BSA7GSA5TSAoGfd6GUO5Tfd9GY==

3 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Jakarta

Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Jakarta bisa menjadi referensi calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar kuliah. Mungkin saat ini masih ada calon mahasiswa yang masih belum menentukan jurusan kuliah. Untuk itu, bisa memilih kedokteran yang saat ini banyak peminatnya.

Fakultas Kedokteran Gigi merupakan salah satu fakultas yang tidak pernah sepi peminat. Apalagi profesi seorang dokter seringkali menjadi cita-cita anak-anak di waktu kecil. Kini, ada sejumlah kampus yang telah meraih akreditasi A sehingga mutu dan kualitasnya tak perlu diragukan.

Program studi Kedokteran Gigi tidak kalah populer dengan Pendidikan Dokter yang banyak diincar saat jalur penerimaan mahasiswa. Misalnya seperti SNMPTN, SBMPTN, ataupun jalur mandiri baik di PTN serta PTS. Hal ini karena memang masih banyak yang membutuhkan lulusan kedokteran gigi di Indonesia.

Berapa Lama Kuliah Jurusan Kedokteran Gigi

Program studi Kedokteran Gigi membutuhkan waktu belajar selama 6 tahun. Ini termasuk masa pendidikan formal di universitas dan magang di klinik atau rumah sakit. Setelah menyelesaikan program ini dan lulus ujian nasional, para lulusan akan memperoleh gelar Dokter Gigi (drg). Kedokteran Gigi adalah salah satu bidang profesi yang sangat bergengsi dan membutuhkan dedikasi dan komitmen yang tinggi dalam belajar dan bekerja, namun juga memberikan kesempatan untuk memberikan layanan kesehatan berkualitas dan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Syarat Masuk Jurusan Kedokteran Gigi

Untuk masuk ke program studi Kedokteran Gigi, calon mahasiswa harus memenuhi beberapa syarat yang ditentukan oleh universitas atau lembaga pendidikan yang bersangkutan. Beberapa syarat umum meliputi: ijazah SMA atau sederajat, nilai ujian masuk atau tes masuk yang ditentukan oleh universitas, dan beberapa dokumen pendukung lainnya seperti transkrip nilai dan surat keterangan dari sekolah. Selain itu, beberapa universitas mungkin juga memerlukan bahasa Inggris dan/atau matematika sebagai syarat masuk. Dalam beberapa kasus, universitas mungkin juga memiliki batasan usia atau jumlah kuota yang terbatas untuk program ini. Penting bagi calon mahasiswa untuk membaca dan memahami syarat masuk dengan baik sebelum mendaftar ke program studi Kedokteran Gigi.

Apa Saja yang dipelajari di Fakultas Kedokteran Gigi

Di program studi Kedokteran Gigi, para mahasiswa akan mempelajari berbagai aspek dari ilmu kedokteran gigi, termasuk anatomi, fisiologi, patologi, farmakologi, dan ilmu material kedokteran gigi. Mereka juga akan mempelajari teknik diagnostik dan perawatan untuk berbagai masalah pada gigi dan mulut, seperti karies, gingivitis, dan masalah periodontal. Selain itu, para mahasiswa akan belajar tentang prosedur bedah mulut, endodontik, orthodontik, dan prostodontik, serta mempelajari cara membuat dan memasang berbagai jenis restorasi gigi, termasuk kronologi, ponti, dan gigi palsu. Program ini juga akan membekali para mahasiswa dengan pengetahuan tentang etika dan hukum dalam praktik kedokteran gigi, serta mempersiapkan mereka untuk menghadapi situasi yang mungkin terjadi di dunia praktik.

3 Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Jakarta

Fakultas Kedokteran Gigi Terbaik di Jakarta


Untuk menjadi seorang dokter gigi profesional memang tidak mudah karena harus melalui pendidikan dengan waktu tidak sebentar. Sebagai mahasiswa kedokteran gigi akan mempelajari mengenai kesehatan oral manusia, mulai dari daerah gigi serta mulut. Selain itu, mempelajari cara menangani dan mengobati berbagai masalah pada area tersebut.

Tak hanya masalah kesehatan gigi, namun juga mempelajari estetika gigi dan mulut. Mahasiswa kedokteran gigi juga akan menjalani banyak kegiatan praktik. Kini banyak perguruan tinggi, baik negeri dan swasta, yang mengadakan program studi kedokteran.

Bagi Anda yang ingin mendaftar kuliah di fakultas kedokteran gigi, ada perguruan tinggi yang memiliki program studi kedokteran gigi dengan akreditasi A. Berikut ini adalah 3 kampus dengan jurusan kedokteran gigi peringkat tertinggi di Jakarta.

1. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti
Universitas yang berlokasi di Jakarta ini salah satu fakultas kedokteran gigi swasta dengan akreditasi A sejak tahun 2015. Tidak banyak fakultas Kedokteran Gigi swasta terbaik di Jakarta dengan akreditasi A seperti Universitas Trisakti. Menurut data versi SIR 2021 Universitas ini menempati urutan 490 dunia.

FKG Universitas Trisakti mempelajari beberapa konsentrasi meliputi Konservasi Gigi, Penyakit Mulut, Bahan Kedokteran Gigi, Oral Biologi, dan lain sebagainya. Saat ini, jurusan terakreditasi A di universitas ini juga telah memiliki Rumah Sakit Gigi dan Mulut. Oleh karena itu, para praktisinya langsung dari FKG Universitas Trisakti.

FKG Universitas Trisakti turut mendukung sistem pengajaran yang baik sehingga memperoleh pengakuan dari berbagai pihak. Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Trisakti berhasil menyabet status disetarakan dengan FKG Universitas Negeri, tepatnya pada tahun 1972.

Semenjak itu, fakultas ini juga memperoleh akreditasi A dan berhasil mempertahankannya sampai saat ini. Bahkan, FKG Universitas Trisakti juga mendapatkan status dengan akreditasi dari pemerintah Negara Malaysia. Tak heran, jika Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti juga diperhitungkan bagi para calon dokter gigi yang ada di Indonesia.

2. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia
Universitas Indonesia adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan Fakultas Kedokteran Gigi. Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Jakarta ini menjadi fakultas kedokteran khusus untuk kesehatan gigi serta mulut yang berada di naungan Universitas Indonesia.

FKG UI adalah salah satu fakultas kedokteran gigi di Indonesia dengan Akreditasi A sejak tahun 2014. Universitas Indonesia termasuk perguruan tinggi tertua yang memiliki banyak program studi yang terakreditasi A. Bahkan, FKG Universitas Indonesia memiliki tempat praktek sendiri.

Berkat kemahirannya dalam menyeimbangkan antara Ilmu Kedokteran Gigi Klinis, metode pembelajaran yang aktif, serta Ilmu Kedokteran Gigi Dasar, tak heran jika FKG UI berhasil memperoleh akreditasi A BAN-PT. Banyak mahasiswa baru yang mengincar FKG UI sebagai tujuan untuk menjadi dokter gigi. Menurut versi SIR 2021 universitas ini menempati peringkat 238 dunia.

3. Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo

Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Prof. Dr. Moestopo
Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) menjadi salah satu kampus swasta yang memiliki Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Jakarta. Universitas ini juga sudah cukup lama eksis di Jakarta. FKG Moestopo juga termasuk salah satu Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Indonesia. Berdiri sejak tahun 1962, FKG Universitas Prof. Dr. Moestopo benar-benar serius dalam mempersiapkan proses akreditasinya.

Kedokteran Gigi di Moestopo memperoleh akreditasi A dari BAN PT. Untuk proses akreditasi tersebut, Universitas ini menyediakan fasilitas rumah sakit gigi dan mulut, 128 dental unit, empat guru besar, 70 dosen, serta 21 ruang kuliah.

Akreditasi A dengan nilai 368 berhasil didapatkan oleh Program Studi Sarjana Kedokteran. Sementara Akreditasi A dengan nilai 369 didapatkan oleh Program Studi Profesi Dokter Gigi, Pendidikan Spesialisasi yang diselenggarakan meliputi Bedah Mulut, Konservasi, Penyakit Mulut, Radiologi, Orthodonti, Prostodonsia, Kedokteran Gigi Anak, hingga Periodonsia.

Mengenai 3 Fakultas Kedokteran Gigi terbaik di Jakarta menjadi rekomendasi bagi calon mahasiswa baru. Menjadi dokter gigi merupakan bagi impian setiap orang. Hal ini karena dokter gigi bisa bermanfaat bagi banyak orang yang memiliki kelainan pada gigi serta mulut. Profesi ini juga bisa dikatakan memiliki lapangan pekerjaan yang luas.