BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

4 Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Sulawesi

Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Sulawesi memang tersedia beberapa yang dapat Anda pilih. Dimana setiap universitas tersebut tentu saja memiliki akreditas bagus dan keunggulan masing-masing untuk menempuh ilmu bagi para calon mahasiswa.

Jurusan ahli gizi merupakan bidang ilmu yang mempelajari akan hal nutrisi pada kehidupan seseorang. Salah satunya hubungan antara asupan makanan dengan kesehatan.

Hal lain untuk mahasiswa pelajari adalah pemahaman tentang pola makan sehat, gaya hidup, sampai dengan bagaimana cara memproses makanan. Jadi, pada jurusan tersebut mahasiswa bakal mempelajari seputar zat gizi apa saja yang diperlukan dan takaran idealnya yang sesuai dengan ilmu pengetahuan. Hal tersebut demi menangani adanya kekurangan gizi masih belum mampu dituntaskan.

Disamping itu, masalah kesehatan akibat kelebihan gizi seperti obesitas bahkan diabetes juga semakin meningkat. Apalagi pertumbuhan di sektor industri pangan sangat pesat turut juga mendorong tingginya kebutuhan ahli gizi profesional.

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Ilmu Gizi?

Durasi kuliah di Fakultas Ilmu Gizi bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih. Untuk program S1, kuliah di Fakultas Ilmu Gizi biasanya memakan waktu 4 tahun. Selama masa kuliah, mahasiswa akan mempelajari berbagai materi mengenai ilmu gizi, nutrisi, kesehatan, dan juga kesejahteraan masyarakat. Selain itu, para mahasiswa juga akan dilatih untuk mampu melakukan penelitian dan pengembangan ilmu gizi, serta diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari dalam masyarakat. Setelah menyelesaikan masa kuliah, lulusan Fakultas Ilmu Gizi memiliki banyak kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang, seperti kesehatan, pangan, dan industri makanan.

Apa Saja Syarat Kuliah di Fakultas Ilmu Gizi?

Untuk dapat kuliah di Fakultas Ilmu Gizi, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, calon mahasiswa harus memiliki ijazah SMA atau sederajat. Kedua, calon mahasiswa harus lulus seleksi masuk perguruan tinggi, baik itu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau jalur mandiri. Selain itu, beberapa universitas juga mensyaratkan calon mahasiswa untuk lulus ujian tertentu, seperti ujian tertulis atau ujian keterampilan. Terakhir, ada juga beberapa universitas yang mensyaratkan calon mahasiswa untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dengan memenuhi syarat TOEFL atau IELTS. Jika semua syarat telah terpenuhi, calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri ke universitas yang memiliki Fakultas Ilmu Gizi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang program studi yang diinginkan.

Apa Saja Materi Pelajaran di Fakultas Ilmu Gizi?

Mata pelajaran yang diajarkan di Fakultas Ilmu Gizi berfokus pada ilmu gizi, nutrisi, dan kesehatan. Beberapa mata pelajaran yang umumnya diajarkan di program studi Ilmu Gizi diantaranya Anatomi dan Fisiologi, Kimia Dasar, Biokimia, Mikrobiologi, Ilmu Gizi, Nutrisi dalam Siklus Kehidupan, Pangan dan Gizi Masyarakat, serta Metodologi Penelitian. Selain itu, mahasiswa Ilmu Gizi juga akan mempelajari mata pelajaran seperti Kesehatan Masyarakat, Manajemen Gizi, Pangan Fungsional dan Gizi Klinik. Dalam perkuliahan, mahasiswa juga akan dilatih untuk mampu menganalisis dan memecahkan masalah terkait gizi dan nutrisi, serta diharapkan dapat mengembangkan penelitian dan proyek yang berkaitan dengan bidang ilmu gizi. Selain mata pelajaran inti tersebut, mahasiswa Ilmu Gizi juga akan mengambil mata kuliah umum seperti Bahasa Inggris dan Etika Profesi.
 

Daftar Fakultas Ilmu Gizi Terbaik Di Sulawesi

4 Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Sulawesi


Menyinggung poin sebelumnya, ada sejumlah daftar fakultas ilmu gizi terbaik di Sulawesi yang bisa Anda pilih dan masuki. Untuk setiap universitas pasti memiliki daya tarik dan nilai fasilitas berbeda-beda.

Maka dari itu, Anda selaku calon mahasiswa harus pintar dan selektif di dalam memilih universitas demi menjamin kesuksesan di masa mendatang. Ya, ilmu ahli gizi menjadi salah satu jurusan kuliah cukup banyak diminati. Sebab, ilmu gizi ini bukan hanya menguntungkan orang lain, akan tetapi diri sendiri juga. Dimana Anda bisa lebih menjaga pola makan sehat secara benar melalui takaran gizi yang tepat.

Memasuki serta memilih jurusan ahli mahasiswa harus pintar dalam kemampuan komunikasi, kemampuan meneliti, kemampuan problem solving, keterampilan interpersonal, kemampuan dalam hal analisis, kemampuan berpikir rasional, serta kemampuan bekerja secara team.

Berikut daftar Universitas Sulawesi jurusan ahli gizi terbaik
 

1. Fakultas Ilmu Gizi Universitas Hasanudin (Unhas)

Fakultas Ilmu Gizi Universitas Hasanudin (Unhas)

Rekomendasi universitas dengan jurusan ahli gizi pertama di Sulawesi adalah Universitas Hasanudin (Unhas). Universitas Hasanudin merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di Makassar, Sulawesi Selatan yang berdiri sejak 10 September 1956.

Perguruan tinggi satu ini pada awalnya merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada saat Bung Hatta masih menjabat sebagai wakil presiden. Pada mulanya, Unhas dibangun di Baraya.

Pada awal tahun 1980-an Universitas Hasanuddin tersebut dipindahkan ke Tamalanrea. Semenjak akhir tahun 2006 fakultas di Unhas tersebut bertambah satu. Fakultas ini merupakan pemekaran yang berasal dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yakni Fakultas Kehutanan.

Hingga sekarang ini, perguruan tinggi Unhas menyediakan pendidikan pada 167 fakultas terbagi menjadi empat disiplin ilmu yakni saing dan teknologi, sosial dan humaniora, ilmu kesehatan dan ilmu pertanian. Ilmu ketana ini antara lain ilmu ahli gizi, psikologi, kebidanan, kedokteran hewan, pendidikan dokter. Perguruan tinggi Unhas ini sudah terakreditasi A.
 

2. Fakultas Ilmu Gizi Politeknik Kesehatan Makassar

Fakultas Ilmu Gizi Politeknik Kesehatan Makassar

Universitas kedua jurusan ahli gizi di Sulawesi adalah Politeknik Kesehatan Makassar. Perguruan tinggi ini terakreditasi B dengan jumlah siswa 4144 dengan dosen 21.

Untuk semua program studi sudah meraih akreditas B. Poltekkes Makassar menjadi salah satu dari 38 Politeknik Kesehatan yang ada di Tanah Air.
 

3. Fakultas Ilmu Gizi Universitas Tadulako

Fakultas Ilmu Gizi Universitas Tadulako

Universitas Tadulako juga bisa jadi pilihan Anda yang ingin memilih jurusan ilmu gizi di Sulawesi khususnya Sulawesi Tengah. Perguruan tinggi Tadulako sudah terakreditas B dengan jumlah siswa 22752 dengan dosen 1273.

Ya, Tadulako merupakan perguruan tinggi negeri berlokasi tepatnya di Palu, Sulawesi Tengah.Tahun 1961, Universitas Tadulako merupakan perguruan tinggi berstatus swasta.

Namun pada tahun 1981 Universitas Tadulako berganti status menjadi universitas negeri. Pada tahun 217 berdasarkan daya Kemristekdikti, perguruan tinggi Tadulako berada di peringkat 38 dari 100 perguruan tinggi di Tanah Air.
 

4. Fakultas Ilmu Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado

Fakultas Ilmu Gizi Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado

Perguruan tinggi Sulawesi jurusan ahli ilmu gizi keempat yaitu Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado. Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado terakreditas B. Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado ini berdiri pada tahun 2001.

Pendidikan tinggi ini adalah hasil penggabungan dari Akademi Kebidanan, Akademi Keperawatan, Akademi Gizi, dan juga Akademi Kesehatan Lingkungan tersebut sudah mengantongi akreditasi B dari BAN-PT.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Manado ini terletak di Sulawesi Utara. Sudah banyak calon mahasiswa mendaftar di perguruan tinggi ini.
 

Keuntungan Memilih Jurusan Ilmu Gizi

Setelah Anda tahu daftar fakultas ilmu gizi terbaik di Sulawesi. Kini giliran Anda tahu mengetahui keunggulan megmabil ilmu gzi dibangku kuliah nanti.

Terdapat banyak keuntungan bisa Anda rasakan memilih jurusan ahli gizi untuk masa depan yang akan datang.

Mulai dari kesempatan luas untuk membuka usaha. Salah satunya usaha catering. Jadi dengan berwirausaha Anda pun ikut dalam menciptakan lapangan kerja.

Selain itu keunggulan bisa Anda rasakan adalah bisa bekerja di pelayanan instansi kesehatan. Mengapa begitu? Karena, lulusan ilmu gizi sangat dibutuhkan di dalam merencanakan menu pasien serta memperhitungkan kandungan gizi dari menu yang dibuat.

Pilihlah salah satu fakultas ilmu gizi terbaik di Sulawesi dari salah satu daftar diatas tersebut. Semua kampus itu, sebenarnya sama hanya tergantung pada diri sendiri untuk niat belajar atau tidak. Jika Anda ingin sukses maka belajarlah dengan giat dan masuk ke universitas pilihan Anda.