BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Terbaik di Surabaya

Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat terbaik di Surabaya bisa menjadi pilihan terbaik untuk calon mahasiswa yang ingin memasuki jurusan ilmu gizi. Fakultas di Tanah Air sendiri sudah memiliki akreditas baik untuk menempuh ilmu di berbagai jurusan.

Dimana setiap universitas memiliki kelebihan, prestasi, dan keunggulan tersendiri. Sudah banyak calon mahasiswa lebih memilih jurusan ilmu kesehatan masyarakat di berbagai universitas salah satunya bagi Anda yang berlokasi di Jawa Timur. Ya, jurusan ilmu kesehatan masyarakat memang sangat menjanjikan prospek kerjanya.

Maka tak heran jika hal itu menjadi salah satu alasan kenapa anak-anak memilih jurusan itu. Ilmu gizi juga dibutuhkan untuk semua masyarakat salah satunya pemerintah. Artikel kali ini akan memberikan nama universitas jurusan kesehatan masyarakat di Provinsi Surabaya terbaik.

Berapa Lama Kuliah di Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM)

Lama kuliah di Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) dapat bervariasi tergantung pada jenjang pendidikan yang diambil, yaitu program Sarjana (S1), Magister (S2), atau Doktor (S3). Untuk program Sarjana (S1), biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 tahun atau 8 semester untuk menyelesaikan program studinya. Sedangkan untuk program Magister (S2), membutuhkan waktu sekitar 2 tahun atau 4 semester. Sementara itu, untuk program Doktor (S3), lama studi bervariasi tergantung pada kecepatan penyelesaian tesis dan persyaratan program studi yang harus dipenuhi. Biasanya, lama studi untuk program Doktor memakan waktu sekitar 3-5 tahun setelah menyelesaikan program Magister. 

Apa Saja Syarat kuliah di Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM)

Syarat kuliah di Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) tergantung pada jenjang pendidikan yang diambil, seperti program Sarjana (S1), Magister (S2), atau Doktor (S3). Beberapa persyaratan umum yang biasanya diperlukan untuk kuliah di IKM adalah lulusan SMA atau sederajat untuk program Sarjana, atau lulusan Sarjana untuk program Magister dan Doktor, serta mengikuti proses seleksi dan melengkapi dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Untuk program Magister dan Doktor, diperlukan persyaratan tambahan, seperti memiliki pengalaman kerja di bidang kesehatan, memiliki nilai rata-rata yang baik pada tingkat pendidikan sebelumnya, serta mengajukan proposal penelitian atau riset yang akan dilakukan selama masa studi. Persyaratan yang lebih detail dapat dilihat pada website resmi perguruan tinggi yang dituju.

Apa Saja Materi Pelajaran di Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM)

Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) adalah bidang ilmu yang mempelajari tentang cara-cara untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan. Materi pelajaran yang diajarkan dalam IKM mencakup berbagai topik seperti epidemiologi, biostatistik, kesehatan lingkungan, kebijakan kesehatan, manajemen kesehatan, promosi kesehatan, dan perilaku kesehatan.

Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Terbaik di Surabaya, Universitas Airlangga

Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Terbaik di Surabaya


Terdapat lebih dari 3 daftar nama fakultas ilmu kesehatan masyarakat terbaik di Surabaya bisa calon mahasiswa baru pilih dan masuki. Jurusan ilmu kesehatan masyarakat merupakan jurusan yang mempelajari ilmu mengenai peningkatan mutu kesehatan masyarakat serta pengetahuan terhadap penyakit.

Jurusan ilmu kesehatan masyarakat ini lebih mengarah pada promotif (peningkatan) dan preventif (pencegahan) orang sehat agar tidak sakit. Ya, jurusan ini memang berkaitan dengan masyarakat sebagai kelompok sosial.

Maka pelayanannya pun tertuju pada skala besar, seperti komunitas, rakyat suatu negara atau dunia, dan keluarga. Untuk Anda calon mahasiswa atau masih SMK berlokasi di Jawa Timur jika ingin melanjutkan ke perguruan tinggi jurusan ilmu kesehatan masyarakat Bisa memilih salah satu universitas Surabaya, Jawa Timur Universitas Airlangga.

Seputar Universitas Airlangga (UNAIR)


Universitas Surabaya pertama dengan jurusan ilmu kesehatan masyarakat ada Universitas Airlangga (Unair). UNAIR tentu sudah jangan tanya lagi, sudah tentu memiliki prestasi dan keunggulan unggul dari kampus lainnya.

Kampus Surabaya tentunya berlokasi di Kota Pahlawan, Surabaya, Jawa Timur ini sebagai kampus negeri dengan akreditas A. Ya, perguruan tinggi terbaik Surabaya ini didirikan dengan perayaan hari pahlawan yakni 10 November 1954.

Selain dari unsur sejarah, UNAIR juga sebagai kampus unggul bahkan hingga tingkat internasional. Perguruan tinggi UNAIR juga berhasil mendapatkan peringkat 201-300 dunia versi THE Impact 2022 dengan jumlah tota 81 dari 100.

Menariknya lagi Unair berhasil menduduki tingkat ke 5 dalam skala nasional. UNAIR juga bukan hanya hadir untuk fakultas kesehatan masyarakat saja. Melainkan masih banyak fakultas lain bisa calon mahasiswa sesuaikan dengan minat dan bakat.

Alasan Memilih Fakultas Kesehatan Masyarakat di UNAIR

Setelah mengetahui seputar universitas Airlangga kini Anda para calon mahasiswa harus tahu alasan mengapa harus memilih dan masuk ke perguruan tinggi terbaik Indonesia ini. Terdapat banyak alasan harus Anda ketahui. Jadi sebelum memasuki kampus perguruan tinggi UNAIR, sebaiknya Anda tahu berbagai alasan harus memilih kampus UNAIR. Berikut alasannya:

1. Lokasi Strategis

Alasan pertama kenapa memilih UNAIR yakni lokasinya strategis. Perguruan tinggi ini terletak di dekat pusat Kota Surabaya yang merupakan kota kedua terbesar di Indonesia. Jika berbicara mengenai aksesibilitas, kampus UNAIR tentunya terletak di tempat mudah menjangkau fasilitas mulai dari pusat perbelanjaan, pelayanan kesehatan, balai kota, serta tempat lainnya.

2. Religiusitas Tinggi

Kampus terkenal sebagai pusat penelitian, juga menanamkan religiusitas tinggi kepada mahasiswanya. Sehingga hal ini bisa dilihat dari contohnya, yakni dari kebijakan rektor untuk mahasiswa muslim melakukan PBA. Program ini diperhatikan bagi mahasiswa baru untuk bisa membaca Al-Quran secara baik.

3. Sebagai Kampus Terbaik di Indonesia

Untuk versi pemerintah Universitas Indonesia, UNAIR selalu berada peringkat lima besar. Hal tersebut berdasarkan QS World University Rankings, Universitas Airlangga berada di peringkat 5 setelah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

4. Mempunyai Budaya Ramah

Alasan selanjutnya harus berkuliah di UNAIR yakni UNAIR memberikan budaya yang ramah. Anda akan dibuat budaya timur yang ramah tamah. Budaya Jawa di sini sangat baik apabila dipadukan dengan pendidikan modern.

Perguruan tinggi ini juga memiliki kebiasaan gotongan royong dan tolong menolong kental. Budaya salam dan sopan santun juga masih sangat terasa. Tak heran, jika banyak anak-anak yang masuk ke Universitas Airlangga.

5. Fasilitas Lengkap

Sebagai kampus terbaik di Surabaya, Unair hadir untuk semua mahasiswa dengan fasilitas lengkap guna pembelajaran. Bukan hanya itu saja, UNAIR juga ada danau cinta dimana setia weekend dikunjungi masyarakat.

6. Memiliki Program Internasional

Sama seperti dengan universitas lainnya, UNAIR juga menawarkan program reguler dan program internasional. Program ini memberikan kesempatan untuk Anda yang ingin merasakan kuliah di dua tempat. Ya, dua tahun di UNAIR dan tahun di luar negeri.

UNAIR menjadi pilihan fakultas ilmu kesehatan masyarakat terbaik di Surabaya untuk Anda. Dimana disini akan menempuh ilmu secara luas dengan fasilitas lengkap membuat proses belajar makin nyaman.