BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

4 Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Sumatera 2024

Fakultas ilmu gizi terbaik di Sumatera terdapat beberapa universitas, dimana bisa Anda pilih sesuai dengan minat dan kemantapan calon mahasiswa sendiri. Indonesia terdapat banyak universitas baik swasta atau negeri bisa untuk memperdalam jenjang pendidikan tinggi Anda.

Kuliah memang menjadi bangku sekolah selanjutnya untuk memperdalam ilmu dan meraih kesuksesan. Salah satu jurusan kuliah paling diminati antara lain jurusan ahli gizi.

Ya, jurusan ini juga termasuk jurusan kesehatan. Sudah banyak calon mahasiswa masuk ke fakultas gizi untuk memperdalam ilmunya. Jurusan ilmu gizi bukan hanya penting untuk mahasiswa mandiri. Melainkan juga penting untuk semua masyarakat salah satu bidang kesehatan. Untuk jenjang karir dan prospek kerja dengan jurusan gizi juga luas.

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Ilmu Gizi?

Durasi kuliah di Fakultas Ilmu Gizi bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih. Untuk program S1, kuliah di Fakultas Ilmu Gizi biasanya memakan waktu 4 tahun. Selama masa kuliah, mahasiswa akan mempelajari berbagai materi mengenai ilmu gizi, nutrisi, kesehatan, dan juga kesejahteraan masyarakat. Selain itu, para mahasiswa juga akan dilatih untuk mampu melakukan penelitian dan pengembangan ilmu gizi, serta diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari dalam masyarakat. Setelah menyelesaikan masa kuliah, lulusan Fakultas Ilmu Gizi memiliki banyak kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang, seperti kesehatan, pangan, dan industri makanan.

Apa Saja Syarat Kuliah di Fakultas Ilmu Gizi?

Untuk dapat kuliah di Fakultas Ilmu Gizi, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, calon mahasiswa harus memiliki ijazah SMA atau sederajat. Kedua, calon mahasiswa harus lulus seleksi masuk perguruan tinggi, baik itu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau jalur mandiri. Selain itu, beberapa universitas juga mensyaratkan calon mahasiswa untuk lulus ujian tertentu, seperti ujian tertulis atau ujian keterampilan. Terakhir, ada juga beberapa universitas yang mensyaratkan calon mahasiswa untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dengan memenuhi syarat TOEFL atau IELTS. Jika semua syarat telah terpenuhi, calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri ke universitas yang memiliki Fakultas Ilmu Gizi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang program studi yang diinginkan.

Apa Saja Materi Pelajaran di Fakultas Ilmu Gizi?

Mata pelajaran yang diajarkan di Fakultas Ilmu Gizi berfokus pada ilmu gizi, nutrisi, dan kesehatan. Beberapa mata pelajaran yang umumnya diajarkan di program studi Ilmu Gizi diantaranya Anatomi dan Fisiologi, Kimia Dasar, Biokimia, Mikrobiologi, Ilmu Gizi, Nutrisi dalam Siklus Kehidupan, Pangan dan Gizi Masyarakat, serta Metodologi Penelitian. Selain itu, mahasiswa Ilmu Gizi juga akan mempelajari mata pelajaran seperti Kesehatan Masyarakat, Manajemen Gizi, Pangan Fungsional dan Gizi Klinik. Dalam perkuliahan, mahasiswa juga akan dilatih untuk mampu menganalisis dan memecahkan masalah terkait gizi dan nutrisi, serta diharapkan dapat mengembangkan penelitian dan proyek yang berkaitan dengan bidang ilmu gizi. Selain mata pelajaran inti tersebut, mahasiswa Ilmu Gizi juga akan mengambil mata kuliah umum seperti Bahasa Inggris dan Etika Profesi.

Daftar Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Sumatera

4 Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Sumatera

Sumatera juga hadir dengan banyak fakultas ilmu gizi terbaik di Sumatera lebih dari 3 universitas. Setiap universitas memiliki akreditasi dan keunggulan tersendiri. Namun tujuannya juga sama yaitu sama-sama untuk memperdalam dan membuat semua anak lebih pintar dan sukses ke jenjang karier.

Jurusan ilmu gizi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai nutrisi pada manusia. Salah satunya hubungan antara asupan makanan dengan kesehatan. Selain itu mahasiswa juga akan mempelajari pelajaran lain adalah asupan makanan serta kesehatan, pemahaman mengenai pola makan yang sehat, gaya hidup, hingga cara memproses makanan.

Mahasiswa juga nanti mempelajari zat gizi apa saja dibutuhkan serta takaran yang benar sesuai dengan ilmu pengetahuan. Bagi Anda yang berlokasi di Sumatera baik Sumatra Barat atau Selatan bisa memilih beberapa universitas dengan jurusan ilmu gizi di bawah ini.

Berikut daftar nama universitasnya:

1. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis

Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis
Dara universitas Sumatera dengan jurusan ahli gizi pertama yakni Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Perintis. Universitas ini sebagai perguruan tinggi berstatus swasta. Di perguruan tinggi Sumatera ini sudah ada lebih dari 1601 mahasiswa belajar di bangku kuliah ini.

Untuk dosen dengan jumlah 73 dalam membantu mahasiswa belajar. Tepatnya lokasi STIKes Perintis ini di Sumatera Barat. Sekarang ini seluruh Program Studi kampus ini sudah terakreditasi B, lho. Tentu dengan kualitas serta pengalamannya tersebut, kampus ini memberikan kualitas pelayanan pendidikan terbaik untuk mahasiswanya.

2. Universitas Andalas (Unand)

Universitas Andalas (Unand)
Fakultas gizi di Sumatera terbaik kedua ada Universitas Andalas (Unand). Universitas Unand sudah ada 28537 mahasiswa belajar di perguruan tinggi terbaik ini dengan jumlah dosen 1250. Sangat banyak sekali bukan.

Dilihat dari sejarah berdirinya, maka Universitas Andalas ini merupakan kampus negeri yang telah dibangun di Pulau Sumatera yang pertama. Kemudian untuk penamaannya merujuk nama Pulau Sumatera itu sendiri tahun 1956, yakni terkenal dengan sebutan Pulau Andalas.

Universitas yang satu ini hingga sekarang menjadi kampus yang layak untuk diperhitungkan guna menjadi pilihan para pelamar. Salah satunya jurusan terbaik yang ada di perguruan tinggi ini adalah ilmu gizi.

Prestasi dari kampus ini juga sangat mengesankan salah satunya pada tahun menjadi salah satu dari empat kampus di luar Jawa masuk kategori klaster pertama Indonesia dalam bidang penelitian versi Kemetrian Riset, Teknolog, dan Perguruan Tinggi Republik Indonesia.

Untuk skala internasional, Unand bergabung ke dalam 16 perguruan tinggi Indonesia masuk daftar pemeringkatan universitas dunia Quacquarelli Symonds World University Ranking tahun 2022.

3. Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang

Politeknik Kesehatan Kemenkes Padang
Politeknik Kesehatan Kemenkes padang merupakan salah satu dari 38 Poltekkes yang berada di bawah naungan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Pada awal berdiri tahun 2002, kampus ini gabungan dari 6 Akademi Kesehatan di Provinsi Padang.

Antara lain Akademi Gizi Padang, Akademi Akademi Kesehatan Lingkungan Padang, Akademi Keperawatan Padang dan Solok, Akademi Kebidanan dan Bukittinggi. Jadi setelah 2 tahun berdiri, Akademi Keperawatan Gizi Bukittinggi juga ikut bergabung di bawah prodi Keperawatan.

4. Universitas Sriwijaya (Unsri)

Universitas Sriwijaya (Unsri)
Universitas dengan jurusan ilmu ahli gizi di Sumatera berikutnya ada Universitas Sriwijaya. Universitas Sriwijaya menjadi pilihan tepat untuk Anda berada di Kota Palembang Sumatera Selatan.

Pada tahun 2021 Universitas Sriwijaya meraih peringkat ke-36 perguruan tinggi terbaik di Tanah Air versi Kemenristekdikti. Bukan hanya dalam negeri saja, kampus ini juga meraih peringkat ke-15 sebagai universitas terbaik di Indonesia beri Webometric Ranking of World Universities 2022.

Selain unggul dari sisi pendidikan, Universitas Sriwijaya juga menyediakan fasilitas kampus mumpuni dan bagus untuk para mahasiswanya. Kampus ini memiliki luas lahan sebesar 712 hektar yang mana menjadi kampus terluas di Asia Tenggara.

Untuk fasilitas yang telah tersedia di perguruan tinggi Palembang ini antara lain moda transportasi bus kampus, rumah sakit, kebun percobaan seluas 50 hektar, dan masih banyak lagi. Sudah banyak orang tua mendaftarkan anak-anaknya untuk masuk ke perguruan tinggi terbaik di Sumatera ini.


Pilihlah dari 4 Fakultas ilmu gizi terbaik di Sumatera di atas untuk memperdalam ilmu pengetahuan Anda mengenai ilmu gizi. Semua daftar perguruan tinggi Sumatera tersebut akan menjamin Anda menjadi orang berpendidikan dan bermoral baik.