bawah kepemimpinan Profesor Peter Ebeling AO. Monash Medicine memiliki 10 sekolah dan departemen yang berbeda , termasuk Sekolah untuk Sekolah Klinik Pusat, Keperawatan dan Kebidanan, Kesehatan Masyarakat dan Pengobatan Pencegahan, Kesehatan Pedesaan, Ilmu Biomedis, dan banyak lagi. Mereka memiliki lebih dari 30 pusat penelitian dan lembaga dari pusat Pendidikan Anatomi Manusia, Penyakit Peradangan, Penelitian dan Pendidikan Obesitas (CORE), Penelitian Kardiovaskular dan banyak lagi.


Persyaratan masuk Monash University

Prasyarat untuk kursus termasuk skor VCE Bahasa Inggris 30 (Bahasa Inggris selain EAL) atau 35 (EAL) dan skor Kimia minimal 30 di unit 3 atau 4. Proses seleksi untuk pelamar didasarkan pada hasil UCAT, ATAR Anda, dan proses wawancara.


4. The University of New South Wales

The University of New South Wales


Peringkat The University of New South Wales

The University of New South Wales (UNSW) Medical School berada di peringkat ke-4 di sekolah-sekolah medis Australia menurut QS Top Perguruan Tingkatan 2021. Kedokteran UNSW juga menduduki peringkat nomor 45 sekolah kedokteran secara global menurut QS Top Universities Rankings 2021 by Subject.


Tentang The University of New South Wales

Fakultas Kedokteran UNSW didirikan pada tahun 1960, dan bermitra dengan fasilitas kesehatan di Sydney dan kawasan Australia. Sekolah ini menawarkan program sarjana kedokteran yang diselesaikan di Kampus Kensington utama di Sydney's East. Per 2019, Kedokteran UNSW memiliki 1649 pendaftaran mahasiswa, dan berada di bawah kepemimpinan dua Dekan Pembantu dan Wakil Dekan, dengan 13 staf pengajar kepala.  Sekolah ini menawarkan gelar Bachelor of Medical Studies/Doctor of Medicine untuk mahasiswa sarjana. Gelar ini adalah program enam tahun dan membutuhkan minimal Band 4 dalam Standar Bahasa Inggris atau lebih tinggi untuk mendaftar. Ada juga pilihan untuk menyelesaikan gelar ganda di bidang seni selama 8 tahun.

Gelar ini disusun dalam tiga frasa:

  1.   Ilmu biomedis, klinis, dan sosial
  2.   Kursus klinis terintegrasi dan Proyek Pembelajaran Independen (ILP) 
  3.   Penempatan klinis

Anda dapat merujuk ke buku kursus sarjana UNSW untuk informasi lebih lanjut, dapat ditemukan di sini. 

Persyaratan masuk The University of New South Wales :

  1. Penyelesaian University Clinical Aptitude Test (CAT) ANZ 
  2. Lengkapi formulir aplikasi - untuk dipertimbangkan untuk wawancara, pelamar harus memiliki ATAR minimal 96,00
  3. Setelah rilis ATAR, kandidat terpilih diundang untuk menghadiri Wawancara Kedokteran 


5. The University of Queensland

The University of Queensland


Peringkat The University of Queensland

The University of Queensland School of Medicine peringkat di nomor 5 untuk sekolah medis Australia atas, menurut QS Top Perguruan Tingkatan 2021. Sekolah ini juga berada di peringkat ke-51 secara global, menurut QS Top Universities Rankings 2021.


Tentang The University of Queensland

University of Queensland secara resmi didirikan pada tahun 1936, memulai kelas di Mayne Medical School (gambar di atas) pada tahun 1939, di mana kampus utama berada saat ini. Fakultas Kedokteran memiliki tiga bidang pendidikan dasar, termasuk Ilmu Biomedis, Kesehatan Masyarakat, dan Kedokteran. UQ menawarkan gelar Doctor of Medicine empat tahun, dijalankan terutama dari kampus pusat School of Medicine di Herston, dekat dengan Brisbane CBD. Pada 2019, Fakultas Kedokteran UQ memiliki 1522 pendaftaran mahasiswa, dan berada di bawah kepemimpinan 5 profesor kedokteran, 8 Kepala staf akademik Mayne, 10 kepala koordinator unit, dan 6 staf yang memimpin kantor pendidikan kedokteran. Tidak ada program sarjana yang tersedia untuk kedokteran, namun sangat disarankan untuk menyelesaikan gelar sarjana dalam ilmu kesehatan, sains, atau ilmu biomedis. UQ juga menawarkan lebih dari 200 beasiswa di seluruh universitas untuk calon mahasiswa. 


Persyaratan masuk The University of Queensland

Persyaratan berikut adalah Doctor of Medicine UQ :

  1. Jalur A: menyelesaikan gelar sarjana yang mencakup mata kuliah prasyarat untuk masuk dan telah memberikan lulusan dengan kualifikasi kesehatan profesional, misalnya keperawatan dan ilmu gigi
  2. Jalur B: penyelesaian gelar sarjana yang mencakup mata kuliah prasyarat untuk masuk ke Doctor of Medicine, misalnya ilmu olahraga dan nutrisi 
  3. Jalur C: penyelesaian gelar sarjana dengan kursus prasyarat minimal yang tercakup, misalnya sarjana seni 

UQ saat ini sedang menerapkan perubahan pada proses seleksi untuk tahun 2021 dan 2022, termasuk pengenalan wawancara multi-mini dan mata pelajaran prasyarat.


Penutup

Itulah pembahasan mengenai 5 universitas kedokteran terbaik di Australia. Kuliah luar negeri seperti kedokteran Australia memang tidak mudah, dibutuhkan kerja keras dan mental yang luar biasa agar dapat diterima di sini. Tetap semangat untuk belajar setiap saat dan jangan lupa untuk berdoa agar Anda kelak menjadi seorang dokter yang sukses.


Posting Komentar untuk "5 Universitas Kedokteran Terbaik di Australia"