BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

6 Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Indonesia 2024

Peminat terhadap jurusan ilmu gizi dewasa ini mengalami banyak peningkatan sejalan dengan bertambahnya kesadaran terhadap kesehatan. Kabar baiknya, di Indonesia sendiri terdapat banyak universitas yang menyediakan Ilmu Gizi ini sebagai jurusan. Lantas, mana saja Fakultas Ilmu Gizi terbaik di Indonesia?

Beberapa jurusan Ilmu Gizi yang ada di sejumlah universitas di Indonesia bahkan telah mendapat akreditasi A BAN-PT. Nah, jika Anda berencana mengambil jurusan satu ini, Anda akan mempelajari materi seputar nutrisi di dalam kehidupan manusia, pola makan yang sehat, diet serta gaya hidup, sampai asupan makan yang mengandung nutrisi tinggi.

Berapa Lama Kuliah di Fakultas Ilmu Gizi?

Durasi kuliah di Fakultas Ilmu Gizi bervariasi tergantung pada program studi yang dipilih. Untuk program S1, kuliah di Fakultas Ilmu Gizi biasanya memakan waktu 4 tahun. Selama masa kuliah, mahasiswa akan mempelajari berbagai materi mengenai ilmu gizi, nutrisi, kesehatan, dan juga kesejahteraan masyarakat. Selain itu, para mahasiswa juga akan dilatih untuk mampu melakukan penelitian dan pengembangan ilmu gizi, serta diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari dalam masyarakat. Setelah menyelesaikan masa kuliah, lulusan Fakultas Ilmu Gizi memiliki banyak kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang, seperti kesehatan, pangan, dan industri makanan.

Apa Saja Syarat Kuliah di Fakultas Ilmu Gizi?

Untuk dapat kuliah di Fakultas Ilmu Gizi, terdapat beberapa syarat yang harus dipenuhi. Pertama, calon mahasiswa harus memiliki ijazah SMA atau sederajat. Kedua, calon mahasiswa harus lulus seleksi masuk perguruan tinggi, baik itu melalui jalur SNMPTN, SBMPTN, atau jalur mandiri. Selain itu, beberapa universitas juga mensyaratkan calon mahasiswa untuk lulus ujian tertentu, seperti ujian tertulis atau ujian keterampilan. Terakhir, ada juga beberapa universitas yang mensyaratkan calon mahasiswa untuk memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik, dengan memenuhi syarat TOEFL atau IELTS. Jika semua syarat telah terpenuhi, calon mahasiswa dapat mendaftarkan diri ke universitas yang memiliki Fakultas Ilmu Gizi dan melanjutkan pendidikan ke jenjang program studi yang diinginkan.

Apa Saja Materi Pelajaran di Fakultas Ilmu Gizi?

Mata pelajaran yang diajarkan di Fakultas Ilmu Gizi berfokus pada ilmu gizi, nutrisi, dan kesehatan. Beberapa mata pelajaran yang umumnya diajarkan di program studi Ilmu Gizi diantaranya Anatomi dan Fisiologi, Kimia Dasar, Biokimia, Mikrobiologi, Ilmu Gizi, Nutrisi dalam Siklus Kehidupan, Pangan dan Gizi Masyarakat, serta Metodologi Penelitian. Selain itu, mahasiswa Ilmu Gizi juga akan mempelajari mata pelajaran seperti Kesehatan Masyarakat, Manajemen Gizi, Pangan Fungsional dan Gizi Klinik. Dalam perkuliahan, mahasiswa juga akan dilatih untuk mampu menganalisis dan memecahkan masalah terkait gizi dan nutrisi, serta diharapkan dapat mengembangkan penelitian dan proyek yang berkaitan dengan bidang ilmu gizi. Selain mata pelajaran inti tersebut, mahasiswa Ilmu Gizi juga akan mengambil mata kuliah umum seperti Bahasa Inggris dan Etika Profesi.
 

Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Indonesia, Mana Pilihan Anda?

6 Fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Indonesia

Ilmu Gizi adalah salah satu prodi atau program studi yang dari dahulu hingga kini banyak diminati oleh banyak calon mahasiswa. Khususnya untuk siswa yang berasal dari jurusan peminatan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di jurusan atau program studi ini, mahasiswa akan mempelajari mengenai zat gizi, pangan, serta komponen pangan lainnya, dan juga keterkaitannya dengan kesehatan.

Untuk jurusan Ilmu Gizi sendiri masih terus banyak peminatnya lantaran alumni dari jurusan tersebut punya peluang kerja cerah dengan begitu banyaknya ketersediaan lapangan kerja.

Prospek kerja dari lulusan Ilmu Gizi ini antara lain dapat menjadi seorang konsultan pada sektor industri pangan, wirausaha di bidang pangan, supervisor pelayanan gizi, serta bisa juga bekerja di lembaga pemerintahan yang bergerak pada bidang pertanian atau kesehatan.

Nah, berikut deretan kampus yang menawarkan fakultas Ilmu Gizi Terbaik di Indonesia.
 

1. Fakultas Ilmu Gizi IPB (Institut Pertanian Bogor)

Fakultas Ilmu Gizi IPB (Institut Pertanian Bogor)
Di Institut Pertanian Bogor, pengelolaan jurusan Ilmu Gizi ini dilakukan oleh Departemen GM atau Gizi Masyarakat, Fema (Fakultas Ekologi Manusia). Jurusan tersebut merupakan pelopor pendidikan paling tinggi pada bidang gizi di Indonesia yang sudah berdiri semenjak tahun 1963 silam.

Ada 3 program Ilmu Gizi, yakni program untuk sarjana, magister, dan juga doktor. Bahkan, ketiga program tersebut sudah terakreditasi A.

Harapannya, lulusan atau alumni dari jurusan Ilmu Gizi ini mampu memenuhi untuk menjadi ahli gizi dengan kualitas unggul. Selain itu juga bisa memecahkan persoalan sehubungan dengan kesehatan dan gizi.

2. Fakultas Ilmu Gizi UGM (Universitas Gadjah Mada)

Fakultas Ilmu Gizi UGM (Universitas Gadjah Mada)
Fakultas Ilmu Gizi terbaik di Indonesia berikutnya datang dari UGM alias Universitas Gadjah Mada. PSGK (Program Studi Gizi dan Kesehatan) di Fakultas Kedokteran UGM adalah prodi S1 gizi kesehatan yang merupakan penyelenggara pendidikan gizi pertama di Tanah Air.

Tidak perlu ragu jika Anda ingin menempuh pendidikan Ilmu Gizi di UGM. Pasalnya, salah satu jurusan di Universitas Gadjah Mada ini juga jadi program studi rujukan dari berbagai instansi penyelenggara pendidikan gizi yang ada di Indonesia.

Di Universitas Gadjah Mada sendiri, PSGK adalah salah satu program studi favorit untuk bidang sains. Dengan demikian punya tingkat persaingan yang sangat tinggi.

3. Fakultas Ilmu Gizi UI (Universitas Indonesia)

Fakultas Ilmu Gizi UI (Universitas Indonesia)
Rekomendasi berikutnya untuk Fakultas Ilmu Gizi terbaik di Indonesia adalah di UI. Ya, di dalam Universitas Indonesia ini, untuk jurusan Ilmu Gizi berada di FKM atau Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Jurusan tersebut tersebut ditawarkan bagi program pendidikan sarjana. Nah, untuk kuota masuknya adalah 50% berasal dari SNMPTN. Sedangkan untuk 50% lainnya berasal dari jalur SBMPTN serta SIMAK-UI.

Jurusan Ilmu Gizi tersebut memiliki tujuan untuk menghasilkan tenaga sarjana gizi dengan kemampuan mengelola program gizi maupun kesehatan pada sektor institusi dan juga di masyarakat.

4. Fakultas Ilmu Gizi Undip (Universitas Diponegoro)

Fakultas Ilmu Gizi Undip (Universitas Diponegoro)
Fakultas Ilmu Gizi terbaik di Indonesia berikutnya adalah di Undip. Di Undip alias Universitas Diponegoro ini, untuk jurusan Ilmu Gizinya berada di FK (Fakultas Kedokteran). Jurusan tersebut sudah berdiri semenjak tahun 2002 silam.

Ilmu Gizi di Undip tersedia untuk program sarjana dan magister. Sejak tahun 2016 lalu, jurusan tersebut sudah mempertahankan akreditasi A. Mahasiswa yang berasal dari jurusan Ilmu Gizi ini, rata-rata merampungkan studinya selama 4 bahkan 3 tahun. Sedangkan rata-rata lama masa tunggu untuk memperoleh pekerjaan pertama kali adalah 3,5 bulan saja.

5. Fakultas Ilmu Gizi Universitas Airlangga

Fakultas Ilmu Gizi Universitas Airlangga
Beralih ke Jawa Timur, di sana ada juga Fakultas Ilmu Gizi terbaik di Indonesia. Ya, ada Universitas Airlangga atau Unair yang dapat Anda pilih jika berminat melanjutkan kuliah Ilmu Gizi di Surabaya.

Universitas dengan jurusan gizi terbaik ini memiliki daya tampung sebanyak 120 orang serta menempati urutan ke-2 untuk keketatan jalur pada SNMPTN di periode 2019-2020.

Layaknya sejumlah kampus negeri yang lain, Ilmu Gizi di Universitas Airlangga juga telah mendapatkan akreditasi A BAN-PT. Sehingga, Anda tak perlu meragukan kualitasnya.

6. Fakultas Ilmu Gizi Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman)

Fakultas Ilmu Gizi Unsoed (Universitas Jenderal Soedirman)
Unsoed juga menawarkan Fakultas Ilmu Gizi terbaik di Indonesia. Di Universitas Jenderal Soedirman, untuk jurusan Ilmu Gizinya tergabung dengan FKIK (Fakultas Kedokteran dan Ilmu-ilmu Kesehatan. Jurusan tersebut dimulai semenjak tahun ajaran 2011/2012 silam.

Jurusan Ilmu Gizi di Unsoed juga sudah terakreditasi A. Untuk visi dari jurusan tersebut yaitu jadi jurusan yang unggul di dalam IPTEKS pada bidang ilmu kesehatan maupun yang relevan terhadap pengembangan sumber daya.

Nah, itu tadi rekomendasi kampus yang menawarkan Fakultas Ilmu Gizi terbaik di Indonesia. Lantas, manakah yang bakal menjadi pilihan Anda?